Sponsors Link

Cara Mencegah Penyakit Ginjal yang Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Penyakit ginjal merupakan penyakit yang wajib dihindari. Hal ini dikarenakan ginjal merupakan organ tubuh yang penting peranannya dalam tubuh. Ginjal yang terganggu akan menghambat proses penyaringan limbah sehingga bisa menyebabkan gangguan metabolisme secara keseluruhan. Berikut beberapa mencegah penyakit ginjal yang perlu diketahui.

ads
  1. Kontrol diabetes, tekanan darah, dan penyakit jantung

Kebanyakan penyakit ginjal, terutama Ginjal Kronis dipengaruhi oleh kondisi diabetes, tekanan darah, dan juga kesehatan jantung yang terganggu. Sehingga patut kiranya ketiga hal tersebut dikendalikan dan dikontrol dengan baik agar bisa menyebabkan tubuh dan ginjal juga terjaga kesehatannya.

  1. Kontrol asupan garam

Asupan garam pada tubuh juga perlu dikontrol dan tidak boleh berlebihan. Hal ini dikarenakan sumber makanan yang kaya akan garam bisa meningkatkan risiko hipertensi. Selain itu juga bisa menyebabkan natrium darah menjadi tinggi. Jika terlalu berlebihan, bisa meningkatkan risiko batu ginjal.

  1. Jaga konsumsi air

Air merupakan sumber daya yang penting bagi tubuh. Dengan asupan air yang cukup, metabolisme tubuh bisa terjaga. Selain itu ginjal yang sehat memang membutuhkan asupan cairan yang cukup untuk tetap berfungsi secara maksimal. Karena Hubungan Dehidrasi dengan Ginjal cukup erat dan dehidrasi bisa mengganggu kerja ginjal.

  1. Jangan menahan buang air kecil

Ketika Anda merasa ingin buang air kecil, sebaiknya segeralah ke kamar mandi. Karena bahaya menahan air kencing terlalu lama bisa mengganggu keseimbangan dalam tubuh, terutama organ-organ di saluran kemih termasuk ginjal. Hal ini akan meningkatkan risiko infeksi saluran kemih, batu saluran kemih, dan gangguan ginjal lainnya.

  1. Konsumsi makanan sehat

Hampir semua masalah pada tubuh disebabkan ileh gaya hidup yang tidak sehat, terutama dari makanan. Sehingga cara mencegah Penyakit Ginjal yang bisa dilakukan adalah dengan mengontrol makanan. Sebaiknya konsumsi makanan yang sehat setiap harinya. Terutama jika Anda memikiki riwayat hipertensi, diabetes, kolesterol, dan sebagainya.

  1. Pilih minuman yang sehat

Mengonsumsi minuman juga tidak boleh sembarangan karena banyak minuman yang bisa mempengaruhi kinerja ginjal apabila dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama dan terus menerus. Misalnya minuman energi, minuman soda, dan kafein yang terlalu berlebihan.

  1. Hindari merokok dan alhokol

Rokok dan alkohol merupakan hal-hal yang bisa menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh. Termasuk bisa berpengaruh pada kesehatan ginjal. Sehingga sebaiknya hindari Pengaruh Rokok bagi Ginjal dan hindari alkohol agar kesehatan ginjal tetap terjaga.

Sponsors Link

  1. Olahraga rutin

Olahraga merupakan kegiatan yang bisa membuat tubuh tetap bugar dan sehat. Sehingga salah satu cara mencegah penyakit ginjal adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Jika tidak memiliki waktu yang cukup untuk berolahraga, lakukan olahraga ringan yang maaih mungkin untuk dilakukan.

  1. Bijak dalam mengonsumsi obat

Obat-obatan memang bisa membantu tubuh untuk sembuh dari sakit tertentu. Namun mengonsumsi obat tidak boleh dilakukan sembarangan, apalagi dalam jangka panjang, karena bisa berpengaruh terhadap ginjal. Karena memang ada beberapa jenis Jenis Obat Yang Dapat Merusak Ginjal.

  1. Waspada dengan suplemen

Mengonsumsi suplemen untuk kesehatan juga perlu untuk diperhatikan kembali dosis dan juga jenisnya. Sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen dalam jangka panjang.

Demikianlah beberapa cara mencegah penyakit ginjal yang bisa dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips