Sponsors Link

Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal yang Wajib Dilakukan

Sponsors Link

Batu ginjal merupakan penyakit yang ditandai dengan terbentuknya batu yang keras di ginjal akibat pengendapan senyawa tertentu yang mengkristal. Batu ginjal tentunya bisa mengganggu metabolisme tubuh karena menghambat pengeluaran urine, apalagi jika ukurannya sudah besar. Tentunya batu ginjal bisa dicegah, terutama bagi para pria karena penyakit ini rentan menyerang pria daripada wanita. Berikut beberapa cara mencegah penyakit batu ginjal yang bisa dilakukan.

ads
  1. Cukupi kebutuhan air

Salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal sekaligus untuk mencegah batu ginjal adalah dengan mengonsumsi air yang cukup setiap harinya. Hal ini penting karena air bisa memperlancar metabolisme tubuh. Air yang cukup juga bisa membantu proses produksi urine sehingga urine encer. Hal ini akan mencegah adanya timbunan senyawa tertentu dari Proses Terbentuknya Urine.

  1. Hindari menahan buang air kecil

Mencegah penyakit batu ginjal lainnya bisa dilakukan dengan tidak menahan buang air kecil terlalu lama. Sebaiknya jika sudah muncul keinginan buang air kecil, segeralah untuk ke kamar mandi. Karena Bahaya Menahan Kencing Terlalu Lama bisa meningkatkan risiko pembentukan endapan-endapan dari senyawa yang ada di dalam urine. Hal ini bisa meningkatkan risiko batu ginjal atau batu saluran kemih.

  1. Bijak dalam mengonsumsi sumber oksalat

Sebagian besar penyakit batu ginjal terjadi pada jenis batu kalsium oksalat. Batu ginjal jenis ini terbentuk dari adanya endapan senyawa oksalat yang bereaksi dengan kalsium. Jika Anda mengonsumsi Makanan Tinggi Kalsium Oksalat dalam jumlah yang berlebihan, maka risiko pembentukan batu oksalat juga akan meningkat. Bijaklah dalam mengonsumsi makanan tinggi oksalat seperti brokoli, kangkung, bayam, asparagus, dan beberapa lainnya.

  1. Hindari vitamin C dosis tinggi

Mungkin sebagian orang berpendapat bahwa mengonsumsi vitamin C, apalagi yang dosis tinggi, akan bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Tenyata hal tersebut kurang tepat karena vitamin C yang dikonsumsi berlebihan justru bisa meningkatkan sisa-sisa endapan dari proses pembentukan urine. Sehingga sisa-sisa vitamin C tadi akan menjadi oksalat dan bisa meningkatkan risiko batu ginjal. Dengan kata lain, memang Vitamin C Penyebab Batu Ginjal yang bisa saja terjadi. Maka sebaiknya konsumsi vitamin C dalam dosis yang wajar saja.

  1. Bijak dalam mengonsumsi garam

Garam yang dikonsumsi akan diolah dalam tubuh sebagai natrium. Batas wajar konsumsi garam harian adalah sekitar 1 sendok teh. Sehingga konsumsi garam dalam jumlah berlebihan dalam satu hari akan meningkatkan riisko endapan di ginjal yang akan menjadi batu ginjal jika dilakukan secara terus menerus.

Sponsors Link

  1. Bijak dalam mengonsumsi protein hewani

Mencegah penyakit batu ginjal lainnya adalah bijak dalam konsumsi protein. Protein memang dibutuhkan untuk tubuh. Namun konsumsi protein hewani yang berlebihan bisa meningkatkan risiko batu ginjal. Sehingga konsumsi daging sebaiknya tidak dilakukan melebihi 170 gram per harinya.

  1. Menjaga berat badan ideal

Salah satu faktor yang bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit adalah obesitas atau kegemukan. Selalu jaga berat badan ideal agar terhindar dari berbagai kemungkinan penyakit, termasuk batu ginjal.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai mencegah Penyakit Batu Ginjal yang perlu diketahui agar bisa terhindar dari gangguan tersebut. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips