Sponsors Link

Bagaimana Cara Mencari Donor Ginjal Terbaik

Sponsors Link

Menemukan donor yang menyediakan ginjal bisa menjadi tantangan yang cukup besar. Anda harus mencoba untuk mencari donor hidup sebab donor ginjal dari orang yang sudah meninggal sebab biasanya tidak berhasil serta memiliki komplikasi yang tinggi. Untuk itu, anda bisa mencoba mencari donor ginjal dari orang orang terdekat, menggunakan media sosial atau sumber sumber lain. Sesudah anda menemukan donor ginjal, maka anda juga harus mengatur donor tersebut sehingga transplantasi bisa segera dilakukan. Lalu, bagaimana sebenarnya cara mencari donor ginjal terbaik yang bisa anda lakukan dan apakah ada efek samping donor ginjal?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

ads
  1. Minta Anggota Keluarga

Langkah pertama mencari donor ginjal atau transplantasi ginjal yang bisa anda lakukan sekaligus memiliki peluang yang tinggi adalah melalui anggota keluarga khususnya anggota keluarga dekat. Anda terlebih dahulu akan diuji untuk mencocokkan ginjal dan jika memang terbukti cocok, maka transplantasi ginjal baru bisa dilakukan.

  1. Cari Individu Usia 18 Sampai 70 Tahun

Donor ginjal harus berusia di atas 80 tahun, meski donor bisa dilakukan antara usia 18 sampai 70 tahun adalah umur yang ideal, namun seseorang yang berusia di atas 70 tahun juga bisa menyumbangkan organ selama mempunyai riwayat kesehatan yang baik dan sehat secara medis untuk bertahan dari operasi.

  1. Pastikan Pendonor Memiliki Riwayat Sehat

Seorang donor yang baik juga harus mempunyai riwayat medis yang terbebas dari penyakit ginjal dan tidak memiliki masalah kesehatan utama yang bisa menyebabkan gangguan ginjal. Sebaiknya, pastikan juga pendonor tidak merokok dan mengkonsumsi minuman berlebihan.

Cari juga donor yang tidak menderita diabetes dan memiliki berat badan yang normal sebagai beberapa syarat donor ginjal yang harus terpenuhi. Apabila donor dianggap obesitas secara medis, maka pastikan pendonor menurunkan berat badannya terlebih dahulu sehingga bisa menjadi pendonor ginjal yang baik.

  1. Cocokkan Golongan Darah

Ada empat jenis golongan darah yang berbeda yakni A, O, B dan juga AB. Golongan darah O menjadi yang paling umum diikuti dengan golongan darah A dan B serta AB yang paling langka. Jenis darah pendonor juga harus kompitabel dengan golongan darah anda supaya transplantasi ginjal bisa berjalan dengan sukses dan bahaya donor ginjal tidak terjadi. Anda harus mengetahui golongan darah anda dan menentukan golongan darah mana yang cocok dengan anda.

  • Golongan darah O bisa menyumbang ginjal untuk golongan darah O, A, B dan juga AB.
  • Golongan darah A bisa menyumbang ginjal untuk golongan darah A dan AB.
  • Golongan darah B bisa menyumbangkan untuk golongan darah B dan AB.
  • Golongan darah AB hanya bisa menyumbangkan ginjal pada golongan darah AB.
  1. Rekan Kerja dan Jejaring Sosial

Anda juga bisa mencari donor ginjal lewat rekan kerja dan juga jejaring sosial lain. Diskusikan kebutuhan donor bagian organ ginjal anda dengan orang orang dalam kelompok sosial dan utarakan tentang kebutuhan donor anda. Selain itu, anda juga bisa mendatangi tempat ibadah di daerah anda seperti gereja atau masjid serta cobalah untuk mengikuti komunitas yang mengenal anda secara pribadi atau sebagai kenalan. 

Sponsors Link

  1. Sukarelawan

Anda juga bisa mencari pendonor ginjal dari para sukarelawan. Namun sebaiknya, jangan tekan orang orang terdekat anda untuk menjadi pendonor dan biarkan mereka mempertimbangkan kebutuhan anda dan menjadi sukarelawan dengan persyaratan mereka sendiri. Memiliki seseorang terdekat yang secara sukarela menjadi pendonor akan membuat prosesnya tidak terlalu menegangkan dan memastikan semua orang yang terlibat juga merasa didukung.

Apabila keluarga, teman atau rekan kerja anda menawarkan menjadi pendonor ginjal bagi anda, maka jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih dan tekankan juga jika mereka tidak terikat pada donasi dan bisa mundur atau berpikir dua kali meski proses sudah dimulai. Hal ini harus dilakukan untuk memastikan jika anggota keluarga atau teman anda tidak merasa tertekan untuk menjadi pendonor dan tidak merasa berkewajiban menindaklanjuti.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Tips