Sponsors Link

8 Cara Membedakan Sakit Ginjal dan Sakit Punggung

Sponsors Link

Mengalami nyeri dan rasa pegal dan nyeri berkepanjangan di area punggung memang cukup sulit dideteksi penyebabnya karena ciri ciri penyakit ginjal dan sakit punggung merupakan penyakit dengan gejala yang serupa. Agar bisa mengetahui lebih detail, berikut akan kami berikan beberapa cara membedakan sakit ginjal dan sakit punggung selengkapnya.

ads
  1. Identifikasi Sakit Punggung Bawah dan Bokong

Apabila ada rasa sakit yang muncul dan menyebar di punggung bawah, maka kemungkinan besar anda sedang mengalami cedera otot punggung dan bukan gangguan ginjal. Selain area tersebut merupakan area basah untuk cedera punggung, sakit punggung memang biasanya akan menyebar ke area lebih luas dibandingkan sakit ginjal yang area penyebarannya lebih sempit.

Cedera otot punggung umumnya bisa mempengaruhi fungsi dan intensitas rasa sakit dari beberapa kelompok otot pada sisi tubuh termasuk otot gluteus di area bokong. Apabila rasa kram, sakit atau kesemutan menyebar sampai ke kaki, maka sebaiknya segera hubungi dokter.

  1. Sakit di Antara Rusuk dan Panggul

Biasanya, macam macam penyakit ginjal akan terasa di area panggul samping sebab ini merupakan lokasi dari ginjal. Untuk itu jika rasa sakit pada area punggung yang lain, maka ini tidak berhubungan dengan ginjal yang menjadi cara membedakan sakit ginjal dan sakit punggung berikutnya.

  1. Amati Konsistensi Rasa Sakit

Dalam banyak kasus, ciri ciri ginjal kronis akan terasa lebih konsisten dibandingkan sakit punggung. Meski intensitasnya mungkin saja menurun, namun rasa sakit karena masalah ginjal tidak akan benar benar hilang. Sedangkan sakit punggung bisa hilang dengan sendirinya meski bisa kambuh juga di kemudian hari.

Biasanya rasa sakit karena gangguan ginjal termasuk penyakit infeksi saluran kemih dan batu ginjal tidak akan bisa hilang dengan sendirinya. Sedangkan sakit punggung bisa hilang dan sembuh dengan sendirinya. Beberapa jenis batu ginjal juga bisa keluar sendiri dari dalam tubuh, namun sebaiknya tetap temui dokter untuk menganalisa penyebab penyakitnya.

  1. Sakit di Salah Satu Punggung Bawah

Ketika anda merasakan sakit yang hanya terjadi pada salah satu sisi tubuh, maka kemungkinan besar anda sedang mengalami sakit ginjal. Ginjal manusia ada di antara rusuk dan juga panggul sehingga rasa sakit yang hanya terjadi pada salah satu sisi tubuh kemungkinan besar berkaitan dengan gangguan pada salah satu bagian organ ginjal.

  1. Amati Kondisi Urinasi

Ginjal merupakan organ penting dari saluran kencing sehingga infeksi dan juga gangguan ginjal lain bisa dideteksi lewat urine. Anda harus waspada jika mengalami penyebab kencing berdarah dan terasa sakit ketika buang air kecil. Apabila anda memiliki sakit ginjal, maka biasanya urine juga akan berwarna gelap atau berkabut. Kemungkinan juga anda ingin berkali kali buang air kecil khususnya jika anda mengalami batu ginjal.

  1. Waspada Kebas atau Kesemutan Punggung Bawah

Untuk beberapa kasus, penderita sakit punggung juga akan merasa kebas atau kesemutan karena tekanan yang terjadi pada saraf dan juga hambatan aliran darah ke bokong dan juga kaki. Ini menjadi gejala umum dari sakit punggung yang berkaitan dengan saraf skiatika. 

Sponsors Link

  1. Pikirkan Penyebab Terbesarnya

Untuk membedakan sakit punggung dan juga sakit ginjal seperti ginjal rusak, maka cobalah untuk mengingat kembali tentang aktivitas apa saja yang anda lakukan akhir akhir ini yang bisa meningkatkan risiko membuat area punggung anda terasa sakit. Seperti contohnya terlalu sering mengangkat sesuatu yang berat atau membungkuk sehingga kemungkinan besar anda hanya mengalami sakit punggung dan bukan sakit ginjal. Terlalu lama berdiri atau duduk juga bisa membuat punggung terasa sakit. Namun jika anda sebelumnya pernah mengalami sakit punggung, maka kemungkinan kondisi yang anda alami berhubungan dengan hal tersebut.

  1. Sakit Perut Bawah

Apabila rasa sakit yang terjadi pada area punggung bawah dan juga perut bawah, maka kemungkinan besar ginjal anda sedang mengalami masalah. Sakit punggung biasanya hanya akan dirasakan pada bagian belakang tubuh dan tidak menyebar sampai ke perut. Sedangkan pembengkakan akibat ginjal yang membesar atau infeksi ginjal kiri atau kanan bisa menyebabkan rasa sakit terasa di bagian belakang dan juga depan tubuh. Apabila yang sakit hanya bagian punggung bawah, maka kemungkinan besar rasa sakit tersebut tidak berhubungan dengan ginjal anda.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Tips