Sponsors Link

7 Cara Melancarkan Filtrasi Glomerulus

Sponsors Link

Laju filtrasi glomerulus atau LFG merupakan ukuran dari seberapa banyak darah yang melewati ginjal per menit. Apabila LFG tersebut terlalu rendah, berarti ini menandakan bagian organ ginjal tidak bekerja dengan baik dan tubuh menyimpan toksin. Tergantung dari kondisinya, anda bisa meningkatkan LFG dengan cara melakukan perubahan pada diet serta gaya hidup meski memang ada obat resep serta perawatan medis profesional yang tetap dibutuhkan untuk beberapa pasien dengan LFG yang lebih rendah. Jika anda mengalami hambatan dalam LFG, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melancarkan filtrasi glomerulus tersebut.

ads
  1. Lakukan Tes

Cara melancarkan filtrasi glomerulus yang bisa dilakukan adalah memeriksakan diri lebih dulu ke dokter. Nantinya dokter akan mengetes LFG dengan beberapa tes darah kreatinina. Kreatinina sendiri merupakan produk buangan yang ada di dalam darah dan jika jumlah kreatinina dalam sampel tersebut terlalu tinggi, maka kemungkinan kemampuan penyaringan ginjal juga sangat rendah. Selain itu, dokter juga bisa melakukan tes pembersihan kreatinina dalam darah dan juga dalam tes urin penyakit ginjal.

  1. Konsumsi Sayur dan Kurangi Daging

Peningkatan kreatinina dan LFG yang rendah sangatlah berhubungan. Apabila ada salah satu yang bermasalah, maka biasanya akan ikut menyebabkan masalah pada yang lain. Produk hewani mengandung kreatina dan kreatinina yang tinggi sehingga sebaiknya jangan terlalu banyak dikonsumsi. Diet vegetarian sangat baik dipilih untuk mengurangi faktor risiko ciri ciri ginjal bermasalah termasuk juga darah tinggi dan diabetes.

  1. Hentikan Merokok

Merokok adalah kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan jumlah toksin dalam tubuh yang harus melewati ginjal jadi meningkat dan menyebabkan ciri ciri penyakit ginjal. Menghentikan kebiasaan merokok ini sangat baik dilakukan untuk meringankan beban ginjal sekaligus meningkatkan kemampuan menyaring buangan. Merokok juga bisa menyebabkan dan memperburuk tekanan darah tinggi yang juga berhubungan dengan penyakit ginjal kronis sehingga memang sangat penting untuk dihindari.

  1. Lakukan Diet Rendah Garam

Ginjal rusak akan sulit untuk menyaring sodium sehingga diet tinggi garam bisa memperburuk kondisi sekaligus menurunkan LFG. Usahakan untuk menghindari makanan yang asin dan pilih alternatif asupan yang rendah sodium. Lebih baik, bumbui makanan anda dengan rempah dan herba lain namun jangan menggunakan garam. Selain itu, kurangi juga mengkonsumsi makanan cepat saji dan pilih makanan yang dimasak dengan bahan segar karena umumnya tidak terlalu banyak mengandung sodium.

  1. Kurangi Asupan Potasium dan Fosfor

Potasium dan fosfor merupakan dua mineral yang bisa mengganggu fungsi ginjal khususnya ginjal yang memang sudah melemah atau rusak. Hindari makanan yang tinggi akan kedua kalsium tersebut dan hindari juga suplemen yang mengandung kedua jenis mineral ini.

  • Makanan tinggi fosfor yang harus dihindari: keju keras, susu, yogurt, es krim, keju cottage, serelia utuh, miju miju, kacang kacangan, kacang polong kering, sarden, biji bijian, kola, pollock dan air berasa.
  • Makanan mengandung potasium yang harus dihindari: ubi jalar, lobak, yogurt, kacang putih, sari jeruk, halibut, pisang, blewah, babi, pisang, salmon, pistachio, ayam, kismis dan tuna yang juga harus dihindari penderita batu ginjal
    Sponsors Link

  1. Minum Teh Daun Jelatang

Teh daun jelatang bisa diminum sebanyak 250 ml sebanyak satu hingga dua kali sehari untuk membantu mengurangi kadar kreatina di dalam tubuh sekaligus meningkatkan LFG. Namun sebelum minum teh jelatang tersebut, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter agar bisa disesuaikan dengan riwayat medis. Untuk membuat teh daun jelatang bisa dilakukan dengan menyeduh dua helai daun jelatang yang masih segar bersama 250 ml air mendidih selama 10 sampai 20 menit. Saring dan buang daunnya kemudian minum selagi hangat.

  1. Olahraga Dengan Teratur

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga secara teratur khususnya latihan kardiovaskular yang sangat penting untuk melancarkan sirkulasi darah. Semakin banyak darah yang dipompa ke seluruh tubuh, maka akan semakin baik pembuangan toksik lewat ginjal dan menghindari macam macam penyakit ginjal sehingga LFG juga akan membaik. Meski begitu, aktivitas fisik yang terlalu berat juga tidak boleh dilakukan karena bisa meningkatkan pemecahan kreatina menjadi kreatinina sehingga bisa menambah kerja ginjal dan menyebabkan LFG menurun. Cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan latihan intensitas sedang dengan teratur seperti bersepeda atau jalan cepat selama 30 menit setiap hari, tiga hingga lima kali seminggu.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips