Sponsors Link

4 Masalah Kulit Penderita Penyakit Ginjal yang Umum Terjadi

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ dalam tubuh yang bekerja sama dengan hormon untuk mempertahankan atau mengeluarkan cairan dalam tubuh. Organ ginjal juga bertugas untuk menjaga kadar elektrolit, menghasilkan urin sekaligus menyaring limbah yang ada pada darah. Apabila fungsinya terganggu seperti terkena penyakit ginjal kronis atau faktor penyebab gagal ginjal, maka organ tersebut mengalami penurunan fungsi yang nantinya akan berpengaruh pada kulit dan juga beberapa bagian lain dari tubuh. Penyakit ginjal nantinya akan menghambat fungsi pengeluaran sisa limbah atau racun dalam tubuh yang nantinya juga berdampak pada beberapa perubahan pada kulit. Berikut ini akan kami berikan beberapa jenis masalah kulit penderita penyakit ginjal yang umumnya bisa terlihat dan dikenali dengan mudah.

ads

Masalah kulit Penyakit Ginjal

Seorang dokter kulit menyatakan jika gangguan ginjal bisa menyebabkan dehidrasi kronis sehingga tubuh akan kehilangan terlalu banyak cairan dan akhirnya menyebabkan kondisi kulit mengalami beberapa perubahan seperti kering. Selain itu, penyakit ginjal juga bisa enghambat kelenjar penghasil minyak pada kulit sehingga mengubah kondisi kulit dan beberapa masalah kulit penderita penyakit ginjal seperti berikut ini.

  1. Pembengkakan

Kulit yang mengalami pembengkakan khususnya di area wajah bisa terjadi ketika seseorang mengalami gagal ginjal. Tubuh nantinya kehilangan fungsi untuk membuang cairan lewat urin sehingga penumpukan cairan karena kandung kemih bengkak akan terjadi dan akan terlihat di bagian wajah, perut dan kaki yang mengalami pembengkakan.

  1. Kulit Kering

Penderita yang memperlihatkan ciri ciri penyakit ginjal juga akan memiliki kondisi kulit yang terlihat lebih kering dibandingkan kulit pada orang sehat. Hal tersebut bisa terjadi karena kelenjar keringat, kelenjar minyak dan juga metabolisme vitamin A dalam tubuh sudah mengalami kerusakan. Hal inilah yang nantinya membuat tekstur kulit menjadi kering dan apabila terkena infeksi maka proses penyembuhan luka tersebut juga akan berlangsung lebih lama.

  1. Perubahan Warna Kulit

Anemia menjadi salah satu efek samping ketika gejala awal penyakit ginjal terjadi dan akibatnya juga bisa terlihat dari perubahan warna kulit yang semakin pucat. Selain pucat, warna kulit penderita penyakit ginjal juga akan berubah menjadi kuning agak abu abu karena timbunan karotenoid dan juga pigmen urin atau dikenal dengan istilah urokrom. Pigmen urin yang seharusnya dikeluarkan bersama dengan urin akan terhambat yang membuat pigmen tersebut akan menumpuk sehingga perubahan warna kulit terjadi. 

Sponsors Link

  1. Timbul Serbuk Putih Pada Kulit

Serbuk putih yang ada pada kulit seseorang dengan ciri ciri ginjal bermasalah seperti gagal ginjal disebut dengan uremic frost. Hal ini bisa terjadi karena menumpuknya kristal uremik atau ureum yang seharusnya dikeluarkan bersama dengan keringat. Serbuk putih itu bisa ditemukan di seluruh bagian tubuh khususnya area wajah dan juga tungkai. Saat masalah pada ginjal terjadi, maka serbuk putih pada kulit juga akan terlihat di beberapa bagian tubuh seperti wajah dan juga tungkai.

  1. Kulit Terasa Gatal

Selain menyebabkan tekstur kulit menjadi kering karena ginjal rusak. Masalah lain yang bisa terjadi pada kulit adalah gatal, rasa tidak nyaman dan terkadang diikuti juga dengan kulit yang mengelupas. Seiring dengan semakin berkembangnya penyakit ginjal, maka penumpukan kotoran dalam darah akan membuat intensitas gatal pada kulit semakin memburuk. 

Sponsors Link

Pencegahan dan Solusi

Untuk mengatasi masalah kulit penderita tanda tanda ginjal rusak, maka mandi dengan air hangat harus dihindari. Selain itu, pastikan sabun yang digunakan adalah sabun hypoallergenic dan cukup dikeringkan dengan handuk yang tebal. Selain itu, sesudah selesai mandi gunakan juga pelembab namun jangan gunakan produk yang mengandung alkohol karena bisa membuat kondisi kulit semakin kering. Perawatan kulit yang tepat ini sangat penting untuk mencegah beberapa komplikasi lain yang berhubungan dengan dehidrasi.

Karena gangguan ginjal pada anak atau orang dewasa membuat penyaringan darah bisa dilakukan dengan maksimal,, maka sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum anda menggunakan obat oral untuk gatal kulit sebab beberapa bahan dalam obat bisa merusak fungsi ginjal semakin parah dan akhirnya memperburuk kondisi kulit dan beberapa gejala penyakit ginjal yang lain.

Sponsors Link
>
, , ,