Sponsors Link

6 Masalah Kandung Kemih Pria yang Sering Terjadi

Sponsors Link

Begitu banyak masalah kencing pada pria tidak selalu hanya seputar kandung kemih yang terinfeksi. Masalah kandung kemih pria dan air kencing biasanya bisa terjadi di semua usia dan bisa terjadi karena berbagai penyebab. Penyebab paling umum dari masalah urine atau kencing pria biasanya terjadi karena bakteri atau virus yang terbawa ketika berhubungan seksual. Lalu, apa saja masalah kandung kemih pria yang paling sering terjadi?.

ads
  1. Air Kencing Keluar Sedikit

Terkadang air kencing yang keluar sangat sedikit pada pria bisa terjadi karena tubuh sedang mengalami dehidrasi yang menjadi salah satu ciri ciri kandung kemih bermasalah. Air kencing yang sedikit keluar juga bisa terjadi karena penyumbatan saluran kemih dari pembesaran prostat. Masalah ini bisa juga menjadi tanda dari masalah kesehatan lain sehingga jika memang anda sudah banyak minum namun air kencing yang keluar masih sedikit, maka segera periksakan diri anda ke dokter.

  1. Kandung Kemih Tersumbat Batu

Batu pada kandung kemih biasanya berbeda dengan batu ginjal dan kasusnya jarang terjadi. Akan tetapi pria yang mengalami masalah sumbatan batu pada kandung kemih umumnya terjadi karena adanya kandungan dalam urine pria yang berubah menjadi kristal.

Kristal ini nantinya bisa menggumpal yang kemudian menghalangi jalur keluar urine sehingga bisa membuat lapisan kandung kemih iritasi. Masalah kencing pada pria ini umumnya memiliki ciri urine bercampur dengan darah atau penyebab kencing berdarah, susah atau sering kencing, warna air kencing tidak terlihat normal dan juga rasa tidak nyaman pada penis pria.

  1. Tidak Bisa Menahan Kencing

Biasanya, tidak bisa menahan kencing memang lebih sering dialami wanita. Akan tetapi ini juga bisa terjadi pada pria dan harus segera ditangani dengan serius. Pada saat otot yang bertugas mengendalikan keluarnya urin melemah, maka kemungkinan pria akan lebih sering mengompol.

Hal ini bisa semakin parah dan bisa terjadi ketika sedang bersin, batuk, tertawa atau ketika sedang mengangkat benda yang berat. Umumnya dokter akan menyarankan untuk melakukan senam kegel yang berguna untuk mengembalikan kelenturan dan juga kekuatan otot panggul yang bertugas untuk menahan laju keluarnya urine.

  1. Kanker Kandung Kemih

Gejala dari kanker kandung kemih yang biasanya paling sering terjadi adalah terlalu sering buang air kecil namun tidak menimbulkan rasa sakit. Seorang laki laki dewasa dan juga seseorang yang mempunyai riwayat keluarga dengan kanker jenis ini maka memiliki risiko terkena kanker kandung kemih lebih tinggi.

  1. Uretritis

Uretritis merupakan kondisi uretra yakni saluran yang membawa keluar urine dari tubuh yang mengalami peradangan. Hal ini bisa terjadi karena virus atau bakteri termasuk juga bakteri yang menjadi penyebab infeksi sistem urin atau saluran kemih serta beberapa jenis penyakit menular seksual lainnya. Untuk pria yang berusia antara 20 hingga 35 tahun akan memiliki risiko peradangan ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan pria dalam kelompok usia lain.  

Sponsors Link

  1. Infeksi Saluran Kemih atau ISK

Tidak hanya wanita yang bisa terkena, namun penyakit infeksi saluran kemih atau ISK juga bisa terjadi pada pria. Penyakit ini akan menimbulkan sensasi seperti terbakar atau perih ketika buang air kecil, bolak balik pergi ke kamar mandi atau beser, air kencing yang berbau tidak sedap dan bahkan hingga bisa menyebabkan demam. Apabila infeksi saluran kemih ini terjadi, akan lebih baik jika anda segera memeriksakan diri ke dokter. Jika dalam pemeriksaan memang terbukti jika anda mengalami infeksi saluran kemih atau ISK, maka kemungkinan dokter akan mengambil sampel urine dan infeksi saluran kemih tersebut akan diatasi dengan obat antibiotik.

Semua masalah kandung kemih pada pria yang sudah kami jelaskan diatas sebaiknya jangan dianggap remeh. Jika beberapa penyakit ini hanya dibiarkan, maka bisa berkembang dan menyebabkan komplikasi yang jauh lebih serius yang tentunya sangat berbahaya bagi tubuh pria.

Sponsors Link
>
, , ,