Sponsors Link

Masalah Ginjal pada Anak : Jenis, Penyebab, dan Gejala

Sponsors Link

Ginjal merupakan organ tubuh yang termasuk dalam sistem kemih yang berfungsi sebagai organ ekskresi. Ginjal akan menyaring darah dan memisahkan darah dengan limbah. Lalu limbah akan dibuang melalui kandung kemih berupa urine. Ginjal bisa saja bermasalah. Dan masalah ginjal tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja. Anak-anak pun bisa memiliki masalah ginjal. Berikut beberapa masalah ginjal pada anak yang bisa terjadi.

ads

Jenis

Beberapa jenis Gangguan Ginjal pada Anak dibedakan menjadi dua, yaitu uropati kongenital dan juga nefropati kongenital. Berikut beberapa penjelasannya.

  1. Uropati kongenital

Uropati kongenital merupakan kelainan pada sistem kemih, yaitu yang terjadi di antara saluran kemih dan kandung kemih. Beberapa masalah yang bisa terjadi pada jenis gangguan ini antara lain Infeksi Saluran Kemih pada Anak, lemahnya klep antara kandung kemih dengan saluran kemih, atau munculnya sumbatan yang ada di saluran kemih dan kandung kemih.

  1. Nefropati kongenital

Masalah ginjal pada anak yang kedua adalah nefropati kongenital yang merupakan kelainan-kelainan yang berada di saluran kemih bagian atas, yaitu dari ureter hingga ke ginjal. Beberapa gangguan nefropati kongenital yang terjadi adalah Kista Ginjal pada anak, hipoplasia, lahir dengan hanya satu ginjal, ukuran ginjal yang kecil, pertumbuhan ginjal yang tidak sempurna, Tumor Wilms pada Anak, dan beberapa lainnya.

Penyebab

Adapun penyebab dari munculnya masalah pada ginjal anak antara lain sebagai berikut.

  • Faktor genetik, yang merupakan faktor yang bisa menyebabkan kelainan ginjal bawaan pada anak. Faktor genetik yang dimaksud di sini adalah faktor keturunan.
  • Obat-obatan, yang merupakan masalah yang terjadi akibat ibu hamil mengonsumsi obat-obatan tertentu yang ternyata bisa mempengaruhi perkembangan janin yang dikandungnya.
  • Radiasi, yang merupakan salah satu faktor risiko bagi janin ketika ibu hamil terpapar radiasi. Maka dari itu sebelum melakukan pemeriksaan rontgen, x-ray, dan sebagainya, pastikan Anda tidak sedang dalam keadaan hamil.
  • Usia kehamilan rawan, dimana ibu hamil mengandung bayinya dalam usia yang rawan, misalnya usia yang terlalu muda atau terlalu tua.

Itulah beberapa penyebab masalah ginjal pada anak yang perlu diketahui. Kebanyakan penyebabnya terjadi pada masa kehamilan. Sehingga ibu hamil memang perlu menjaga kontrol ke dokter secara rutin agar terhindar dari berbagai masalah, baik masalah pada janin maupun pada ibu hamil itu sendiri.

Sponsors Link

Gejala

Gangguan ginjal baik pada orang dewasa maupun anak-anak selalu menunjukkan gejala, walau mungkin pada awalnya gejala tersebut tidak disadari sebagai bagian dari gangguan ginjal. Sehingga orang tua memang perlu lebih memantau kesehatan anaknya dan memeriksakan jika muncul gejala-gejala yang berhubungan dengan ginjal dan saluran kemih. Gejala yang bisa terjadi pada anak yang memiliki masalah ginjal antara lain sebagai berikut.

  • Muncul rasa gatal-gatal pada tubuh.
  • Kaki yang bengkak karena adanya penumpukan cairan pada kaki.
  • Kondisi urine yang berbuih atau berbusa karena kandungan urine berbeda dengan urine normal.
  • Perubahan frekuensi atau volume buang air kecil.
  • Perubahan warna urine pada anak, termasuk jika terjadi Hematuria pada Anak.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai masalah ginjal pada anak mulai dari jenis, penyebab, serta gejala yang bisa terjadi. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,