Sponsors Link

5 Penyebab Masalah Gagal Ginjal Usia Muda Selain Hipertensi

Sponsors Link

Hipertensi dan juga diabetes merupakan dua penyebab dari ciri ciri gagal ginjal awal yang paling umum terjadi pada orang dewasa serta lanjut usia. Akan tetapi, tidak berarti gagal ginjal usia muda juga tidak akan terjadi karena bahkan anak kecil juga memiliki risiko gagal ginjal. Kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi makanan tidak sehat dan menyebabkan berat badan naik membuat banyak anak mudah semakin rentan dengan gagal ginjal tersebut. Beberapa penyebab gagal ginjal usia muda bisa terjadi karena kelainan bawaan atau karena penyakit bawaan yang sudah ada. Beberapa penyebab masalah gagal ginjal usia muda tersebut akan kami ulas secara lengkap berikut ini.

ads
  1. Hemolitik Uremik Sindrom [HUS]

Hemolitik uremik sindrom, sindrom hemolitik uremik atau HUS merupakan salah satu gangguan ginjal yang terjadi karena infeksi sistem pencernaan sehingga membuat ginjal memproduksi zat beracun yang bisa merusak sel darah merah. Sel darah merah yang rusak tersebut nantinya akan menyumbat sistem penyaringan pada ginjal sehingga akhirnya gagal ginjal yang sangat mengancam nyawa ini bisa terjadi. Kondisi ini menjadi penyebab utama dari gagal ginjal yang terjadi tiba tiba pada anak kecil. HUS umumnya akan berkembang pada anak anak sesudah 5 hingga 10 hari mengalami diare dan sering disertai dengan darah. Ini bisa terjadi karena infeksi bakteri bernama Esherichia coli.

  1. Penyakit Ginjal Polikistik [PKD]

Penyakit ginjal polikistik, kista ginjal polikistik atau PKD merupakan gangguan genetik yang terlihat dari pembentukan kista atau tumor jinak dalam ginjal. Ini bisa menyebabkan ginjal membesar dan fungsi ginjal akan menurun secara bertahap. Kista yang ada pada ginjal tersebut juga bisa berkembang kapan saja hingga akhirnya mengenai organ hati.

  1. Goodpasture’s Syndrome

Goodpasture’s syndrome merupakan kelainan paru paru langka yang bisa terlihat seperti pneumonia. Goodpasture’s syndrome bisa menyebabkan pendarahan pada paru paru dan juga glomerulonefritis. Kondisi tersebut bisa terjadi pada seseorang yang memiliki faktor genetik dan juga disebabkan karena faktor lingkungan lain seperti infeksi, merokok, paparan hidrokarbon, debu, logam dan masih banyak lagi.

Glomerulonefritis atau GN merupakan peradangan yang terjadi pada glomerulur yakni struktur pada ginjal yang terbentuk dari pembuluh darah kecil. Glomerulur nantinya akan mengeluarkan, cairan, elektrolit dan juga zat sisa dari aliran darah yang kemudian akan dibuang bersama dengan urine. Apabila glomerulus mengalami gangguan, maka fungsi ginjal bisa berhenti bekerja dengan baik dan akhirnya gagal ginjal terjadi sehingga membutuhkan pemeriksaan laboratorium fungsi ginjal.

  1. IgA Nefropati

IgA nefropati bisa terjadi karena endapan protein imunoglobulin A atau IgA pada saluran glomerulus dalam organ ginjal. Glomerulus umumnya berfungsi untuk menyaring limbah dan juga air berlebih dari darah yang kemudian dibawa ke kandung kemih sebagai urin. Akan tetapi, protein IgA bisa mencegah proses penyaringan tersebut dan akhirnya menyebabkan darah dan protein dalam urin sekaligus edema atau pembengkakan di tangan dan juga kaki.

Gejala paling umum dari IgA nefropati adalah urin berdarah dan penyakit ini juga bisa terjadi di segala usia dan biasanya masalah ini bisa menyebabkan penyakit gagal ginjal di usia muda. 

Sponsors Link

  1. Refluks Nefropati

Refluks nefropati diabetik bisa terjadi ketika semua zat yang sudah melalui proses penyaringan dalam ginjal akan keluar bersama urine namun akan masuk kembali ke bagian ginjal. Hal tersebut bisa terjadi sebab ada masalah pada kandung kemih sehingga katup yang sebetulnya menuju ureter tidak dapat bekerja. Penyakit refluks nefropati ini umumnya juga bisa menyebabkan gagal ginjal secara bertahap. Kelainan ini biasanya menjadi kondisi bawaan lahir dan umumnya terjadi pada anak anak.

Dari ulasan di atas bisa terlihat jika gagal ginjal bukan hanya menjadi penyakit orang dewasa dan lansia, namun anak anak juga bisa mengalami gagal ginjal karena beberapa kebiasaan buruk seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak sehingga bisa menyebabkan obesitas. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat khususnya bagi para ibu supaya masalah gagal ginjal tidak sampai terjadi pada anak anak.

Sponsors Link
>
, , ,