Sponsors Link

Manfaat VCO untuk Ginjal yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

VCO atau Virgin Coconut Oil merupakan sebuah minyak esensial dari kelapa murni yang dipercaya bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Mulai dari permasalahan kulit, rambut, dan bahkan dipercaya bisa membantu mengatasi berbagai macam penyakit. Minyak kelapa murni ini memiliki pengaruh yang baik jika dikonsumsi, karena pada dasarnya, kelapa itu sendiri juga merupakan buah yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Lalu bagaimana untuk organ ginjal? Apa saja manfaat VCO untuk ginjal? Berikut penjelasannya.

ads
  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat dari VCO adalah bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dikarenakan minyak ini mengandung MCFA yang merupakan asam lemak esensial yang bisa membantu tubuh menyerap nutrisi dan gizi yang optimal. Hal ini tentunya akan bermanfaat juga bagi metabolisme di dalam tubuh sehingga seluruh organ tubuh akan berfungsi baik, termasuk organ ginjal dan Anatomi Saluran Kemih lainnya. Selain itu, ketika tubuh terserang penyakit, maka akan lebih mudah sembuh dan pulih.

  1. Mencegah penyakit diabetes yang bisa meningkatkan risiko gagal ginjal

Seperti yang kita ketahui bersama, ada Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik. Baik itu diabetes tipe 1 atau tipe 2, semuanya berhubungan juga dengan organ ginjal. Diabetes dapat memicu risiko gagal ginjal. Bahkan kebanyakan penyakit gagal ginjal kronis disebabkan oleh diabetes dan hipertensi.

Ternyata VCO memiliki manfaat untuk mengatasi diabetes ini. hal ini disebabkan karena VCO tidak mengandung lemak jahat dan justru bisa membantu mengatur gula darah. Tentunya hal ini bisa mencegah dari penyakit gagal ginjal kronis yang disebabkan oleh diabetes.

  1. Mencegah CMV nefritis

CMV atau cytomegalovirus merupakan salah satu jenis virus yang berasal dari family herpes. Virus ini cukup berbahaya, karena bisa mengganggu dan merusak organ-organ di dalam tubuh, seperti ginjal, hantung, paru-paru, lambung, dan sebagainya. CMV pada ginjal itu sendiri disebut CMV nefritis.

Dan ternyata, salah satu cara pengobatan dari penyakit ini adalah dengan melakukan terapi minyak kelapa murni. Dengan demikian salah satu manfaat VCO untuk ginjal adalah mencegah ginjal dari penyakit CMV nefritis.

  1. Mencegah penurunan fungsi organ tubuh, termasuk ginjal

Pada dasarnya, kebanyakan penyakit ginjal disebabkan oleh penurunan fungsi ginjal. Terutama pada pasien gagal ginjal kronis. Penyakit ini terjadi karena organ ginjal mengalami penurunan fungsi yang terjadi secara berangsur-angsur, tetap, dan perlahan-lahan. Sehingga ginjal lama kelamaan akan mengalami kegagalan fungsi kerja untuk menyaring darah. Manfaat VCO untuk ginjal adalah mampu mencegah penurunan fungsi organ tubuh itu sendiri.

Hal ini diperkuat dengan salah satu penelitian yang menyebutkan bahwa penderita gagal ginjal yang mengonsumsi minyak kelapa sebagai Menu Makanan Penderita Gagal Ginjal, memiliki lebih sedikit angka kematian daripada mereka yang tidak mengonsumsinya.

Sponsors Link

  1. Mencegah radikal bebas

Manfaat lainnya dari VCO adalah bisa mencegah radikal bebas. Hal ini dikarenakan Vco mengandung antioksidan alami yang bisa bermanfaat untuk mengurangi stres oksidatif dalam tubuh. Perlu diketahui juga bahwa stres oksidatif merupakan salah satu yang menyebabkan organ-organ tubuh mengalami kerusakan, termasuk ginjal. Sehingga ginjal akan menjadi lebih sehat karena VCO.

  1. Mencegah infeksi saluran kemih

Manfaat VCO untuk ginjal lainnya adalah bisa mencegah infeksi saluran kemih. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan VCO ternyata memiliki sifat antimikroba sehingga bisa mengurangi risiko infeksi pada tubuh yang disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, dan sebagainya. VCO mengandung asam lemak rantai menengah yang ternyata sangat mirip dengan lemak di dalam ASI. Hal ini akan memiliki efek nutraceutical sehingga bisa membantu melawan mikroba.

Seperti yang diketahui bersama, Penyakit Infeksi Saluran Kemih adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri dari saluran kemih bawah. Jika seseorang mengonsumsi VCO, maka risiko dari infeksi bakteri bisa diminimalisir, sehingga bisa mencegah infeksi saluran kemih.

Sponsors Link

  1. Membantu mengatasi batu ginjal

VCO memiliki asam laurat yang bersifat asam. Sifat ini diduga mampu mengupah pH urine menjadi lebih asam. Kondisi inilah yang bisa membantu menggerus batu ginjal sehingga semakin lama ukurannya akan semakin mengecil. Jika sudah mengecil, maka batu ginjal akan lebih mudah dikeluarkan tanpa harus melakukan berbagai Jenis Operasi Batu Ginjal yang menghabiskan biaya.

Demikianlah beberapa manfaat VCO untuk ginjal yang perlu diketahui. Mari terus lakukan gaya hidup sehat agar bisa terhindar dari berbagai penyakit. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang akruat dan bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal