Sponsors Link

35 Manfaat Temulawak untuk Ginjal dan Cara Mengkonsumsinya

Sponsors Link

Temulawak adalah salah satu tanaman rimpah yang tumbuh di bawah naungan di hutan jati ataupun tana yang kering. Temulawak memiliki nama lain seperti koneng gede, temo lubak dan nama lainnya disetiap daerah. Temulawak mengandung mineral, minyak atsiri, kurkuminoid dan juga minyak lemak. Dengan kandungan tersebut temulawak bermanfaat bagi tubuh termasuk bermanfaat bagi ginjal.

ads
  1. Membersihkan Ginjal

Ginjal yang bersih akan membuat fungsi kerja ginjal itu sendiri akan maskimal dan membuat tubuh menjadi sehat. Mengonsumsi temulawak dapat membersihkan ginjal dari berbagai macam kotoran dan racun yang dapat menganggu kerja ginjal. (Baca juga :manfaat meniran untuk ginjal )

  1. Mengatasi Peradangan Ginjal

Manfaat temulawak untuk ginjal ialah mengatasi peradangan ginjal. Peradangan yang terjadi pada ginjal akan membuat fungsi ginjal melemah sehingga ginjal tidak dapat melakukan fungsinya dengan baik. Temulawak mengandung zat kurkumin yang dapat berfungsi sebagai anti peradangan.

  1. Mengatasi Batu Ginjal

Batu ginjal adalah kumpulan zat zat mineral dan juga racun yang terbentuk menjadi batu dan menghalangi kerja ginjal. Temulawak dapat mengatasi penyakit batu ginjal. Cara mengonsumsi temulawak untuk mengatasi batu ginjal ialah dengan meminum air temulawak ketika hangat secara teratur. (Baca juga :manfaat propolis untuk ginjal )

  1. Melindungi Tubuh dari Serangan Kanker Ginjal

Temulawak dipercaya dapat mencegah sel sel kanker untuk masuk ke dalam tubuh. Sel sel kanker yang telah masuk ke dalam tubuh akan berkembang dan menyebar ke berbagai organ tubuh lain termasuk organ ginjal. Dengan mengonsumsi temulawak maka akan melindungi tubuh dari ancaman terkena sel kanker.

  1. Mengobati Penyakit Ginjal Kronis

Manfaat temulawak untuk ginjal ialah sebagai obat. Penyakit ginjal akan terus berkembang sesuai tahapan. Mulai dari penyakit ginjal ringan hingga penyakit ginjal kronis. Mengonsumsi temulawak dapat mengobati penyakit ginjal kronis sehingga dapat menghambat perkembangan penyakit ginjal. (Baca juga :pantangan batu ginjal )

  1. Mengeluarkan Racun dari Ginjal

Kandungan dalam temulawak dapat menetralisir racun racun yang terdapat pada tubuh dan juga racun racun yang terdapat dalam ginjal. Racun racun ini akan merusak ginjal sehingga ginjal tidak dapat bekerja secara maksimal. Mengonsumsi temulawak dapat membuat tubuh terbebas dari racun racun.

  1. Mengatasi Tumor Ginjal

Temulawak memiliki zat yang mengandung sifat anti tumor. Hal ini sangat baik untuk mengatasi tumor tumor yang dapat terjadi di luar maupun bagian dalam tubuh. Dengan mengonsumsi temulawak dapat salah satunya dapat mengatasi masalah tumor ginjal. (Baca juga :obat tradisional ginjal rusak )

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat temulawak ialah mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung termasuk salah satu penyakit yang sering terjadi dan menyebabkan kematian. Kerusakan pada jantung juga dapat menyebabkan kerusakan pada organ lain termasuk merusak organ ginjal. Dengan mengonsumsi temulawak akan menjaga kesehatan dan fungsi jantung serta ginjal.

  1. Mengatasi Penyakit Hati

Hati dan ginjal sangat berhubungan satu sama lain. Apabila ada kerusakan pada ginjal maka ada kerusakan pula pada ginjal dan begitu pula sebaliknya. Mengonsumsi temulawak dapat menjaga kesehatan hati dan menjaga kesehatan ginjal pula. (Baca juga :obat tradisional ginjal kronis )

  1. Mengurangi Risiko Leukimia

Leukemia adalah kanker darah dapat menyerang segala usia, laki laki maupun perempuan. Keadaan yang lemah dari para penderita leukemia dapat membuat dirinya dengan mudah terserang penyakit lain termasuk penyakit ginjal. Mengonsumsi temulawak secara rutin dapat membantu mengurangi risiko terjadinya leukemia.

Sponsors Link

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Khasiat temulawak yang selanjutnya ialah temulawak dapat mengencarkan darah yang ada di dalam pembulu darah. Dengan peredaran darah yang lancar maka kesehatan organ ginjal pun terjaga serta tubuh akan lebih sehat dan bugar. (Baca juga :manfaat semangka untuk ginjal )

  1. Mengatasi Hipertensi

Temulawak dapat mengatasi tekanan darah tinggi pada manusia. Tekanan darah tinggi akan menyebabkan berbagai penyakit termasuk penyakit ginjal. Oleh karena itu kita harus sebisa mungkin menjaga tekanan darah dalam kondisi normal.

  1. Berperan Sebagai Antioksidan

Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai pelindung tubuh dari berbagai macam bakteri dan virus yang akan membuat berbagai organ organ tubuh termasuk organ organ penting seperti jantung, hati dan ginjal serta berbagai organ penting lainnya. Dengan mengonsumsi temulawak, maka tubuh kita memiliki antioksidan alami yang kuat sehingga tubuh kita lebih kuat. (Baca juga :obat tradisional ginjal kotor )

  1. Mengatasi Kolestrol Tinggi

Kolestrol yang tinggi bisa disebabkan karena sering memakan makanan yang mengandung lemak yang tinggi. Kolestrol yang tinggi dalam tubuh akan menyebabkan berbagai penyakit termasuk penyakit ginjal. Mengonsumsi temulawak secara teratur akan membantu menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.

ads
  1. Mencegah Terjadinya Penggumpalan Darah

Penggumpalan darah dalam tubuh yang terlalu lama akan membuat tubuh kekurangan darah. Kurangnya darah dalam tubuh akan membuat berbagai organ dalam tubuh termasuk ginjal mengalami kerusakan. Temulawak dapat mencegah terjadinya penggumpalan darah dan mencegah berbagai penyakit akibat darah menggumpal di dalam tubuh. (Baca juga :manfaat peterseli untuk ginjal )

  1. Mengatasi Radikal Bebas

Akibat radikal bebas memang sangat berbahaya. Radikal bebas bisa berasa dari radiasi, sinar matahari dan keadaan lingkungan yang kotor. Radikal bebas dapat merusak fungsi kerja ginjal dan berbagai organ dalam lainnya. Temulawak mengandung kurkumin yang dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas dan menjaga kesehatan tubuh.

  1. Mencegah Asam Urat

Asam urat dapat menyebabkan berbagai penyakit lain termasuk penyakit ginjal. Mengonsumsi temulawak secara rutin dinilai sangat efektif untuk mencegah terjadinya asam urat dan menjaga kesehatan ginjal juga. (Baca juga :obat tradisional ginjal bocor )

  1. Mengatasi Batuk akibat Penyakit Ginjal

Gejala yang sering terjadi akibat memiliki penyakit ginjal ialah mengalami batuk batuk. Batuk sendiri sebenarnya sangat erat hubungannya dengan sistem pernafasan. Tetapi, batuk juga sering menjadi gejala berbagai penyakit termasuk penyakit ginjal. Dengan mengonsumsi temulawak maka akan menurunkan gejala batuk ini.

  1. Mengatasi Penyakit Maag

Penyakit maag adalah penyakit yang mengenai lambung. Penyakit ini disebabkan oleh tidak teraturnya waktu makan. Penyakit maag bisa menjadi salah satu pertanda awal anda memiliki penyakit ginjal. Untuk mengurangi rasa sakit akibat maag, anda dapat mengonsumsi temulawak secara rutin untuk mengatasi penyakit lambung ini. (Baca juga :obat tradisional ginjal bengkak )

  1. Mengatasi Sakit Perut akibat Penyakit Ginjal

Penderita ginjal seringkali menderita nyeri dan sakit pada bagian perut. Hal ini karena ginjal berada di daerah dekat perut. Untuk mengatasi nyeri dan sakit perut ini anda dapat mengonsumsi temulawak, dan secara perlahan rasa sakit dan nyeri anda akan hilang.

  1. Berperan Sebagai Imunostimulan

Sistem imunitas tubuh yang kuat akan membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit, penyakit organ dalam seperti jantung dan ginjal akan membuat tubuh lemah dan tidak dapat beraktivitas secara normal bahkan dapat menyebabkan kematian. Temulawak mengandung kurkumin yang memiliki sifat imunostimulan yang dapat melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit dan meningkatkan sistem imunitas tubuh. (Baca juga :obat tradisional gagal ginjal )

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Manfaat temulawak untuk ginjal ialah mengurangi rasa sakit gejala gejala awal penyakit ginjal. Salah satu gejala penyakit ginjal ialah penderita mengalami sakit kepala yang hebat. Sakit kepala akan menganggu aktivitas sehari hari. Dengan mengonsumsi temulawak maka akan mengurangi rasa sakit kepala akibat penyakit ginjal.

  1. Meningkatkan Stamina Tubuh

Dengan aktivitas sehari hari yang padat maka sistem stamina tubuh seringkali melemah. Dengan mengonsumsi temulawak maka stamina tubuh akan semakin kuat sehingga berbagai penyakit, termasuk penyakit ginjal tidak akan mudah muncul pada tubuh.Hal ini dikarenakan temulawak mengandung sifat tonikum yang dapat membuat tubuh tidak mudah lelah. (Baca juga : obat tradisional batu ginjal)

  1. Mengobati Sakit dan Nyeri Pinggang

Salah satu gejala yang sering terjadi pada penderita penyakit ginjal ialah sakit di daerah pinggang. Hal ini dikarenakan ginjal berada di daerah belakang pinggang. Rasa sakit pada pinggang seringkali menggambarkan keadaan ginjal yang sedang tidak sehat.

  1. Melindungi Tubuh dari Serangan Mikroorganisme

Makhluk hidup yang sangat kecil ini memang tidak dapat dilihat secara kasat mata, tetapi akibat makhluk kecil ini menyerang tubuh sangat berbahaya. Mereka dapat menyerang organ organ tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit seperti penyakit ginjal. Temulawak dapat melindungi tubuh dari berbagai serangan mikroorganisme yang berbahaya. (Baca juga : manfaat kunyit untuk ginjal)

  1. Mengatasi Sesak Nafas

Satu lagi gejala yang cukup sering terjadi untuk menggambarkan adanya penyakit pada ginjal. Sesak nafas adalah kondisi dimana tubuh kekurangan oksigen, hal ini disebabkan karena oksigen pada ginjal pun berkurang. Mengonsumsi temulawak dapat membuat pernafasan lebih lancar dan sesak nafas hilang.

  1. Mengatasi Demam akibat Penyakit Ginjal

Gejala yang dialami oleh penderita ginjal ialah demam. Demam sangat menganggu aktivitas sehari hari, dengan mengonsumsi temulawak secara teratur akan membantu mengurangi demam yang sering  terjadi pada penderita ginjal. (Baca juga :manfaat petai untuk ginjal)

Sponsors Link

  1. Mengobati Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit yang berkaitan dengan penyakit ginjal. Penyakit hepatitis adalah penyakit yang berkaitan dengan penyakit hati. Dengan mengonsumsi temulawak secara rutin akan membantu mengobati hepatitis secara aman. (Baca juga :infeksi ginjal pada anak )

  1. Anti Bakteri

Temulawak memiliki zat yang berperan sebagai anti bakteri. Anti bakteri sangat baik untuk mencegah berbagai bakteri masuk dan menyerang tubuh dan juga dapat menyerang ginjal. Mengonsumsi temulawak akan membuat tubuh kita kuat terhadap serangan bakteri. (Baca juga :cara mengobati ginjal daun sirsak )

  1. Menambah Nafsu Makan

Pada penderita penyakit ginjal mereka seringkali memiliki nafsu makan yang kurang. Padahal apabila seseorang memiliki penyakit maka makanan adalah hal yang sangat penting karena akan memberika nutrisi dan vitamin bagi tubuh. Untuk meningkatkan nafsu makan anda dapat mengonsumsi temulawak. (Baca juga :cara mengobati ginjal mengecil )

  1. Mengobati Thypus

Temulawak adalah salah satu obat alternative untuk mengatasi penyakit thypus. Penyakit thypus juga dapat menyebabkan peradangan ginjal dan juga menyebabkan kandung kemih. Dengan mengonsumsi temulawak dapat mengobati penyakit thypus. (Baca juga :minuman pembersih ginjal )

  1. Mengatasi Muntah Muntah

Salah satu manfaat temulawak ialah dapat dijadikan ramuan untuk mengatasi muntah muntah. Muntah muntah bisa disebabkan oleh beberapa hal termasuk penyakit ginjal. Untuk meredakan muntah muntah anda dapat mengonsumsi temulawak. (Baca juga : cara mengobati ginjal kotor)

  1. Mengatasi Menggigil

Bagi para penderita ginjal mereka sering mengalami menggigil ataupun kedinginan. Dengan mengonsumsi temulawak hangat dapat menghangatkan tubuh dan membuat rasa nyaman pada tubuh. (Baca juga : penyebab cuci darah)

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Fungsi temulawak yang sangat berkhasiat bagi tubuh ialah meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sistem Imunitas yang kuat akan membantu tubuh terhindar dari bakteri bakteri yang menyerang ginjal. Mengonsumsi temulawak dapat meingkatkan sistem imunitas tubuh.

  1. Mengatasi Pusing Akibat Penyakit Ginjal

Manfaat temulawak untuk ginjal yang terakhir ialah untuk mengatasi pusing akibat penyakit ginjal. Dengan mengonsumsi temulawak akan meredakan pusing akibat penyakit ginjal ini.

Cara Mengonsumsi Temulawak

  • Siapkan temulawak
  • Rebus temulawak dengan air bersih
  • Setelah airnya tinggal setengah
  • Minum rebusan air temulawak untuk mendapatkan khasiatnya

Itulah beberapa khasiat dan manfaat temulawak untuk ginjal. Menjaga kesehatan ginjal sangat penting untuk tubuh yang lebih sehat dan kuat.

Sponsors Link
>
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal