Sponsors Link

15 Manfaat Semangka untuk Ginjal yang Belum Diketahui

Sponsors Link

Semangka adalah buah yang berukuran cukup besar. Ada semangka yang berbentuk bulat, lonjong bahkan kotak tentunya dengan berbagai percobaan yang dilakukan oleh para ahli. Semangka menjadi buah favorit karena memiliki rasa manis yang pas dan juga memberikan rasa segar. Semangka memiliki kandungan kandungan nutrisi yang baik, dalam 100 gram semangka terdapat kandungan nutrisi seperti :

ads
  • Kalium 319 mg
  • Zat besi 0,98 mg
  • Sodium 2,9 mg
  • Vitamin A 1630 U
  • Vitamin B6 0,123 mg
  • Tiamin 0,092 mg
  • Fosfor 31 mg
  • Selenium 1,2 mcg
  • Mangan 0,112 mg
  • Fosfor 31 mg

Dengan kandungan nutrisi nutrisi tersebut, semangka memiliki manfaat bagi ginjal diantaranya:

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal sebagai salah satu organ penting dalam tubuh harus dijaga kesehatannya. Apabila ginjal sendiri tidak sehat maka tubuh pun akan melemah dan akan datang berbagai penyakit. Kesehatan ginjal akan terganggu apabila terdapat kotoran maupun racun yang menyerang ginjal. Dengan mengonsumsi semangka, kesehatan ginjal akan terjaga dan ginjal dapat melakukan fungsinya dengan baik. Hal ini dikarenakan ginjal mengandung kandungan kalsium yang tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal. (Baca juga :manfaat peterseli untuk ginjal )

  1. Mencegah Peradangan Ginjal

Peradangan pada ginjal bisa disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus yang menyerang ginjal. Peradangan yang terjadi pada organ tubuh termasuk menyerang ginjal akan sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Semangka memiliki senyawa kolin, manfaat senyawa kolin memiliki manfaat untuk menyeimbangkan kesehatan sel tubuh. Sel sel tubuh yang sehat akan membuat sel sel mengenali mana sel sel yang baik bagi tubuh dan mana sel sel dan bakteri yang berbahaya sehingga dapat diserang. (Baca juga :obat tradisional ginjal bocor )

  1. Membersihkan Ginjal

Ginjal yang kotor akan menghambat kinerja ginjal sendiri. Sebab itu menjaga kebersihan ginjal sangat penting sebelum nantinya membuat ginjal menjadi melemah dan rusak. Mengonsumsi semangka dapat membantu membersihkan ginjal yang kotor. Buah yang memiliki kandungan air yang tinggi ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi yang dapat membersihkan ginjal. Anda dapat langsung mengonsumsi ginjal atau dengan mengolahnya menjadi jus semangka. (Baca juga :obat tradisional ginjal bengkak )

  1. Mencegah Kanker Ginjal

Manfaat semangka untuk ginjal selanjutnya ialah mencegah kanker ginjal. Salah satu penyakit yang paling berbahaya yang menyerang tubuh ialah penyakit kanker. Karena pertumbuhan sel kanker dapat sangat cepat dan dapat menyerang organ organ tubuh yang lain sehingga merusak fungsi dari organ organ tersebut. Sel sel kanker juga bisa menyerang ginjal dan menyebabkan kanker ginjal. Dengan mengonsumsi semangka secara teratur dapat mencegah penyakit kanker, hal ini dikarenakan semangka mengandung vitamin C yang tinggi dan juga zat licopin. Sehingga dengan mengonsumsi semangka akan mencegah datangnya penyakit mematikan ini. (Baca juga :obat tradisional gagal ginjal )

  1. Menghancurkan Batu Ginjal

Semangka memiliki khasiat pada penyakit diuretik dan juga mengatasi berbagai macam penyakit yang jenis keluhannya ialah terdapat batu di dalam tubuhnya termasuk penyakit batu ginjal. Semangka dapat membantu menghancurkan batu ginjal dengan cara mengonsumsi buah ginjal dan juga mencoba jus semangka terutama kulit semangka pada pagi hari sebelum sarapan dan juga malam hari sebelum tidur. (Baca juga :obat tradisional batu ginjal )

Sponsors Link

  1. Mencegah Penyakit Diabetes

Semangka adalah salah satu buah yang memiliki kandungan air yang sangat tinggi. Tubuh kita membutuhkan asupan air yang cukup untuk menjaga dehidrasi. Selain itu, dengan mengonsumsi semangka secara teratur dapat membantu mengatasi dan juga mencegah penyakit diabetes. Diabetes sendiri adalah kondisi dimana kadar gula dalam darah terlalu tinggi diatas batas normal. Dengan kadar gula yang tinggi ini akan merusak ginjal dan mengakibatkan ginjal tidak mampu menjalani fungsinya dengan baik. Mengonsumsi semangka adalah salah satu cara untuk mencegah diabetes karena semangka adalah buah yang rendah gula dan juga kalori. (Baca juga :manfaat kunyit untuk ginjal )

  1. Mencegah Obesitas

Obesitas adalah kondisi dimana berat badan seseorang tidak dalam hitungan ideal. Ukuran ideal bagi setiap orang memang berbeda beda tergantung tinggi mereka. Seseorang yang mengalami obesitas selain akan menganggu penampilan juga akan kesulitan beraktivitas. Selain itu obesitas juga dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk penyebab penyakit ginjal. Kandungan air yang tinggi pada semangka dapat membuat siapapun yang mengonsumsinya menjadi kenyang dan juga semangka adalah buah yang rendah gula. (Baca juga :manfaat petai untuk ginjal )

ads
  1. Melancarkan Urin

Manfaat semangka untuk ginjal yang selanjutnya ialah melancarkan urin. Fungsi ginjal adalah menyaring zat zat yang masih dibutuhkan oleh tubuh dan zat zat yang sudah diperlukan lagi oleh tubuh. Zat zat yang tidak diperlukan lagi akan dibuang bersama urin. Apabila urin sendiri tersendat sehingga sulit untuk dikeluarkan dari dalam tubuh maka akan menyebabkan penumpukan zat zat tidak penting di dalam ginjal dan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Dengan mengonsumsi semangka akan membantu melancarkan urin karena kandungan air dalam semangka tinggi dan mampu membuat aliran urin dalam tubuh meningkat dan lancar. (Baca juga :infeksi ginjal pada anak )

  1. Menyehatkan Jantung

Jantung yang sehat akan membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Fungsi utama jantung ialah mempompa darah dan mengalirkannya. Jantung adalah organ terpenting dalam tubuh manusia, kerusakan pada jantung akan menyebabkan organ organ lain termasuk ginjal rusak dan dapat menyebabkan kematian. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Semangka mengandung likopen yang tinggi yang dapat menjaga kesehatan jantung sehingga tubuh tetap sehat dan ginjal dapat berfungsi dengan baik. (Baca juga :cara mengobati ginjal daun sirsak )

  1. Mencegah Pembentukan Lemak

Semangka adalah buah yang sangat segar dan dapat membuat tubuh merasakan efek alkali dari air yang terkandung di dalam semangka. Dengan mengonsumsi semangka secara teratur atau dengan membuatnya menjadi jus semangka akan membuat tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh makanan yang mengandung lemak jahat dan juga zat asam lainnya, diantaranya penyakit ginjal. Oleh sebab itu rutinlah mengonsumsi semangka selain memberikan rasa yang segar juga kaya akan kandungan gizi yang bermanfaat. (Baca juga :cara mengobati ginjal mengecil )

  1. Menjadi Antioksidan bagi Tubuh

Semangka dapat menjadi antioksidan bagi tubuh. Hal ini dikarenakan buah yang berwarna merah dan juga kuning ini mengandung vitamin C dan kandungan air yang sangat tinggi. Antioksidan sendiri berfungsi melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat menyerang berbagai organ tubuh termasuk ginjal. Oleh karena itu mengonsumsi semangka dapat menjadi antioksidan alami dan kuat bagi tubuh. (Baca juga :minuman pembersih ginjal )

  1. Melancarkan Aliran Darah

Darah yang lancar akan membuat kerja ginjal lebih baik karena ginjal mendapat oksigen yang cukup. Semangka mengandung arginine yang dapat meningkatkan oksida nitrat. Zat ini dapat memudahkan pembuluh darah untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Aliran darah yang lancar dapat menyehatkan berbagai organ tubuh termasuk menjaga kesehatan ginjal. Konsumsi buah semangka secara langsung sebagai snack disaat lapar dapat membantu melancarkan aliran darah. (Baca juga :cara mengobati ginjal kotor )

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya tahan tubuh yang kuat akan membuat diri terlindung dari berbagai bakteri dan virus yang akan menyerang tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit dan dapat menghambat aktivitas sehari hari. Buah semangka mengandung vitamin C yang tinggi dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari berbagai penyakit. Bakteri dan virus dapat menyerang organ organ penting seperti ginjal. Daya tahan tubuh yang lemah menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena penyakit ginjal. Oleh sebab itu konsumsi makanan yang mengandung vitamin yang tinggi dan jaga pola hidup sehat. (Baca juga :penyebab cuci darah )

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan Darah Tinggi atau yang disebut Hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah berada diatas batas normal. Hipertensi sendiri dapat menyebabkan berbagai penyakit ginjal dan merusak ginjal sendiri sehingga fungsi ginjal terganggu. Penderita hipertensi disarankan untuk mengonsumsi semangka untuk mengembalikan tekanan darah ke batas normal. Semangka mempunyai efek yang baik untuk pembuluh darah dan dapat mengatasi tekanan yang terlalu berat pada pembuluh darah di jantung. Hal inilah yang baik bagi penderita hipertensi. (Baca juga :efek samping cuci darah )

Sponsors Link

  1. Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat

Kolestol Jahat dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dan juga dapat menyebabkan penyakit ginjal. Semangka dapat membantu menurunkan kadar kolestrol karena semangka dapat melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah lancar dan membuat kerja jantung lebih mudah. Dengan mengonsumsi 2 potong semangka setiap hari dapat membantu menurunkan kadar kolestrol. (Baca juga :penyebab gagal ginjal pada anak )

Mengonsumsi semangka memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Untuk memaksimalkan manfaat dari semangka ini ada beberapa tips dalam mengonsumsi semangka.

  • Konsumsi semangka secara langsung untuk mendapatkan hasil yang segar.
  • Semangka juga bisa di olah menjadi jus semangka, buatlah jus semangka sehingga menjadi minuman yang menyegarkan.
  • Konsumsi juga bagian hijau dekat kulitnya selain warna merahnya.

Itulah beberapa manfaat semangka bagi ginjal, konsumsi buah kaya kandungan air ini selain dapat menyegarkan tubuh juga memberikan manfaat yang banyak. Jangan lupa gunakan tips tips yang disebutkan untuk manfaat yang maksimal dari mengonsumsi semangka. (Baca juga :kelainan pada ginjal dan penyebabnya )

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan