Sponsors Link

Manfaat Seledri untuk Ginjal dan Efek Sampingnya

Sponsors Link

Ginjal merupakan sebuah organ tubuh yang berjumlah sepasang. Ginjal ini bertugas untuk menyaring darah sehingga limbah sisa metabolisme bisa dikeluarkan sebagai urine. Selain itu, ginjal juga berperan dalam mengatur tekanan darah di dalam tubuh dan juga mengatur cairan di dalam tubuh. Fisiologi ginjal tentunya harus selalu sehat agar tidak terjadi berbagai gangguan ginjal pada tubuh manusia. Dan untuk mendukung kesehatan ginjal ini, beberapa orang percaya bahwa seledri adalah Sayuran untuk Pembersih Ginjal yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan ginjal. Lalu apa saja manfaat seledri untuk ginjal yang bisa didapatkan?

ads

Manfaat Seledri untuk Organ Ginjal

Seledri adalah salah satu jenis tanaman yang sering dijadikan bumbu masakan di Asia. Di Indonesia sendiri tanaman ini dibawa oleh Belanda saat masa penjajahan. Hingga saat ini seledri sering kita temukan pada makanan sup. Berikut adalah beberapa manfaat dari seledri untuk ginjal yang bisa didapatkan.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Salah satu manfaat dari seledri untuk kesehatan ginjal adalah menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan senyawa 3-n-butylphthalide di daalam seledri. Senyawa ini memang berkhasiat untuk menurunkan hipertensi serta menurunkan kolesterol di dalam darah. Mengapa tekanan darah tinggi perlu diturunkan? Memang ada Hubungan Gagal Ginjal dan Hipertensi yang perlu diketahui, karena hipertensi itu sendiri juga salah satu penyebab atau faktor risiko dari kerusakan ginjal (gagal ginjal kronis).

  1. Menurunkan asam urat

Selain menurunkan tekanan darah tinggi, manfaat seledri untuk ginjal berikutnya adalah untuk menurunkan asam urat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan adanya kandungan yang sama, yaitu 3-n-butylphthalide. Senyawa ini bekerja untuk menghambat enzim xanthine oxidase sehingga produksi asam urat yang berlebihan bisa ditekan. Hal ini juga penting bagi kesehatan ginjal, karena memang ada banyak kasus Batu Ginjal yang disebabkan oleh asam urat. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa seledri merupakan salah satu Makanan Baik Untuk Penderita Ginjal.

  1. Diuretik alami

Manfaat seledri untuk ginjal lainnya adalah untuk diuretik. Diuretik adalah zat-zat yang bisa meningkatkan produksi urine, sehingga kelebihan cairan dalam tubuh (edema) bisa dikurangi. Di zaman dulu, diuretik alami dari seledri menggunakan biji seledri. Selain itu, kandungan senyawa dalam biji seledri juga bisa membantu meningkatkan aliran urine, sehingga bisa membantu membantu membuang cairan yang berlebihan dalam tubuh. Tentunya hal ini akan sangat bermanfaat bagi tubuh, khususnya untuk mengurangi gejala edema yang memang seringkali terjadi pada pasien penyakit ginjal.

  1. Mencegah kanker

Manfaat lain dari seledri adalah untuk mencegah kanker. Manfaat ini disebabkan oleh kandungan antioksidan pada seledri yang bisa menangkal radikal bebas. Dengan demikian, potensi dari kanker ginjal pun bisa berkurang dan bisa menjaga kesehatan organ tubuh lainnya juga.

Sponsors Link

Cara Mengonsumsi Seledri untuk Ginjal

Dari beberapa manfaat seledri untuk ginjal  di atas, tentunya perlu diketahui juga mengenai cara mengolahnya agar bisa dikonsumsi secara sehat. Cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

Siapkan bahan daun seledri segar, lalu cuci bersih. Setelah dicuci bersih, daun seledri bisa dipotong dan dimasukkan ke air kurang lebih 2 liter atau 1 panci. Rebus selama kurang lebih 10 menit. Setelah 10 menit, angkat dan saring air rebusan daun seledri tersebut. Konsumsi hanya 1 gelas saja.

Sponsors Link

Efek Samping

Walau pada dasarnya ada beberapa manfaat seledri untuk kesehatan ginjal yang bisa didapatkan tubuh dan merupakan jenis Makanan yang Baik untuk Batu Ginjal, hindari mengonsumsi daun seledri yang terlalu berlebihan. Hal ini dikarenakan efek sampingnya yang justru bisa berbahaya bagi tubuh. Dalam kadar yang sedikit, memang ginjal akan mendapatkan manfaat yang baik dari seledri. Akan tetapi, jika dikonsumsi secara berlebihan, jusru bisa memicu hal-hal yang bisa jadi malah berbahaya.

Seledri yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menciptakan reaksi alergi. Selain itu bisa juga memicu peradangan pada ginjal. Sehingga memang perlu kehati-hatian sebelum memutuskan untuk menempatkan daun seledri sebagai menu obat herbal harian, apalagi menu obat herbal jangka panjang. Ada baiknya, jika Anda memang memiliki penyakit ginjal tertentu, berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai dosis yang aman untuk masalah ini sebelum mengonsumsinya. Tujuannya tentu untuk mencegah masalah yang lebih besar di kemudian hari.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai manfaat seledri untuk ginjal yang perlu diketahui. Ingat selalu untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi seledri sebagai obat ginjal, karena bisa jadi dosis yang salah justru bisa berbahaya bagi kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman