Sponsors Link

Manfaat Puasa untuk Ginjal dan Efek Sampingnya untuk Gagal Ginjal

Sponsors Link

Puasa adalah salah satu ibadah umat Islam yang selalu rutin dilaksanakan setiap tahun. Puasa menuntut kita untuk mengubah gaya hidup menjadi tidak makan sejak pagi hingga senja hari, dan hanya membolehkan kita makan di malam hari. Puasa selain bernilai ibadah ternyata juga memiliki segudang manfaat. Sudah ada banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa puasa memang bermanfaat baik bagi kesehatan, kecuali untuk orang-orang tertentu yang berhalangan untuk berpuasa.

ads

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Ginjal

Lalu, apa saja manfaat puasa untuk ginjal? Berikut penjelasannya.

  1. Memberikan perlindungan pada fungsi ginjal

Manfaat yang pertama bagi ginjal saat seseorang berpuasa adalah mampu memberikan perlindungan terhadap fungsi ginjal. Seperti yang diketahui, saat berpuasa, makanan dan minuman akan dihentikan asupannya ke dalam tubuh. Hal ini bisa meningkatkan konsentrasi urine pada ginjal. Selain itu hal ini juga bisa meningkatkan kekuatan osmosis urine pada angka 1.000 sampai 12.000 ml osmosis per kg air. Keadaan ini bisa membantu memberikan perlindungan terhadap fungsi ginjal sehingga dapat mempertahankan Ciri Ciri Ginjal Sehat.

  1. Meningkatkan metabolisme dan menjaga kesehatan ginjal

Saat berpuasa, batasan air atau cairan yang masuk ke tubuh pun bisa meminimalisir volume cairan pada darah. Kondisi ini akan memicu kinerja dari mekanisme lokal yang mengatur kondisi pembuluh darah. Hal ini juga bisa menambah prostaglandin. Dengan demikian, kinerja sel darah merah juga akan terpacu fungsinya, sehingga metabolisme akan menjadi lebih lancar dan ginjal menjadi lebih sehat.

  1. Mengistirahatkan ginjal

Manfaat puasa untuk ginjal lainnya adalah untuk mengistirahatkan ginjal. Sepanjang tahun, ginjal bekerja keras untuk berhasil menyaring darah dari zat-zat limbah sisa metabolisme. Ginjal bekerja dalam menyaring zat sisa gizi, zat sisa glukosa, dan bahkan racun yang sudah tidak lagi diperlukan oleh tubuh. Puasa adalah salah satu momen yang secara tidak langsung akan mengistirahatkan ginjal sementara waktu, sehingga organ ginjal bisa bekerja lebih ringan selama ibadah puasa dijalankan.

  1. Relatif aman bagi penderita gagal ginjal

Berpuasa juga merupakan salah satu ibadah yang cukup aman untuk dilakukan oleh orang-orang yang memiliki penyakit gagal ginjal kronik. Hal ini dikarenakan penderita gagal ginjal kronis akan mengurangi minum cairan selama berpuasa. Dan itu bisa meningkatkan konsentrasi urine sehingga akan bermanfaat bagi si penderita. Asalkan puasa dilakukan secara sehat dan tetap menjaga asupan Makanan Yang Baik Untuk Ginjal dengan baik.

Itulah beberapa manfaat puasa untuk ginjal yang perlu diketahui. Namun walau demikian, tetap ada beberapa risiko dari pyasa yang bisa jadi didapatkan oleh pasien gagal ginjal. Sehingga perlu diketahui juga kondisinya sebelum menjalani ibadah puasa.

Sponsors Link

Risiko Puasa bagi Penderita Gagal Ginjal

Walau puasa memang memiliki manfaat bagi ginjal, seorang penderita gagal ginjal tetap memiliki risiko saat menjalani ibadah ini. Bagi sebagian penderita, mungkin puasa bisa dijalankan dengan baik tanpa hambatan. Akan tetapi, mungkin bagi sebagian yang lain, puasa mungkin tidak bisa dijalankan dengan baik. Beberapa efek samping puasa bagi penderita gagal ginjal antar alain:

  • Peningkatan gejala mual
  • Peningkatan risiko dehidrasi
  • Organ lambung yang kurang bisa beradaptasi
  • Risiko anemia
  • Risiko pengeroposan tulang

Itulah beberapa risiko dari puasa yang dijalankan oleh penderita gagal ginjal kronis.

Sponsors Link

Tips Puasa bagi Penderita Gagal Ginjal

Melihat manfaat puasa untuk ginjal dan juga risiko yang ada, tentunya pasien gagal ginjal kronis atau orang dengan Kelainan Ginjal tetap perlu untuk memperhatikan kondisi tubuhnya sebelum berpuasa. Berikut beberapa tips bagi pendrita gagal ginjal yang ingin berpuasa.

  • Konsultasikan dengan dokter sebelum berpuasa, karena kondisi kesehatan setiap penderita gagal ginjal memang berbeda-beda. Ada pasien yang justru disarankan untuk berpuasa. Namun ada juga pasien yang justru tidak direkomendasikan untuk berpuasa. Terutama pada pasien yang fungsi ginjalnya sudah banyak berkurang.
  • Jika Anda memang diperbolehkan untuk berpuasa, lengkapi jenis makanan dan nutrisi yang direkomendasikan dokter selama sahur dan berbuka puasa. Terutama bagi pasien yang memang menjalani proses hemodialisis secara rutin. Hal ini penting untuk menurunkan risiko kesehatan akibat dialisis.
  • Tetap menjalani pola hidup sehat dan mematuhi segala pantangan dan menjalani segala anjuran yang direkomendasikan oleh dokter. Tetap lakukan Tips Menjaga Kesehatan Ginjal yang diberikan dokter.
  • Atur juga kadar air yang masuk ke tubuh dengan mengatur pola minum harian agar bisa terhindar dari dehidrasi saat berpuasa.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat puasa untuk ginjal, risiko, serta tips yang bisa dilakukan untuk penderita gagal ginjal kronis. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Tetap lakukan ibadah dengan sebaik-baiknya dan tetap perhatikan kesehatan Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup