Sponsors Link

15 Manfaat Petai untuk Ginjal yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Petai adalah salah satu makanan yang memiliki bau yang sangat tajam. Banyak orang yang menyukai petai namun tidak sedikit pula yang tidak menyukainya, bahkan hanya dengan mencium baunya. Petai dalam kingdom tumbuhan diklasifikasikan dalam keluarga leguminosae dengan marga parkia dan jenis parkia speciosa. Pohon petai sendiri berukuran 5 hingga 25 meter dan membentuk banyak percabangan. Petai seringkali dikonsumsi dengan sebagai pendamping berbagai makanan, namun ternyata makanan berbau khas ini juga mengandung berbagai kandungan gizi yang baik untuk kesehatan diantaranya :

ads
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Antioksidan
  • Serat
  • Sukrosa
  • Fruktosa
  • Glukosa

Petai juga sering dijadikan sebagai energi, selain itu ternyata petai juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan juga bermanfaat bagi berbagai organ. Salah satunya adalah bermanfaat bagi ginjal. ( Baca juga : )

Manfaat Petai untuk Ginjal

  1. Meningkatkan antioksidan

Petai mengandung antioksidan yang tinggi, antioksidan yang tinggi baik untuk tubuh karena mampu menangkal radikal bebas yang akan masuk ke dalam tubuh. Dengan antioksidan yang tinggi dapat membantu meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh, dengan sistem imunitas yang baik dan kuat maka akan mencegah berbagai bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh dan menyerang organ organ sehingga merusak organ tersebut. Dengan antioksidan yang tinggi mencegah bakteri masuk dan menyerang ginjal sehingga ginjal dapat berfungsi dengan baik dan terhindar dari berbagai penyakit. ( Baca juga : cara mengobati ginjal daun sirsak )

  1. Mengandung vitamin C yang tinggi

Vitamin C yang tinggi dapat membuat sistem pertahanan tubuh sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit yang akan menyerang. Petai ternyata mengandung vitamin C yang tinggi meskipun tidak setinggi kandungan vitamin C yang terdapat di berbagai buah buahan.  Dengan pertahanan yang bagus, maka bakteri akan sulit untuk menyerang tubuh termasuk menyerang ginjal. Vitamin C dari petai dapat mecegah terjadinya peradangan ginjal akibat infeksi bakteri. ( Baca juga : cara mengobati ginjal mengecil )

  1. Meningkatkan kinerja ginjal

Manfaat petai untuk ginjal ialah meningkatkan kinerja ginjal. Petai ternyata dapat meningkatkan fungsi kerja dari ginjal, hal ini dikarenakan petai mengandung polisulfida siklik yang bersifat anti bakteri dan juga anti jamur, dimana polisulfida siklik ini dapat membantu membunuh bakteri bakteri yang dapat menganggu fungsi ginjal dan dapat menyebabkan peradanga pada ginjal. ( Baca juga : cara mengobati ginjal kotor )

  1. Mencegah obesitas

Petai mengandung serat yang tinggi, dimana ternyata serat dapat mengikat lemak. Petai dapat mencegah terjadinya obesitas dengan cara lai. Obesitas ternyata bisa disebabkan karena faktor stress, depresi dan tekanan pada setiap pekerjaan. Petai dapat mengatasi faktor faktor tersebut apabila kita mengonsumsinya. Seperti diketahui bahwa obesitas merupakan salah satu  faktor yang menyebabkan terjadinya berbagai penyakit termasuk penyakit ginjal. Dengan mencegah obesitas berarti petai juga mencegah termasuk penyakit ginjal. ( Baca juga : penyebab cuci darah )

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat petai untuk ginjal ialah menurunkan hipertensi. Petai dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Hipertensi sendiri adalah penyakit yang dapat menyebabkan berbagai penyakit ginjal lainyya. Seseorang yang memiliki hipertensi maka akan memiliki risiko untuk terkena penyakit ginjal lebih besar. Petai dapat menurunkan risiko terjadinya hipertensi dan juga mengurangi gejala gejala hipertensi.  ( Baca juga : efek samping cuci darah )

Sponsors Link

  1. Mencegah anemia

Anemia adalah kurangnya sel darah merah dalam tubuh. Dengan kurangnya sel darah merah maka akan membuat tubuh lemah dan rentan terkena berbagai penyakit. Kurangnya sel darah merah dalam tubuh akan menyebabkan menurunnya fungsi ginjal dan dapat menyebabkan berbagai penyakit ginjal. Petai dapat mencegah terjadinya anemia, hal ini dikarenakan petai mengandung zat besi yang tinggi. Dengan zat besi yang tinggi ini dapat mencegah terjadinya anemia. ( Baca juga : penyebab gagal ginjal pada anak )

  1. Mengurangi kolestrol

Petai dapat mengurangi terjadinya kolestrol dalam tubuh. Kolestrol sendiri dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit termasuk penyakit ginjal. Petai mengandung zat antioksidan dan zat zat lainnya yang dapat mencegah terjadinya kolestrol. Dengan mencegah terjadinya kolestrol maka akan mengurangi terjadinya berbagai penyakit ginjal. ( Baca juga : kelainan pada ginjal dan penyebabnya )

ads
  1. Mengatasi diabetes

Diabetes adalah kondisi dimana kadar gula yang ada pada tubuh terlalu tinggi, petai ternyata dinilai ampuh mengatasi diabetes. Diabetes sendiri dapat menganggu kerja ginjal, dengan kandungan gula yang tinggi maka ginjal kesulitan untuk menyaring zat zat sehingga urin dikeluarkan bersama gula. Oleh sebab itu mencegah diabetes adalah salah satu langkah efektif untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit ginjal. ( Baca juga : khasiat buah sukun untuk ginjal )

  1. Mencegah terjadinya infeksi

Manfaat petai untuk ginjal yang selanjutnya ialah mencegah terjadinya infeksi. Petai mengandung fosfor dalam jumlah yang tinggi, yaitu 115 mg dalam 100 gram biji petai. Fosfor sendiri dibutuhkan tubuh untuk menjaga permeabilitas sel. Selain itu ternyata petai juga dapat mencegah terjadinya infeksi, infeksi dapat terjadi pada setiap organ tubuh manusia termasuk ginjal yang merupakan organ penting bagi tubuh. Apabila terjadi infeksi pada ginjal, maka akan terjadi berbagai macam penyakit dan juga membuat fungsi kerja ginjal sangat terganggu. ( Baca juga : obat herbal ginjal bocor )

  1. Mengobati penyakit jantung

Kandungan dalam petai dapat membantu mengontrol kolestrol dan juga dapat mengatur hipertensi, kedua hal ini dapat membantu mengatasi dan mengurangi risiko penyakit jantung. Ginjal dan jantung sangat berhubungan, apabila jantung mengalami gangguan maka ginjal kurang mendapatkan oksigen. Bagi seseorang yang mengalami penyakit jantung maka berisiko pula terkena penyakit ginjal, begitu pula sebaliknya. ( Baca juga :makanan penderita ginjal bocor  )

  1. Membantu para perokok berhenti merokok

Merokok sangat berbahaya bagi tubuh dan juga dapat merusak fungsi ginjal sehingga menyebabkan berbagai penyakit ginjal. Di sisi lain, petai mengandung vitamin B6, B12 kalium dan magnesium yang dapat membuat pecandu rokok berhenti merokok. Dan dengan berhenti merokok maka akan menjaga kesehatan ginjal sehingga ginjal dapat berfungsi dengan baik. ( Baca juga : khasiat buah manggis untuk ginjal )

  1. Obat penyempitan pembuluh darah

Petai dapat membantu pengobatan penyempitan pembuluh darah, dengan penyempitan pembuluh darah maka akan menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh tidak lancar. Keadaan ini akan membuat fungsi ginjal menurun dan dengan mudah menyebabkan berbagai macam penyakit yang akan menyerang ginjal dan membuat kondisi tubuh semakin menurun. ( Baca juga : ciri ciri batu ginjal pada wanita )

  1. Mencegah kanker ginjal

Salah satu produsen obat menemukan fakta bahwa petai dapat melawan sel kanker dalam jumlah yang besar, meskipun hal ini harus diteliti lebih lanjut lagi. Sel sel kanker dapat menyerang organ tubuh apapun dan dapat menyebabkan kematian. Sel sel kanker juga dapat menyerang ginjal dan menyebabkan kanker ginjal. Petai disebut sebagai anti mikroba dan dinilai sangat efektif untuk menghadapi parasit dalam tubuh manusia. ( Baca juga : tips menjaga kesehatan ginjal )

Sponsors Link

  1. Mengatasi masalah lambung

Petai bisa mengatasi masalah lambung yang seringkali terjadi pada sebagaian orang dikarenakan makan yang tidak teratur dan juga tidak memilki nutrisi yang cukup. Kondisi lambung yang tidak baik dapat menjadi salah satu gejala terjadinya penyakit ginjal. Untuk mencegah berkembangnya penyakit ginjal tersebut maka gejala gejala dini yang masih bisa diatasi harus segera diatasi. ( Baca juga :ciri ciri gagal ginjal awal  )

  1. Mengurangi stress

Stress yang berlebihan akan menganggu stamina tubuh. Petai dapat membantu menyembuhkan orang yang mengalami penyakit emosional yang tinggi. Dengan mengonsumsi petai maka dapat mendorong mood seseorang lebih tenang. Stress dapat menyebabkan berbagai penyakit termasuk penyakit ginjal. ( Baca juga : cara mengobati gagal ginjal )

Cara mengonsumsi petai ialah

  1. Dengan mengonsumsinya secara langsung setelah dibersihkan
  2. Direbus dan dimakan bersama makanan lain

Tapi ternyata mengonsumsi terlalu banyak petai malah akan merusak ginjal. Hal ini dikarenakan petai mengandung asam amino yang tinggi dan kaya akan unsur nitrogen dan unsur sulfur. Asam amino merupakan zat yang baik untuk tubuh, namun apabila terlalu banyak asam amino justru akan terbuang bersama urin dan akan menyebabkan proteinuria. Oleh sebab itu dalam mengonsumsi petai maka haruslah dengan bijak dan tidak berlebihan, sehingga manfaat petai sendiri dapat dirasakan untuk kesehatan ginjal. ( Baca juga : sayuran ginjal bocor )

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman