Sponsors Link

Manfaat Minum Anggur Untuk Ginjal Berdasarkan Hasil Penelitian

Sponsors Link

Dari penelitian terbaru mengatakan jika minum sedikit anggur bisa menurunkan risiko macam macam penyakit ginjal kronik dan untuk yang sudah terkena penyakit ginjal kronis maka dikatakan jika minum anggur bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah yang merupakan komplikasi dari penyakit ginjal. Seseorang yang memiliki kondisi ginjal sehat dan minum kurang dari 1 gelas anggur atau wine sehari bisa menurunkan risiko penyakit ginjal kronis hingga mencapai 17% dibandingkan dengan yang tidak minum anggur. Lalu, apakah manfaat minum anggur untuk ginjal memang benar adanya?, temukan jawabannya dalam ulasan kami berikut ini.

ads

Hubungan Minum Anggur Dengan Ginjal

Seseorang yang memiliki penyakit gagal ginjal kronis dan minum kurang dari 1 gelas anggur setiap hari bisa menurunkan risiko komplikasi penyakit ginjal seperti kardiovaskular hingga mencapai 29%. Minum anggur dalam jumlah yang sedang dihubungkan dengan kadar protein lebih rendah dalam urin mengingat kadar protein tinggi pada penderita penyakit ginjal bisa meningkatkan risiko semakin berkembangnya penyakit ginjal yang sudah dialami.

Menggunakan data yang diambil dari tahun 2003 hingga 2006 dari the National health and Nutrition Examination Survey, seorang peneliti yang berasal dari University of Colorado Denver melakukan analisa jika pola minum anggur yang dilakukan oleh 5.852 partisipan menemukan jika angka kejadian ciri ciri penyakit ginjal kronis ternyata lebih rendah terjadi dibandingkan dengan mereka yang tidak minum kurang dari segelas anggur setiap hari. Dalam penelitian tersebut disimpulkan jika sekitar 1.031 partisipan yang sudah memiliki penyakit ginjal kronis dan minum kurang dari segelas anggur setiap hari terbukti memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah dibandingkan dengan yang tidak minum kurang dari 1 gelas anggur setiap hari. 

Sponsors Link

Kandungan Minuman Anggur

Polifenol yang terkandung dalam minuman anggur memiliki sifat anti inflamasi dan juga antioksidan yang bisa memberikan perlindungan pada organ jantung. Dalam studi menunjukkan jika anggur bisa melindungi dari penyakit ginjal seperti bahaya ginjal bocor dan untuk penderita penyakit ginjal sehingga bisa terhindar dari komplikasi yakni penyakit ginjal. Dalam penelitian tersebut diduga jika anggur merah kemungkinan besar jauh lebih baik dikonsumsi dibandingkan dengan anggur putih yang sekaligus juga bisa melindungi organ hati.

Dalam studi tersebut memperlihatkan hubungan antara anggur dengan perlindungan terhadap penyakit ginjal dan mereka yang sudah terlanjur mengalami gejala awal penyakit ginjal agar tidak menyebabkan komplikasi seperti penyakit jantung. Namun, semua ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan sebab akibat lebih akurat mengenai manfaat minum anggur untuk ginjal. 

Sponsors Link

Penemuan lain yang dilakukan seorang profesor asal Harvard School of Public Health and Harvard Medical School menemukan jika mungkin ada hubungan antara masalah minum alkohol dengan ginjal moderat. Sedangkan dalam studi baru yakni studi cross sectional memperlihatkan jika minum anggur memang bisa mempengaruhi fungsi ginjal dari waktu ke waktu.

Dari ulasan diatas membuktikan jika manfaat minum anggur untuk ginjal dikatakan bisa mencegah penyakit ginjal atau ginjal rusak dan mencegah komplikasi dari penyakit ginjal seperti masalah jantung dan pembuluh darah. Hal ini bisa terjadi karena dalam minuman anggur memiliki kandungan polifenol dan antioksidan tinggi yang sangat penting tidak hanya tubuh namun juga organ ginjal.

Meski minum kurang dari 1 gelas minuman anggur murni dikatakan baik untuk mencegah penyakit ginjal. Namun bagi anda yang sebelumnya memang tidak pernah mengkonsumsi alkohol, maka jangan jadikan cara ini sebagai alasan untuk mulai minum minuman beralkohol dan lebih baik memilih cara lain khususnya jika memang anda memiliki alergi terhadap alkohol. Selain itu, meski sudah dilakukan penelitian mengenai hubungan antara manfaat minum anggur untuk ginjal, akan tetapi masih dibutuhkan lebih lanjut mengenai dampak minuman anggur yang lebih spesifik untuk ginjal. Semoga ulasan kali ini bisa memberikan manfaat dan pengetahuan lebih seputar kesehatan ginjal.

Sponsors Link
>
, , ,