Sponsors Link

25 Manfaat Meniran untuk Ginjal Super Ampuh

Sponsors Link

Meniran adalah salah satu tamanan alami yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Meniran adalah tanaman yang memiliki daun majemuk dan berukuran kecil serta berbentuk lonjong. Kandung dalam meniran adalah filantin, kalium, damar dan flavonoid. Dengan kandungan kandungan ini meniran memiliki manfaat bagi kesehatan ginjal diantaranya :

ads

Manfaat Meniran untuk Ginjal

  1. Mengatasi Gangguan Saluran Kencing

Ginjal adalah salah satu organ yang berfungsi untuk menyaring zat zat yang masih berguna bagi tubuh dan zat zat yang sudah tidak berguna lagi bagi tubuh. Zat zat yang tidak berguna bagi tubuh aka dikeluarkan bersama urin. Namun, ada beberapa gangguan saluran kencing seperti adanya bakteri dan kuman pada saluran kencing sehingga membuat buang air kecil tidak lancar. Daun meniran mampu menetralisir dan membasmi kuman kuman dan bakteri pada saluran kencing. (Baca juga :obat tradisional ginjal rusak )

  1. Mengatasi Peradangan Ginjal

Salah satu jenis penyakit ialah radang ginjal. Radang ginjal disebabkan oleh infeksi pada ginjal yang disebabkan oleh bakteri ataupun virus. Radang ginjal akan menyebabkan ginjal rusak dan tidak dapat mengerjakan fungsi fungsinya dengan baik. Untuk mengatasi peradangan ginjal anda dapat mengonsumsi daun meniran. Hal ini dikarenakan daun meniran memiliki zat anti peradangan yang efektif untuk mengatasi peradangan ginjal. (Baca juga : obat tradisional ginjal kronis)

  1. Mengatasi Masalah Urin yang bernanah

Manfaat meniran untuk ginjal ialah mengatasi masalah urin. Urin yang normal adalah urin yang berwarna bening dan juga tidak bernanah ataupun berdarah kecuali pada wanita yang mengalami menstruasi. Kencing yang bernanah menandakan adanya sesuatu yang tidak beres dengan organ ginjal. Dengan mengonsumsi meniran secara rutin akan mengatasi masalah urin yang bernanah sehingga urin keluar dari dalam tubuh dalam keadaan normal. (Baca juga :manfaat semangka untuk ginjal )

  1. Mengatasi Nephrotic Syndrome pada Ginjal

Nephrotic Syndorme pada ginjal memiliki beberapa gejala seperti pembengkakan pada area  wajah, lengan dan juga perut. Selain itu adanya busa dalam urin. Mengonsumsi daun meniran dapat mengatasi gejala gejala nephrotic syndrome ini. (Baca juga :obat tradisional ginjal kotor )

  1. Mengatasi Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal sangat menganggu fungsi kerja ginjal. Hal ini dikarenakan adanya batu ginjal menghalangi saluran ginjal sehingga ginjal tidak berfungsi secara maksimal. Untuk mengatasi batu ginjal anda dapat mengonsumsi daun meniran secara teratur. Hal ini dikarenakan meniran mengandung zat flavonoid dan juga glikosida flavonoid yang dapat mengatasi berbagai macam penyakit seperti asam urat dan juga batu ginjal. (Baca juga :manfaat peterseli untuk ginjal )

  1. Membersihkan Ginjal

Ginjal yang bersih akan membuat kerja ginjal lebih maksimal. Banyak sekali bahan bahan alami yang dapat membuat ginjal bersih salah satunya adalah daun meniran. Dengan mengonsumsi daun meniran secara teratur akan membuat ginjal semakin bersih dan sehat. (Baca juga :obat tradisional ginjal bocor )

  1. Demam Akibat Penyakit Ginjal

Salah satu ciri ciri penyakit ginjal ialah demam yang tinggi yang dialami oleh penderita penyakit ginjal. Demam yang tinggi membuat tubuh lemah dan lemas dan juga menganggu aktivitas sehari hari. Dengan mengonsumsi meniran maka demam yang diderita perlahan lahan akan menghilang dan tubuh kembali sehat dan bugar kembali untuk beraktivitas. (Baca juga :obat tradisional ginjal bengkak )

Sponsors Link

  1. Membuang Racun Racun dalam Ginjal

Meniran memiliki zat yang mampu membuang racun racun yang berbahaya yang terdapat pada tubuh manusia termasuk juga pada organ ginjal. Racun racun yang terdapat pada ginjal akan membuat ginjal rusak dan juga membuat fungsi ginjal sendiri tidak berjalan dengan optimal. Dengan mengonsumsi air rebusan meniran, ginjal dapat terhindar dari racun racun yang terdapat pada ginjal. (Baca juga :obat tradisional gagal ginjal )

  1. Meningkatkan Volume Urin

Urin seharusnya dikeluarkan dalam kadar yang normal tidak berlebih dan tidak berkurang. Salah satu masalah yang cukup sering terjadi ialah kurangnya volume urin yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Padahal, dengan mengeluarkan urin berarti mengeluarkan racun dalam tubuh manusia pula. Dengan kurangnya volume urin yang dikeluarkan keluar tubuh, maka zat zat beracun akan tertumpuk dalam ginjal dan akan menganggu serta merusak organ ginjal. Dengan mengonsumsi meniran dapat meningkatkan volume air kencing. Hal ini dikarenakan meniran memiliki zat yang mampu meningkatkan volume urin. (Baca juga :obat tradisional batu ginjal )

  1. Mengatasi Nyeri Akibat Penyakit Ginjal

Salah satu ciri ciri dan gejala yang sering dialami oleh para penderita penyakit ginjal ialah nyeri yang sangat kuat di bagian punggung dan juga perut. Hal ini dikarenakan ginjal sendiri berada di bagian bawah punggung belakang kanan dan kiri tubuh. Untuk mengatasi nyeri ini anda dapat mengonsumsi meniran. Hal ini dikarenakan meniran mengandung flavonoid dan benzenoid. Kedua senyawa ini mampu menghilangkan rasa nyeri yang dialami oleh penderita penyakit ginjal. (Baca juga :manfaat kunyit untuk ginjal )

ads
  1. Melancarkan Peredaran Darah

Peredaran darah yang lancar akan membuat organ organ tubuh manusia mendapat oksigen yang cukup sehingga membuat kondisi organ organ tersebut semakin membaik. Ginjal yang mendapatkan oksigen yang cukup akan bekerja secara optimal dan maksimal. (Baca juga :manfaat petai untuk ginjal )

  1. Mengatasi HIV

HIV adalah penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Ketika tubuh mengalami HIV maka sistem kekebalan tubuh akan terus menurun. Bahkan HIV dapat mengakibatkan kegagalan ginjal akibat infeksi HIV pada sel ginjal. Mengonsumsi meniran pada penderita ginjal akan menghambat  perkembangan virus HIV sehingga menjaga kesehatan ginjal. (Baca juga :infeksi ginjal pada anak )

  1. Mengontrol sistem kerja imun

Kita seringkali tidak memerhatikan kesehatan tubuh kita karena sibuk beraktivitas dan juga bekerja bahkan sampai lupa untuk sekedar makan dan beristirahat. Dengan tidak memerhatikan makanan dan juga kurang beristirahat akan menyebabkan sistem imunitas bekerja lebih keras untuk menghalang bakteri bakteri dan virus yang akan menyerang tubuh termasuk menyerang ginjal. Untuk anda yang sibuk dan jarang memerhatikan waktu makan anda dan tidak memiliki waktu untuk berisitirahat yang cukup, anda dapat mengonsumsi air rebusan meniran untuk membuat diri anda tidak mudah terserang berbagai penyakit. Hal ini dikarenakan meniran memiliki zat yang dapat mengontrol kerja sistem imunitas tubuh, apabila sistem imun bekerja terlalu keras maka zat yang ada pada meniran akan mampu mengonrol dengan menurunkan kinerjanya. (Baca juga :cara mengobati ginjal daun sirsak )

  1. Mengatasi Masalah Hipertensi

Manfaat meniran untuk ginjal ialah mengatasi penyakit hipertensi yang akan menyebabkan penyakit ginjal. Hipertensi adalah kondisi dimana tekanan darah manusia berada jauh diatas batas normal. Hipertensi juga dapat berisiko untuk menimbulkan penyakit lain. Salah satu penyebab terjadinya berbagai penyakit ginjal ialah penyakit tekanan darah tinggi ini. Namun, anda jangan khawatir meniran sudah diteliti di India pada tahun 1995 sebagai salah satu tanaman yang efektif untuk mengatasi masalah hipertensi. Hasilnya pun sangat signifikan, dimana tekanan darah akan kembali ke tekanan darah yang normal dan sehat. (Baca juga :cara mengobati ginjal mengecil )

  1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Manusia

Sistem kekebalan tubuh yang kuat akan membuat kesehatan organ organ tubuh termasuk kesehatan organ ginjal terjaga dari serangan serangan bakteri dan virus yang akan membuat infeksi ginjal. Dengan mengonsumsi daun meniran akan mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh manusia karena meniran mengandung zat yang akan merangsang kerja sistem kekebalan tubuh manusia. (Baca juga :minuman pembersih ginjal )

  1. Mengatasi Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit yang menyerang organ hati. Organ hati dan ginjal sendiri hubungannya sangat erat sekali. Salah satu fungsi yang sama yang dimiliki oleh kedua organ ini ialah menjaga peredaran darah. Apabila organ hati rusak maka akan menganggu fungsi ginjal dan begitu pula sebaliknya. Menjaga kesehatan hati berarti pula menjaga kesehatan ginjal. Penyakit hepatitis dapat di atasi dengan mengonsumsi daun meniran. Anda bisa mengonsumsi air rebusan meniran untuk mengatasi hepatitis.  Karena daun ini dapat mengeluarkan racun racun yang mengendap di dalam hati. (Baca juga :cara mengobati ginjal kotor )

  1. Sebagai Immunomodulator

Manfaat daun meniran untuk ginjal yang selanjutnya ialah sebagai immunomodulator. Immunomodulator dapat membantu membuat tubuh lebih aktif dalam sistem metabolisme. Dengan mengonsumsi daun meniran maka kekebalan tubuh akan semakin meningkat dan mencegah datangnya bakteri bakteri dan virus yang akan menyerang tubuh termasuk menyerang ginjal. (Baca juga : penyebab cuci darah)

  1. Menjaga Keseimbangan Kimia dalam Tubuh

Meniran mengandung zat yang dapat menghalagi zat asam elagic yang dapat membuat ketidaseimbangan zat kimiawi dalam tubuh manusia. Manusia sendiri memiliki berbagai jenis saraf dan zat kimiawi dalam tubuh. Ketidakseimbangan kadangkala terjadi dalam tubuh manusia, apabila terjadi ketidakseimbangan dalam tubuh akan menyebabkan sistem metobolisme dalam tubuh tidak bekerja sesuai dengan fungsinya. Hal ini yang menyebabkan tubuh rentan terkena penyakit termasuk menyerang ginjal dan menyebabkan pernyakit ginjal. (Baca juga :efek samping cuci darah )

  1. Mengatasi Masalah Diabetes

Salah satu penyakit yang cukup sering terjadi ialah penyakit diabetes. Diabetes adalah suatu keadaan dimana kadar gula dalam darah tinggi. Diabetes bahkan bisa menyebabkan terjadinya berbagai penyakit lain dan juga dapat menyebabkan kematian apabila tidak diobati dan diperhatikan. Salah satu penyakit yang dapat timbul akibat diabetes ialah penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan kadar gula dalam darah tinggi sehingga ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya dengan maksimal. Anda dapat mengatasi masalah diabetes ini dengan menggunakan daun meniran. Hal ini dikarenakan meniran mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh secara signifikan.  (Baca juga :penyebab gagal ginjal pada anak )

  1. Dapat menggantikan kinerja sistem imun

Sistem imunitas yang kuat sangat berguna bagi tubuh manusia karena dapat menghambat bakteri bakteri yang akan masuk dan menyerang tubuh manusia termasuk menyerang ginjal. Namun, sistem imunitas kadangkala bekerja terlalu keras dan kemampuannya menurun. Dengan mengonsumsi air rebusan meniran secara rutin akan mampu mengatasi masalah ini. Hal ini dikarenakan meniran mengandung zat flavonoid yang dapat mengirimkan sinyal sinyal yang membantu manusia kembali pada kinerjanya yang hilang. (Baca juga :kelainan pada ginjal dan penyebabnya )

Sponsors Link

  1. Mengurangi Risiko Tubuh Terserang Virus dan Mikroba Jahat

Mengonsumsi meniran memang baik untuk tubuh terutama untuk sistem kekebalan tubuh. Bakteri, virus dan mikroba jahat dapat dengan mudah masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit termasuk penyakit ginjal. Dengan mengonsumsi daun meniran secara rutin maka virus, bakteri dan mikroba jahat akan kesulitan untuk masuk dan menyerang tubuh sehingga tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

  1. Menurunkan Kolestrol

Kolestrol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai macam penyakit termasuk penyakit ginjal. Dengan mengonsumsi meniran maka dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh dan kesehatan ginjal dapat terjaga.

  1. Mengatasi Asam Urat

Asam urat dapat meningkatkan risiko  terkena penyakit ginjal. Meniran dapat  membantu mengatasi masalah asam urat sehingga menurunkan risiko penyakit ginjal. Meniran mengandung flavonoid dan juga glikosida flavonoid yang dapat mengobati penyakit asam urat.

  1. Anti bakteri

Meniran dapat berfungsi sebagai anti bakteri. Dengan kandungan zat zat di dalamnya, meniran mampu menghalang bakteri yang akan menyerang organ organ penting manusia seperti menyerang ginjal dan juga organ penting lainnya.

  1. Sebagai Obat Peluruh Seni

Meniran mampu meluruhkan seni sehingga seni dapat lancar dikeluarkan dari dalam tubuh. Zat zat dalam meniran mampu meluruhkan seni sehingga kondisi ginjal terus tetap sehat.

Cara mengonsumsi meniran ialah dengan merebusnya

  • Siapkan daun meniran yang sudah dibersihkan
  • Rebus daun meniran hingga airnya tinggal setengah
  • Setelah itu minum air rebusannya secara rutin

Itulah Manfaat Meniran untuk Ginjal, dengan mengonsumsi meniran secara rutin akan membantu menjaga kesehatan ginjal tetap sehat.

Sponsors Link
>
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal