Sponsors Link

Manfaat Madu untuk Ginjal yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Madu adalah salah satu bahan herbal alami yang didapatkan langsung dari aktivitas lebah. Madu merupakan bahan yang dipercaya memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. selain itu, karena madu ini memiliki rasa yang manis, semakin banyak orang yang memanfaatkannya dengan mengonsumsinya atau membuat ramuan tradisional dengan memanfaatkan madu. Madu juga tentunya memiliki manfaat untuk ginjal. Apa saja manfaat madu untuk ginjal dan Kelainan Ginjal? Berikut beberapa penjelasannya.

ads
  1. Mencegah pendarahan pada radang ginjal

Salah satu manfaat madu untuk kesehatan ginjal adalah mampu mencegah munculnya efek pendarahan pada Penyakit Radang Ginjal. Hal ini diperkuat dengan adanya penelitian yang dilakukan pada tikus putih yang mengalami radang ginjal. Tikus putih diberikan madu dengan dosis tertentu dan diberikan secara oral (dikonsumsi langsung). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tikus putih yang diberikan madu dengan dosis 2 cc memiliki tingkat kerusakan ginjal yang lebih buruk jika dibandingan dengan tikus putih dengan madu 3 cc.

Dari penelitian di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa madu bisa memberikan efek perlindungan dari kerusakan jaringan di dalam ginjal, yaitu di bagian tubulus proksimalnya. Efek protektif ini juga pasti akan berdampak baik bagi pasien radang ginjal agar bisa mencegah adanya komplikasi dari penyakit tersebut.

  1. Mencegah ginjal dari kerusakan parah

Manfaat madu untuk ginjal lainnya adalah sebagai salah satu Cara Mengobati Ginjal Rusak dan mampu mencegah ginjal dari kerusakan yang parah. Bahkan ada pasien gagal ginjal kronis yang sudah tidak lagi membutuhkan cuci darah rutin karena mengonsumsi madu propolis. Hal ini juga diperkuat dengan adanya penelitian yang dilakukan di Taipei yang meneliti sejumlah tikus dnegan gagal ginjal akut. Tikus yang diberikan madu propolis ternyata berhasil mendapatkan perlindungan yang lebih baik pada ginjal daripada tikus yang tidak diberi propolis.

Hal ini disebabkan propolis mengandung flavonoid dan juga polifenol yang aktif untuk melindungi tubuh dari kerusakan dan radikal bebas. Sehingga organ ginjal juga akan mengalami efek yang positif karena regenerasi sel pada tubuh bisa dilakukan secara lebih optimal.

  1. Membantu mengatasi batu ginjal

Batu Ginjal merupakan kristal yang tercipta dari zat sisa metabolisme yang mengendap dan mengeras. Jenis batu ginjal ini ada beragam, sesuai dengan senyawa yang membentuknya. Batu ginjal ini bisa menyebabkan rasa sakit dan gangguan sistem perkemihan. Dan ternyata, madu juga bisa membantu mengatasi hal ini. Madu dipercaya bisa membantu mengeluarkan batu ginjal. Untuk itu, madu bisa dikonsumsi bersama bahan herbal lainnya yang juga memiliki manfaat serua, seperti:

  • Madu dan daun kemangi

Selain madu, daun kemangi dbisa menjadi tonik untuk ginjal dan bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Kemangi bisa juga membantu mengatasi batu ginjal. Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampur sesendok teh jus kemangi dengan madu. Konsumsi ramuan sederhana tersebut secara rutin. Atau bisa juga dengan membuat teh kemangi (air rebusan kemangi) yang dicampur dengan madu.

Sponsors Link

  • Madu dan cuka sari apel

Cuka sari apel bisa membantu mengikis batu ginjal agar ukurannya menjadi lebih kecil karena memang merupakan salah satu Makanan Penghancur Batu Ginjal. Hal ini karena sifat asam pada cuka sari apel yang bisa mengubah pH urine sehingga batu ginjal bisa menjadi lebih kecil. Cara mengonsumsinya adalah dengan mencampur 2 sendok cuka sari apel dengan 1 sendok madu dan diseduh di 1 cangkir air hangat.

Sponsors Link

  1. Sumber antioksidan alami

Antioksidan alami tentu sangat dibutuhkan. Tujuannya adalah untuk melindungi organ di dalam tubuh dari kerusakan, termasuk ginjal. Selain itu, radikal bebas juga merupakan salah satu faktor risiko dimana gagal ginjal terjadi. Dengan mengonsumsi madu yang memiliki berbagai zat yang bermanfaat dan juga mengandung antioksidan, tentu saja ginjal akan mendapatkan manfaat yang baik, yaitu mencegah dari kerusakan, membantu regenerasi sel yang bisa memperbaiki organ ginjal, serta mengurangi efek buruk dari radikal bebas pada ginjal.

Itulah beberapa manfaat madu untuk ginjal yang perlu diketahui. Dari beberapa manfaat di atas, tentu Anda bisa mulai memikirkan untuk mengonsumsi madu secara rutin setiap hari dengan porsi atau dosis yang pas. Untuk manusia sehat, mengonsumsi madu tentunya bisa membantu mencegah dari berbagai penyakit. Untuk orang yang mengalami gangguan ginjal, madu akan membantu memulihkan dengan senyawa yang ada di dalamnya.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat madu untuk ginjal dan cara mengonsumsinya. Semoga bermanfaat. Jaga selalu kesehatan Anda dengan gaya hidup sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal