Sponsors Link

7 Manfaat Madu Hitam Untuk Ginjal yang Jarang Diketahui

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh manusia yang memiliki peranan yang sangat penting. Fungsi utama ginjal bagi tubuh manusia adalah sebagai filter penyaring racun yang berbahaya bagi tubuh. Karena itu menjaga kesehatan ginjal menjadi sangat penting untuk dilakukan. Memelihara kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan berbagai cara. Diantaranya adalah mengkonsumsi makanan-makanan yang menyehatkan untuk ginjal. Makanan-makanan yang berkhasiat untuk ginjal misalnya buah lemon yang termasuk buah buahan pengahancur batu ginjal, paprika merah sebagai makanan untuk penderita gagal ginjal kronis, buah cranberi yang termasuk buah untuk batu ginjal. Selain buah-buah tersebut, makanan lainnya yang memiliki banyak khasiat untuk ginjal adalah madu hitam. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai manfaat madu hitam untuk ginjal.

ads

Apa Saja Manfaat Madu Hitam Untuk Ginjal?

Madu sudah dipercaya sejak zaman dahulu untuk menyembuhkan luka. Saat ini madu juga digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka pada hewan. Selain itu madu juga memiliki manfaat lain terkait kesehatan ginjal yaitu:

1. Meningkatkan Sistem Imun

Madu banyak mengandung vitamin, enzim dan mineral yang dapat melindungi tubuh dari pertumbuhan bakteri serta dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Pada pasien gagal ginjal kronis, madu juga dapat berperan dalam menghilangkan rasa lelah pada pasien, mencegah terjadinya infeksi serta melindungi fungsi ginjal kiri.

2. Menambah Energi

Pasien penyakit ginjal seringkali merasa lemas dan lelah karena penyakitnya. Mereka dapat mengkonsumsi madu, karena madu dapat menjadi sumber energi yang alami bagi tubuh.

3. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Madu mengandung flavonoid dan antioksidan yang dapat mengurangi resiko kanker dan penyakit jantung. Baik kanker maupun penyakit jantung dapat memperparah penyakit ginjal. Sehingga pasien penyakit ginjal dapat mengkonsumsi madu untuk mengurangi resikonya.

4. Mendukung Pembentukkan Darah

Salah satu fungsi madu adalah membersihkan darah dan memperlancar peredaran darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke dalam ginjal. Peredaran darah yang lancar berpengaruh terhadap peningkatan kesehatan ginjal.

5. Mengatur Gula Darah

Madu dapat menjadi alternatif pilihan dari gula pemanis buatan yang biasa dikonsumsi masyarakat. Kandungan fruktosa dan glukosa yang ada di dalam madu tidak sama dengan yang ada di dalam gula pemanis buatan. Mengkonsumsi madu juga aman dari diabetes karena resikonya tidak sebesar gula pemanis buatan. Hubungan diabetes dengan gagal ginjal kronik terjadi karena gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah.

Sponsors Link

6. Merangsang Nafsu Makan

Manfaat madu hitam untuk ginjal lainnya adalah dapat merangsang nafsu makan. Pasien gagal ginjal kronis biasanya kehilangan nafsu makan karena penumpukkan racun di dalam tubuhnya. Mengkonsumsi madu dapat membantu meningkatkan nafsu makan mereka.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Pasien penderita gagal ginjal kronis terkadang memiliki masalah tidur karena penyakitnya itu. Meminum segelas madu dapat membantunya untuk tidur dengan nyenyak.

Sponsors Link

Cara Terbaik Mengkonsumsi Madu Hitam

Cara terbaik untuk mengkonsumsi madu hitam adalah dengan tidak memasaknya, karena kandungan yang ada pada madu hitam bisa rusak jika dimasak. Selain itu, madu juga tidak boleh disimpan di tempat yang panas. Jika Anda senang meminum teh atau kopi, tunggulah hingga kopi atau teh  Anda menjadi hangat, cukup hangat untuk dapat diseruput, baru tambahkan madu setelahnya. Madu juga dapat dikonsumsi dengan cara ditaburkan pada roti, salad dan smoothie.

Itulah manfaat madu hitam untuk ginjal yang jarang diketahui orang. Madu dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh, diantaranya adalah menambah energi, mencegah kanker dan sebagai alternatif gula untuk menghindari diabetes. Madu dapat dikonsumsi dengan makanan atau minuman lainnya seperti teh dan roti. Namun jangan mencampurkan madu dengan makanan yang dihindari penderita batu ginjal.

Sponsors Link
>
, , ,