Sponsors Link

Manfaat Lobak untuk Batu Ginjal yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Ada beberapa jenis buah dan sayuran yang bisa dikonsumsi manusia untuk memberikan manfaat tertentu bagi tubuh. Salah satunya untuk kesehatan organ ginjal. Ginjal itu sendiri memang perlu dijaga kesehatannya agar metabolisme pada tubuh tetap berjalan maksimal. Jika ginjal terganggu, maka bisa jadi muncul berbagai gangguan pada tubuh, karena limbah tidak bisa dibuang secara sempurna. Selain itu, gangguan penyakit ginjal lainnya juga bisa terjadi, seperti Batu Ginjal. Dan salah satu jenis sayuran yang dinilai memiliki manfaat untuk organ ginjal adalah lobak, terutama untuk masalah batu ginjal. Lalu apa saja manfaat lobak untuk batu ginjal? Simak penjelasan berikut ini.

ads

Manfaat Lobak untuk Mengatasi Batu Ginjal

Lobak adalah jenis sayuran mirip wortel namun berwarna putih. Sayur ini mudah ditemui di Indonesia dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan. Sayur ini dipercaya dapat membantu mengatasi batu ginjal dan merupakan salah satu Sayur yang Aman untuk Penderita Batu Ginjal.

  1. Membantu menurunkan asam urat

Seperti yang diketahui bersama, asam urat adalah salah satu Penyebab Batu Ginjal pada Wanita dan juga pria. Kondisi ini tentunya tidak hanya meningkatkan risiko batu ginjal saja, melainkan juga meningkatkan berbagai permasalahan pada persendian, seperti rasa nyeri dan juga pembengkakan.

Ternyata salah satu manfaat lobak untuk batu ginjal adalah menurunkan asam urat, sehingga dapat memninimalisir pembentukan kristal batu ginjal dari endapan asam urat berlebihan pada tubuh. Jika Anda memiliki asam urat berlebihan pada tubuh, mengonsumsi lobak secara sehat dapat mencegah batu ginjal akibat asam urat.

  1. Mencegah pembentukan batu ginjal

Selain menurunkan asam urat, manfaat lain dari lobak putih untuk batu ginjal adalah bisa mencegah pembentukan batu ginjal. Hal ini disebabkan karena lobak putih mengandung potassium yang baik untuk mengatur kadar kalsium yang larut di dalam urine. Hal inilah yang bisa mencegah pembentukan kristal-kristal batu ginjal, terutama yang disebabkan oleh penumpukan kalsium.

  1. Membersihkan saluran kemih

Selain bermanfaat sebagai Sayuran Pembersih Ginjal dari batu ginjal, manfaat lobak untuk batu ginjal lainnya juga bisa dirasakan bagi organ lain di saluran kemih, seperti kandung kemih. Selain itu, manfaat ini juga dapat meningkatkan keseluruhan dari kesehatan tubuh, karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga metabolisme menjadi lebih lancar. Penyebabnya adalah karena lobak mengandung diuretik alami dari flavonoid, sehingga dapat meningkatkan volume urine dan merupakan salah satu alternatif untuk membersihkan saluran kemih.

  1. Membantu meluruhkan batu ginjal

Manfaat lobak untuk batu ginjal yang utama adalah dapat dijadikan salah satu alternatif pengobatan untuk meluruhkan batu ginjal. Mengonsumsi lobak putih secara teratur ternyata bisa membantu menghilangkan batu ginjal sehingga ukuran batu ginjal yang kecil bisa dikeluarkan dari urine. Maka dari itu, mengonsumsi jus lobak secara teratur sangat direkomendasikan untuk pasien batu ginjal agar segera pulih.

Sponsors Link

  1. M,encegah batu ginjal kambuh kembali

Bukan hanya mengobati batu ginjal saja, Anda yang baru saja pulih dari batu ginjal juga tetap bisa mengonsumsi lobak untuk tujuan mencegah penyakit tersebut kambuh kembali. Apalagi untuk Anda yang memiliki permasalahan atau risiko tinggi batu ginjal, seperti Anda yang menderita asam urat atau memiliki permasalahan dengan kalsium yang berlebihan pada urine.

Itulah beberapa manfaat lobak untuk batu ginjal yang perlu diketahui.

Sponsors Link

Cara Mengonsumsi Lobak untuk Batu Ginjal

Adapaun cara mengonsumsi lobak yang bertujuan untuk menyembuhkan batu ginjal antara lain sebagai berikut.

  • Cara 1

Siapkan lobak putih 1 batang, lalu cuci bersih. Parut atau haluskan. Kemudian tambahkan air matang yang dingin ke dalam parytan tersebut. Ambil dan peras. Konsumsi air perasan lobak putih tersebut selama 2 kali dalam seharu. Lakukan setiap hari hingga terasa gejala batu ginjal hilang. Jika memang ukuran batu ginjal masih dapat dikeluarkan, maka batu ginjal bisa jadi keluar bersama urine.

  • Cara 2

Siapkan lobak putih 1 batang lalu diblender atau dihaluskan bersama segelas air hangat. Setelah selesai, saring dan ambil sari-sarinya saja. Konsumsi air lobak tersebut. Untuk mendapatkan hasil terbaik, konsumsi Menu Makanan untuk Penderita Batu Ginjal ini setiap pagi sebelum makan dan konsumsi di malam hari menjelang tidur.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai manfaat lobak untuk batu ginjal dan beberapa cara mengonsumsinya yang bisa dilakukan untuk penyembuhan batu ginjal. Semoga artikel ini bermanfaat. Tetap jaga kesehatan ginjal dengan pencegahan dari berbagai macam penyakit.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman