Sponsors Link

Manfaat Lemon untuk Batu Ginjal dan Cara Mengonsumsinya

Sponsors Link

Ginjal dan saluran kemih yang sehat tentunya akan membuat metabolisme menjadi lancar dan tubuh bebas dari berbagai penyakit ginjal. Namun sering kali gaya hidup yang salah bisa menyebabkan tubuh terganggu, termasuk organ-organ di saluran kemih. Dan salah satu penyakit ginjal yang sering terjadi adalah batu ginjal. Batu ginjal terjadi jika ada endapan kristal tertentu yang menyumbat saluran kemih. Dan seringkali endapan kristal tersebut adalah jenis kalsium oksalat.

ads

Manfaat Lemon bagi Batu Ginjal

Beberapa informasi menyebutkan bahwa untuk mengatasinya, ada beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi. Salah satunya adalah lemon yang juga dipercaya sebagai Buah yang Menyehatkan Ginjal. Apakah benar ada manfaat lemon untuk batu ginjal, dan apa saja penyebabnya? Berikut beberapa penjelasannya.

  1. Mencegah batu ginjal

Salah satu manfaat buah lemon untuk batu ginjal yang paling utama adalah pencegahan dari batu ginjal. Seperti yang disebutkan di atas, jenis batu ginjal yang paling banyak terjadi adalah jenis kalsium oksalat. Kalsium oksalat ini terbentuk dari reaksi kimia kalsium dan oksalat di dalam tubuh. Kalsium ini sendiri masuk ke dalam tubuh karena makanan tinggi kalsium. Jika kalsium bereaksi dengan oksalat, maka kemungkinan tinggi seseorang mengalami batu ginjal jenis kalsium oksalat.

Dan salah satu pencegahan Batu Ginjal yang dapat dilakukan secara alami adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung asam sitrat. Salah satunya adalah lemon. Asam sitrat di dalam urine ini adapat menghalangi reaksi antara kalsium dan oksalat serta fosfat. Hal ini disebabkan karena ikatan kalsium dengan sitrat akan lebih mudah larut. Sehingga mengonsumsi lemon bisa membantu mencegah pembentukan batu ginjal jenis kalsium oksalat tersebut. Namun sejauh ini belum ada penelitian yang menyebutkan sejauh mana efektifitas dari konsumsi lemon untuk masalah ini.

  1. Diuretik alami

Manfaat lemon untuk batu ginjal lainnya adalah sebagai diuretik alami. Lemon adalah buah yang rendah glukosa dan juga merupakan salah satu Obat Tradisional Batu Ginjal. Selain itu, buah yang satu ini mengandung rasa asam dari asam sitrat yang dikandungnya. Ternyata buah ini juga memiliki daya diuretik yang baik. Diuretik alami ini tentunya juga baik untuk bisa membantu mengeluarkan lebih banyak urine, sehingga dapat dijadikan alternatif buah yang baik bagi pasien yang membutuhkan diuretik alami.

  1. Alternatif pengobatan selain hydroxycitrate

Pasien batu ginjal mungkin sudah pernah mendengar istilah hydroxycitrate atau HCA. HCA ini adalah salah satu pengobatan untuk batu ginjal yaitu untuk membantu menghancurkan batu ginjal pada tubuh agar lebih mudah dihancurkan. Namun kabarnya HCA ini terbilang cukup mahal. Peneliti dari University of Houston mengatakan bahwa senyawa HCA ini dapat digantikan dengan makanan-makanan yang mengandung asam sitrat. Dan salah satunya adalah lemon. Dengan demikian, lemon bisa dijadikan pengobatan alternatif untuk batu ginjal selain HCA karena merupakan Buah Buahan Penghancur Batu Ginjal.

Itulah beberapa manfaat lemon untuk batu ginjal yang bisa didapatkan. Akan tetapi perlu diingat bahwa lemon adalah salah satu buah yang tidak cocok untuk penderita penyakit lambung karena bisa menyebabkan asam lambung naik. Maka dari itu perlu untuk bijak dalam mengonsumsinya.

Sponsors Link

Cara Mengonsumsi Lemon

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengonsumsi lemon sebagai salah satu bahan pengobatan alternatif dari Penyakit Batu Ginjal. Berikut beberapa cara yang dimaksud.

  1. Jus lemon

Salah satu cara untuk mendapatkan manfaat lemon untuk batu ginjal adalah dengan mengonsumsi jus lemon. Caranya adalah dengan memeras air perasan lemon dan mencampurkan dengan sejumlah air. Jus ini bisa dikonsumsi secara sehat.

Sponsors Link

  1. Infused water

Cara lainnya adalah dengan membuat infused water. Siapkan satu botol air, lalu masukkan beberapa irisan buah lemon segar. Air tersebut akan menjadi infused water yang sehat dan bisa dikonsumsi secara sehat. Air itu juga bisa dibawa kemana-mana sebagai bekal yang sehat.

  1. Lemon dan minyak zaitun

Minyak zaitun sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya. Minyak zaitun ternyata juga bisa dijadikan bahan pelengkap untuk mengonsumsi lemon yang ditujukan untuk pengobatan batu ginjal. Caranya adalah dengan mencampur jus lemon dengan beberapa minyak zaitun.

Itulah beberapa cara mengonsumsi lemon yang bisa dilakukan. Ingat selalu bahwa cara ini hanya cara alternatif. Dengan demikian, pengobatan medis tetap perlu dilakukan. Apalagi untuk kasus batu ginjal yang parah atau yang ukurannya sudah besar. Tetap konsumsi air putih yang cukup juga untuk membantu mendorong batu ginjal agar bisa keluar bersama urine.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat lemon untuk batu ginjal. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan