Sponsors Link

15 Manfaat Kunyit untuk Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Kunyit seringkali digunakan sebagai penyedap rasa masakan masakan khas Indonesia. Selai itu kunyit adalah salah satu bahan dapur khas Indonesia yang bermanfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan. Kunyit sering digunakan sebagai bahan alami produk produk kecantikan yang dapat memutihkan kulit. Dan untuk kesehatan kunyit dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit mulai dari demam, flu, batuk, diare hingga penyakit mematikan seperti jantung dan juga penyakit ginjal. Hal ini disebabkan kunyit mengandung senyawa senyawa yang penting.

ads

Kandungan Senyawa Pada Kunyit

  • Minyak Asiri
  • Minyak esensial
  • Kandungan pati
  • Resin
  • Selulosa
  • Kurkumi
  • Desmotoksikurkumin
  • Dan kandungan lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh

Manfaat Kunyit untuk Ginjal

  1. Mempercepat Pemulihan Penyakit Ginjal

Kunyit mengandung bahan aktif yang disebut kurkumin. Kurkumin ini bersifat agen anti bakteri, anti inflamasi dan juga anti jamur. Dengan sifat kunyit yang satu ini, kunyit dapat membantu proses pemulihan penyakit ginjal. Anda bisa mengonsumsi kunyit dengan menjadikannya bubuk kunyit atau dengan mencampurkan kunyit dengan makanan lain. (Baca juga : manfaat petai untuk ginjal )

  1. Membersihkan ginjal

Manfaat kunyit untuk ginjal ialah untuk membersihkan ginjal. Hal ini dikarenakan kunyit mengandung antiseptik dan juga anti inflamasi alami yang dapat membantu menjaga ginjal dari masalah peradangan dan juga berbagai masalah ginjal lainya. Kunyit bisa dikonsumsi dengan makanan lain atau bisa juga dibuat menjadi susu kunyit, mengonsumsi kunyit secara rutin dapat membantu membersihkan ginjal. (Baca juga :infeksi ginjal pada anak )

  1. Memilki Antioksidan yang Tinggi

Kunyit mengandung kurkumin yang merupakan salah satu antioksidan yang kuat dan mampu menetralkan radikal bebas dengan struktur kimia yang dimilikinya. Kurkumin juga dapat membantu meningkatkan aktivitas enzim antioksidan di dalam tubuh. Dengan antioksidan yang tinggi, maka tubuh akan mampu melawan radikal bebas dan juga bakteri bakteri yang akan menyerang tubuh. Bakteri bakteri dan virus yang mengenai organ tubuh akan membuat kerusakan pada organ tubuh dan akan menimbulkan berbagai penyakit. Apabila bakteri menyerang ginjal, maka fungsi ginjal akan menurun. Mengonsumsi susu kunyit dapat membantu meningkatkan antioksidan. (Baca juga : cara mengobati ginjal daun sirsak )

  1. Mencegah Kanker Ginjal

Kanker adalah penyakit mematikan, dan sayangnya hingga saat ini belum ada obat yang mampu menghilangkan sel sel kanker secara menyeluruh. Mengonsumsi kunyit dapat membantu menghancurkan sel sel kanker sehingga sel sel kanker tidak menyebar ke bagian organ tubuh lainnya termasuk ginjal. Cara mengonsumsi kunyit adalah dengan mencampurkan air hangat dengan bubuk kunyit lalu minum setiap hari untuk merasakan manfaat kunyit secara maksimal. (Baca juga :cara mengobati ginjal mengecil )

  1. Mencegah Peradangan

Pada kunyit terdapat kandungan minyak volatile yang menunjukan aktivitas anti inflamasi. Anti inflamasi pada kunyit cukup tinggi, hal ini dikarenakan pigmen kuning pada kunyit yang disebut kurkumin. Dengan kurkumin ini kunyit dapat mencegah peradangan yang terjadi pada ginjal. Peradangan yang terjadi pada ginjal akan menghambat fungsi ginjal, oleh karena itu konsumsi kunyit setiap hari untuk menjaga fungsi ginjal dalam keadaan yang baik. (Baca juga :minuman pembersih ginjal )

Sponsors Link

  1. Menurunkan Kadar Kolestrol

Manfaat kunyit untuk ginjal ialah menurunkan kadar kolestrol. Senyawa kurkumin pada kunyit dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam plasma darah serta meningkatkan kolestrol baik yang dibutuhkan tubuh. Kolestrol jahat pada tubuh adalah salah satu penyebab terjadinya berbagai penyakit lainnya termasuk penyakit ginjal. Oleh karena itu kita harus menjaga kadar kolestrol agar dalam kondisi normal. Kunyit dapat membantu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Konsumsi air kunyit setiap hari agar kadar kolestrol dalam keadaan normal. (Baca juga :cara mengobati ginjal kotor )

  1. Mencegah diabetes

Diabetes atau penyakit kencing manis adalah salah satu penyakit yang sering dijumpai pada manusia modern saat ini. Hal ini dikarenakan banyak orang yang tidak memerhatikan makanan yang dikonsumsi dan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis. Diabetes adalah penyakit dimana kadar gula dalam tubuh terlalu tinggi, kadar gula yang terlalu tinggi ini dapat menyebabkan fungsi ginjal menjadi menurun dan akan menyebabkan urin keluar bersama gula. Kurkumin dapat mengatur kadar gula dalam darah menjadi normal. Mengonsumsi kunyit secara rutin dapat menjaga sensitivitas insulin dan mencegah penyakit diabetes. (Baca juga :penyebab cuci darah )

ads
  1. Membantu menurunkan berat badan

Memiliki berat badan yang ideal selain baik untuk menunjang penampilan baik pula untuk kesehatan tubuh. Berat badan yang berlebih akan membuat tubuh lebih mudah terserang berbagai penyakit. Kunyit dapat membantu melangsikan tubuh dan juga mempertahankan berat badan tubuh agar tetap dalam kondisi yang ideal. Obesitas dapat menyebabkan berbagai penyakit ginjal yang mematikan, mengonsumsi air kunyit setiap hari dapat mencegah obesitas dan mencegah berbagai penyakit ginjal mematikan. (Baca juga :efek samping cuci darah )

  1. Memperlancar peredaran darah

Manfaat kunyit untuk ginjal ialah membantu pelancaran peredaran darah. Darah yang peredarannya lancar akan membuat fugsi ginjal lebih baik sehingga pembersihan darah tidak tersendat. Peredaran darah yang lancar membuat ginjal menerima oksigen yang baik dan fungsi ginjal tetap optimal. (Baca juga :penyebab gagal ginjal pada anak )

  1. Menurunkan Hipertensi

Kandungan kurkumin pada kunyit memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah menurunkan hipertensi. Kunyit mengatur aktivitas reseptor angiotensin dan mencegah konstriksi pembuluh darah.  Hipertensi seperti diketahui dapat menyebabkan berbagai penyakit ginjal. Mengonsumsi kunyit secara rutin dapat menurukan tekanan darah dalam darah manusia. (Baca juga :kelainan pada ginjal dan penyebabnya )

  1. Mencegah Anemia

Kunyit dapat membantu mencegah anemia karena kunyit mengandung zat besi yang tinggi. Anemia terjadi karena kurangnya zat besi dalam tubuh, zat besi sendiri adalah komponen yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah. Anemia dapat menyebabkan penyakit ginjal, hal ini dikarenakan ginjal tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Mengonsumsi kunyit baik dicampur dengan makanan atau diolah menjadi minuman dapat mencegah terjadinya anemia dan mencegah berbagai penyakit ginjal. (Baca juga :sayuran ginjal bocor )

  1. Meningkatkan Sistem Imunitas Tubuh

Kunyit ternyata memiliki vitamin C yang tinggi. Kunyit mengandung 23,9 mg vitamin C. Vitamin C ini merupakan antioksidan yang kuat dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menangkal efek radikal bebas. Dengan sistem imunitas tubuh yang kuat maka akan membuat tubuh terhindar dari berbagai macam bakteri yang akan membuat fungsi kerja ginjal menurun. Fungsi ginjal yang menurun akan membuat berbagai macam penyakit. Mengonsumsi kunyit akan membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. (Baca juga :khasiat buah sukun untuk ginjal )

  1. Mengandung Mineral

Kunyit mengandung zat zat mineral yang tinggi. Mineral dibutuhkan tubuh untuk membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah dan juga pembentukan sel darah merah. Dengan asupan mineral yang mencukupi, fungsi kerja ginjal juga akan terjaga dalam kondisi yang prima. Mengonsumsi kunyit secara rutin akan membantu menjaga fungsi ginjal. (Baca juga :makanan untuk penderita kista ginjal )

  1. Mengandung Vitamin B kompleks

Kunyit memang banyak mengandung zat zat yang sangat baik untuk tubuh dan juga kesehatan tubuh. Salah satunya ialah Vitamin B kompleks. Kunyit mengandung 1,80 mg vitamin B atau setara 138 % dari kebutuhan tubuh harian manusia. Vitamin B dapat membantu memulihkan kerusakan ginjal yang disebabkan oleh diabetes tipe 2. Dengan mengonsumsi kunyit, maka akan membantu kerusakan ginjal. (Baca juga :makanan sehat untuk ginjal )

Sponsors Link

  1. Menetralkan Racun

Racun yang terdapat pada tubuh manusia akan menyebabkan berbagai penyakit dan merukan berbagai organ penting dalam tubuh manusia. Kunyit dapat menetralkan racun yang akan merusak dan menganggu fungsi ginjal itu sendiri. Dengan mengonsumsi kunyit akan membantu menetralkan racun dalam tubuh dan juga menghidari berbagai penyakit ginjal. (Baca juga :ciri ciri gagal ginjal awal )

Untuk mengonsumsi kunyit dan merasakan manfaatnya maka kita dapat mengolah kunyit sehingga lebih mudah dan nikmat untuk dikonsumsi.  Inilah cara mengolah kunyit dengan mudah.

  • Siapkan 3 ruas kunyit yang segar dan sehat
  • Siapkan setengah sendok garam
  • Kemudian rebus kunyit dan tambahkan garam
  • Saring airnya dan kemudian minum untuk memberikan efek segar dan nyaman bagi tubuh

Itulah beberapa manfaat dari kunyit  tanaman khas Indonesia bagi kesehatan ginjal. Penyakit yang menyerang ginjal sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Oleh sebab  itu kita harus menjaga kesehatan ginjal dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dan juga berolahraga.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman