Sponsors Link

5 Manfaat Jus Seledri untuk Ginjal Bocor dan Cara Membuatnya

Sponsors Link

Ginjal adalah organ yang punya peranan sangat penting untuk tubuh. Ginjal berfungsi menyaring kotoran dalam darah dan membuangnya lewat urine. Meskipun demikian, banyak macam penyakit ginjal yang mengancam, salah satunya adalah ginjal bocor. Bahaya ginjal bocor memang bisa mengancam kesehatan ginjal. Tetapi Anda tidak perlu khawatir, ginjal bocor bisa disembuhkan dengan memanfaatkan jus seledri. Manfaat seledri untuk ginjal memang sudah banyak diketahui sebagai tanaman herbal untuk ginjal bocor yang terbukti ampuh.

ads

1. Membersihkan Ginjal dari Segala Kotoran

Sumber awal dari gangguan ginjal yang akhirnya menyebabkan penyakit adalah kondisi ginjal yang kotor. Penyebab ginjal kotor ada banyak hal, di antaranya adalah suka makan makanan tinggi protein atau minuman bersoda. Merokok juga menyebabkan ginjal menjadi sangat kotor. Penumpukan kotoran ini menurunkan fungsi dan kinerja organ ginjal.

Akibatnya ginjal tidak bisa lagi menyaring kotoran dengan sempurna, yang menyebabkan lepasnya protein hingga ke urine. Kondisi ginjal yang kotor ini tidak bisa dibiarkan, karena seseorang bukan hanya akan terkena ginjal bocor saja, tetapi ada banyak penyakit lain yang mengancam. Ginjal yang kotor dan tidak pernah dibersihkan akan menjadi penyebab ginjal rusak secara permanen.

2. Membantu Menyaring Protein dalam Ginjal

Seseorang dikatakan mengalami ginjal bocor jika urine-nya berbusa. Urine berbusa berarti ada protein yang ikut keluar dari tubuh. Protein yang ada dalam darah seharusnya bisa disaring oleh ginjal. Ketidak mampuan ginjal menyaring protein adalah tanda tanda ginjal rusak yang wajib diwaspadai. Jika ini terus menerus dibiarkan, akan terjadi kegagalan pada ginjal dan menyebabkan ginjal tidak bisa berfungsi normal.

Seledri mengandung banyak vitamin dan mineral alami yang bisa membantu meringankan kerja ginjal. Seledri akan membantu ginjal untuk mengikat protein dalam darah sehingga tidak sampai lepas dan bercampur dengan urine. Jika secara rutin meminum jus seledri, maka kesehatan ginjal akan terjaga dan ginjal bocor pun bisa disembuhkan secara alami.

3. Memperbanyak Produksi Urine

Salah satu ciri ciri ginjal sehat adalah ginjal mampu memproduksi banyak urine setiap hari. Semakin banyak urine yang keluar dari tubuh, berarti semakin banyak pula racun yang dikeluarkan. Jika ginjal tidak bisa memproduksi urine dalam jumlah yang cukup, maka racun sisa metabolisme akan menumpuk di dalam ginjal dan lama kelamaan akan berkembang menjadi penyakit.

Sebagai sayuran untuk penderita ginjal bocor yang wajib untuk dikonsumsi, seledri juga punya manfaat lain yang tidak kalah pentingnya. Seledri adalah zat diuretik alami yang bisa membantu ginjal untuk memproduksi banyak urine. Dengan demikian, seseorang bisa lancar buang air kecil sesuai dengan frekuensi buang air kecil normal pada orang yang sehat.

4. Mencegah Kanker Ginjal

Jika ginjal bocor dibiarkan saja tanpa diobati, apa yang akan terjadi? Seseorang bisa terkena kanker ginjal apabila tidak segera mengobati penyakitnya. Kanker ginjal bisa terjadi karena ginjal bocor bisa menimbulkan infeksi ginjal yang cukup parah. Infeksi ada ginjal akan menumbuhkan banyak bakteri yang bisa menggerogoti organ ginjal itu sendiri.

Manfaat jus seledri untuk ginjal bocor adalah memperbaiki membran ginjal yang rusak. Akibat kerusakan membran yang bertugas menyaring protein ini, kebocoran ginjal terjadi. Meminum jus seledri secara rutin dan teratur mampu menyembuhkan ginjal bocor secara alami dan aman. Kandungan vitamin B1 dan vitamin B6 dalam seledri membantu menjaga kesehatan ginjal mencegah ginjal dari berbagai penyakit.

Sponsors Link

5. Menurunkan Resiko Gagal Ginjal

Pada penyakit ginjal bocor, terjadi penurunan fungsi ginjal secara terus menerus. Penurunan fungsi ini dimulai dari ketidak mampuan ginjal menyaring protein. Lama kelamaan ginjal tidak bisa menjalankan fungsinya sama sekali hingga terjadilah gagal ginjal. Baik gagal ginjal kronis atau akut, keduanya wajib diwaspadai. Tidak ada pilihan lain apabila seseorang sampai terkena gagal ginjal. Mau tidak mau ia harus melakukan cuci darah.

Disinilah manfaat jus seledri untuk ginjal bocor bisa Anda rasakan. Ketika kerusakan pada ginjal yang menyebabkan ginjal bocor dapat disembuhkan, maka resiko terkena gagal ginjal akan menurun atau bahkan hilang sama sekali.

Sponsors Link

Cara Membuat Jus Seledri untuk Ginjal Bocor

Jus seledri adalah minuman yang sangat baik dikonsumsi seseorang yang menderita ginjal bocor. Cara membuatnya pun juga tidak sulit. Yang Anda butuhkan adalah seledri segar. Buat jus seledri dalam porsi sekali minum saja, agar vitaminnya tidak mudah hilang.

  • Siapkan segenggam seledri bersih, cukup untuk sekali minum saja.
  • Masukkan seledri ke dalam blender, tambahkan air dan madu agar tidak pahit.
  • Blender seledri hingga halus dan mudah untuk diminum.
  • Konsumsi jus seledri 2 kali sehari setiap pagi dan sore agar Anda bisa merasakan manfaat jus seledri untuk ginjal bocor.

Itulah manfaat jus seledri untuk ginjal bocor yang bisa didapatkan. Sebelum terkena ginjal bocor, Anda harus melakukan segala cara merawat ginjal agar tetap sehat. Salah satunya adalah menghindari kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal. Begadang dan merokok adalah dua kebiasaan yang bisa merusak ginjal. Cara merawat ginjal yang bisa dilakukan adalah dengan banyak memakan makanan pencuci ginjal yang bisa membantu meringankan kerja ginjal dan menyehatkan ginjal.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Herbal