Sponsors Link

Manfaat Jahe untuk Ginjal dan Cara Mengonsumsinya

Sponsors Link

Hidup dengan bahan-bahan alami sebenarnya cukup mudah. Apalagi untuk kita yang tinggal di Indonesia, dimana ada banyak sekali tanaman herbal di sekitar kita. Salah satu tanaman herbal yang sejak dulu dimanfaatkan masyarakat adalah jahe. Jahe ini dipercaya memiliki beragam manfaat yang baik bagi kesehatan, termasuk organ ginjal. Lalu apa saja manfaat jahe untuk ginjal yang bisa didapatkan? Berikut beberapa penjelasannya.

ads

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Ginjal

Berikut beberapa manfaat jahe untuk kesehatan organ ginjal.

  1. Membantu menurunkan kadar gula darah

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang berlebihan pada tubuh. Diabetes tidak hanya berdampak pada pola makan penderitanya yang perlu diatur, namun juga akan berdampak buruk bagi organ-organ tubuh lainnya, termasuk ginjal. Ada Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik dan hubungannya sangat erat.

Ternyata jahe sudah diteliti di University of Sydney yang menghasilkan bahwa jahe dapat meningkatkan penyerapan glukosa tanpa harus mengandalkan insulin. Hal ini akan membantu menstabilkan kadar gula di dalam darah segingga bisa mencegah efek buruk dari diabetes.

  1. Mencegah gagal ginjal kronis akibat diabetes

Karena manfaat jahe untuk diabetes di atas, tentunya jahe juga bisa memiliki manfaat yang baik untuk gagal ginjal kronis, dimana jahe akan dapat mencegah munculnya komplikasi diabetes tipe-2 yaitu gagal ginjal kronis. Dengan konsumsi jahe yang tepat, maka efek itu busa diminimalisir.

  1. Memperlancar pembersihan darah di ginjal

Manfaat jahe untuk ginjal adalah dapat memperlancar aliran darah pada tubuh, termasuk aliran darah yang berada di sekitar ginjal. Dengan demikian, proses penyaringan atau pembersihan darah di ginjal akan menjadi lebih lancar dan tidak ada hambatannya. Hal ini dikarenakan jahe memiliki sifat antikoagulan sehingga dapat mencegah sumbatan di pembuluh darah.

  1. Membantu menyaring racun

Jahe yang dikonsumsi secara tepat juga bisa memiliki manfaat untuk membantu menyaring racun karena jahe juga merupakan salah satu Makanan Pencuci Ginjal yang aman dikonsumsi. Racun pada ginjal ini bisa dipercepat keluarnya karena jahe, sehingga racun bisa segera ditransferkan ke saluran kemih bawah agar bisa segera dibuang melalui urine.

  1. Mengurangi gejala nyeri pada batu ginjal

Salah satu gejala batu ginjal yang cukup mengganggu adalah munculnya rasa nyeri, terutama jika ukuran batu ginjal sudah tidak lagi kecil. Gejala ini tentu akan sangat mengganggu. Jahe merupakan salah satu bahan alami yang bisa membantu mengurangi gejala rasa nyeri tersebut. Sehingga seseorang penderita batu ginjal bisa mengonsumsinya agar bisa mengurangi rasa sakit yang dideritanya.

Sponsors Link

  1. Mencegah batu ginjal

Di atas sudah disebutkan bahwa salah satu manfaat jahe untuk ginjal adalah untuk membantu mempercepat proses pembentukan urine dan membantu mempercepat pembuangan racun. Dengan manfaat ini, tentunya risiko pembentukan batu ginjal akan bisa ditekan sehingga bisa mencegah batu ginjal dengan jahe. Selain itu jahe juga dipercaya sebagai salah satu Makanan Penghancur Batu Ginjal alami.

  1. Mencegah peradangan pada ginjal

Salah satu sifat dari jahe yang sudah dikenal banyak orang adalah mampu mencegah dan mengatasi peradangan atau inflamasi. Jahe memang mengandung sifat antiinflamasi dan antibakteri sehingga bisa mencegah adanya peradangan pada ginjal, atau dengan kata lain bisa mencegah radang ginjal dan membantu penderita radang ginjal agar bisa segera pulih. Jahe adalah Makanan Untuk Ginjal Bengkak yang bisa dikonsumsi.

Sponsors Link

  1. Membantu memulihkan pasien setelah operasi batu ginjal

Karena sifat antiinflamasi dan antibakteri di atas, jahe yang dikonsumsi secara tepat juga bisa membantu memulihkan kondisi pasien yang baru saja menjalani operasi pengangkatan batu ginjal. Dengan demikian pasien akan lebih cepat pulih dan operasinya tidak menyebabkan infeksi atau peradangan yang membahayakan. Dan agar Infeksi Ginjal Bisa Sembuh Total setelah operasi, jahe bisa menjadi obat herbal yang direkomendasikan.

Cara Mengonsumsi Jahe

Ada beberapa cara mengonsumsi jahe yang berkaitan dengan penyakit ginjal. Beberapa orang juga mencampurkan jahe dengan beberapa bahan herbal lainnya, seperti:

  • Mencampur jahe dengan kunyit dan madu
  • Mencampur jahe dengan kapur sirih, gula aren, dan jeruk nipis
  • Mencampur jahe dengan gula aren dan daun kumis kucing
  • Mencampur jahe dengan daun gempuran batu dan gula aren
  • Mencampur jahe dengan minyak zaitun dan madu
  • Mencampur jahe dengan daun keji beling, gula aren, dan jeruk nipis
  • Mencampur jahe dengan akar alang-alang dan gula aren

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai manfaat jahe untuk ginjal dan juga beberapa cara mengonsumsinya yang bisa dilakukan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai dosis atau bahan herbal apa saja yang aman untuk Anda konsumsi, lakukan konsultasi dengan dokter karena setiap pasien ginjal memiliki kondisi yang berbeda-beda, sehingga cara penanganannya juga berbeda-beda. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal