Sponsors Link

Manfaat Daun Sirsak untuk Ginjal dan Efek Sampingnya bagi Tubuh

Sponsors Link

Sirsak merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Namun tanaman ini juga populer di Indonesia. Selain buahnya yang enak dan memiliki rasa manis, rupanya sebagian masyarakat menilai bahwa ada manfaat dari daun sirsak untuk berbagai keperluan kesehatan. Salah satunya mengenai kesehatan ginjal. Dan sudah ada banyak masyarakat yang mengetahui Cara Mengobati Ginjal dengan Daun Sirsak. Lalu apa saja manfaat daun sirsak untuk ginjal, dan adakah efek samping yang perlu diwaspadai? Berikut penjelasannya.

ads

Manfaat Daun Sirsak bagi Ginjal

Adapun beberapa manfaat daun sirsak untuk ginjal antara lain dijelaskan sebagai berikut.

  1. Menghambat pertumbuhan bakteri

Daun sirsak merupakan bahan herbal yang ternyata mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa daun sirsak memang terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri jenis tertentu sehingga bisa bersifat asebagai antibiotik alami. Tentunya sifat antibiotik alami ini akan bermanfaat bagi organ di dalam tubuh sehingga perkembangbiakan bakteri jahat dapat dihambat, termasuk bakteri di dalam organ saluran kemih.

  1. Mencegah infeksi saluran kemih

Karena manfaat daun sirsak untuk ginjal yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, maka daun sirsak ini merupakan salah satu bahan herbal yang dapat mencegah Penyakit Infeksi Saluran Kemih. Seperti yang diketahui bersama, infeksi saluran kemih merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri di saluran kemih. Dengan manfaat daun sirsak sebagai antibiotik dan mampu menghambat pertumbuhan bakteri, maka daun sirsak akan bermanfaat untuk menghambat infeksi yang ada.

  1. Mencegah kanker ginjal

Daun sirsak merupakan salah satu bahan herbal yang sudah pernah diteliti sebagai zat antikanker. Sehingga tentunya bisa juga memiliki manfaat untuk mencegah ataupun sebagai obat pendamping bagi pasien kanker ginjal.

  1. Menurunkan hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu Penyebab Gagal Ginjal kronis yang cukup banyak, karena hubungan hipertensi dengan gagal ginjal memang sangat erat kaitannya. Ternyata daun sirsak ini juga bisa bermanfaat bagi penderita hipertensi untuk lebih mampu mengatur tekanan darah dalam tubuhnya.

  1. Mencegah gagal ginjal

Karena merupakan zat yang bermanfaat untuk antibakteri dan juga bisa membantu mengatur tekanan darah tinggi, daun sirsak bisa mencegah gagal ginjal. Seperti yang dijelaskan di atas, penyebab gagal ginjal kronis sebagian besar adalah hipertensi, sehingga jika tekanan darah terkendali, risiko gagal ginjal juga akan berkurang.

Itulah beberapa manfaat daun sirsak untuk ginjal yang bisa didapatkan. Akan tetapi, di balik manfaat tersebut ternyata ada efek samping yang harus diwaspadai.

Sponsors Link

Efek Samping Daun Sirsak

Seperti yang dijelaskan di atas, ternyata daun sirsak yang dikonsumsi secara tidak bijak ternyata bisa berefek negatif bagi tubuh. Berikut beberapa efek samping yang muncul.

  1. Dehidrasi

Daun sirsak yang diolah dan dikonsumsi secara berlebihan sebagai salah satu Obat Herbal Gagal Ginjal Tanpa Cuci Darah ternyata bisa menyebabkan dehidrasi. Efek ini adalah efek yang cukup sering terjadi pada mereka yang mengonsumsi rebusan daun sirsak tanpa batasan dan dosis yang jelas.

  1. Gangguan asam lambung dan sembelit

Selain itu, rebusan daun sirsak yang dikonsumsi tanpa aturan yang jelas juga mampu menyebabkan gangguan terhadap asam lambung dan juga menyebabkan seseorang susah buang air besar, sehingga bisa mengganggu organ pencernaan.

Sponsors Link

  1. Gangguan fungsi ginjal

Banyak orang yang menjadikan daun sirsak sebagai obat alternatif ginjal. Tentu hal ini bukanlah hal yang salah. Akan tetapi, mengonsumsinya harus bijak. Karena jika salah dalam mengonsumsinya, air rebusan daun sirsak malah bisa mengganggu Fisiologi Ginjal. Penyebabnya adalah ginjal yang menjadi lebih berat bekerja dalam menyaring limbah sisa metabolisme yang dibawa oleh air rebusan daun sirsak itu sendiri.

  1. Gangguan fungsi hati

Selain ginjal, fungsi hati juga bisa menjadi terganggu, karena hati adalah organ yang berfungsi untuk membuang racun dan zat kimia. Jika mengonsumsi daun sirsak berlebihan, organ hati juga bisa mendapat pengaruh buruk, seperti jika mengonsumsu obat secara berlebihan.

Pada akhirnya, gangguan metabolisme juga bisa terganggu secara keseluruhan. Hormon dan enzim juga akan ikut terpengaruh jika ada air rebusan daun sirsak yang berlebihan masuk ke tubuh. Hal ini bisa menyebabkan komplikasi menjadi semakin buruk.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat daun sirsak untuk ginjal dan juga efek sampingnya. Maka dari itu, selalu konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan untuk pengobatan herbal dengan daun sirsak untuk mengetahui cara mengonsumsinya dan juga batasan dosis yang aman bagi Anda. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal