Sponsors Link

Manfaat Cuka Apel untuk Ginjal dan Cara Mengonsumsinya

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu dari sistem kemih yang bekerja dalam menyaring zat sisa metabolisme tubuh agar bisa dibuang bersama urine. Tentunya fungsi ginjal ini sangat penting untuk tubuh. Jika terganggu, maka urine tidak bisa dikeluarkan dengan baik dan hal ini juga bisa memicu berbagai masalah ginjal. Untuk menjaga kesehatan ginjal, ada beberapa jenis makanan tertentu yang seringkali direkomendasikan, salah satunya adalah cuka apel atau cuka sari apel. Sebenarnya apa saja manfaat cuka apel untuk ginjal? Berikut penjelasannya

ads

Manfaat Cuka Sari Apel untuk Ginjal

Cuka sari apel atau cuka apel adalah bahan fermentasi dari buah apel yang saat ini banyak dijual di pasaran. Cuka sari apel berbentuk cairan dan mudah diolah sebagai bahan makanan, misalnya untuk dijadikan tambahan salad atau tambahan untuk minuman. Akan tetapi, cuka apel ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, karena bisa mendatangkan masalah juga jika terlalu berlebihan dikonsumsi. Berikut beberapa manfaat cuka apel untuk ginjal yang bisa didapatkan.

  1. Menjaga kesehatan ginjal

Ginjal yang sehat tentunya menjadi dambaan semua orang. Cuka apel dipercaya dapat menjaga kesehatan ginjal. Hal ini dikarenakan cuka apel mengandung sejumlah zat antioksidan yang bisa menjaga jaringan dan organ di dalam tubuh agar tetap sehat, termasuk organ ginjal. Antioksidan di dalam apel itu sendiri berbentuk zat flavonoid dan sejumlah vitamin.

  1. Mengurangi infeksi ginjal

Infeksi Ginjal atau infeksi saluran kemih merupakan penyakit pada saluran kemih yang juga bisa menyebabkan berbagai macam keluhan. Pada penyakit ini, bisa jadi infeksi akan menyebabkan rasa sakit dan juga perubahan pada urine. Cuka apel yang mengandung antioksidan juga bisa membantu mengurangi ginjal yang terluka atau yang mengalami infeksi.

  1. Menurunkan kadar gula dalam darah

Manfaat cuka apel untuk ginjal lainnya adalah utuk menurunkan kadar gula darah. Bagi penderita diabetes, mungkin hubungan antara diabetes dengan gagal ginjal kronik sudah sering dibahas. Yaitu, seseorang yang mengalami diabetes tentu akan lebih rentan mengalami juga penyakit kronis seperti gagal ginjal. Ini adalah mekanisme yang wajar, kaerna darah yang mengandung gula tinggi tentu berbeda dengan darah yang normal, sehingga ginjal yang bertugas untuk menyaring darah akan bekerja dengan cara yang berbeda.

Pada sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Functional Foods, cuka sari apel pernah diuji untuk melihat hubungan antara konsumsi cuka apel dengan gula darah. Ternyata hasil penelitian memang menunjukkan bahwa pada beberapa orang, gula darah bisa menurun karena cuka apel. Mekanismenya adalah mampu memperlambat penyerapan terhadap karbohidrat. Tentu hal ini juga akan berdampak bagi penderita diabetes sehingga bisa juga turut mencegah gagal ginjal.

  1. Mencegah dan mengatasi batu ginjal

Manfaat cuka apel untuk ginjal lainnya adalah untuk membantu mencegah dan mengatasi Penyakit Batu Ginjal. Cuka apel memiliki kandungan asam yang bisa membantu mengatasi batu ginjal, yaitu dengan memecah batu ginjal. Cuka apel juga bisa dicampurkan dengan bahan alami lainnya untuk ramuan batu ginjal agar bisa lebih mudah dikeluarkan.

Sponsors Link

  1. Membantu mengurangi rasa sakit dari penyakit batu ginjal

Sebagian masyarakat juga percaya bahwa mengonsumsi cuka apel dengan cara tertentu bisa membantu mengurangi rasa sakit sebagai efek atau gejala dari penyakit .Batu Ginjal. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalamnya yang berguna untuk membantu mengurangi infeksi.

Itulah beberapa manfaat dari cuka apel untuk kesehatan ginjal. Namun perlu diketahui bahwa cuka apel ini tidak untuk dikonsumsi secara berlebihan, sehingga dosisnya perlu diatur secara baik.

Sponsors Link

Cara Mengonsumsi Cuka Apel

Ada beberapa cara mengonsumsi cuka apel yang bisa dilakukan, seperti beberapa di bawah ini.

  • Mencampur 1 sendok makan cuka apel dengan segelas air dan dikonsumsi hanya satu kali dalam sehari.
  • Mencampur 1 sendok makan cuka apel dengan 1 sendok makan minyak kelapa murni VCO, karena memang ada juga Manfaat VCO untuk Ginjal yang baik.
  • Mencampur 1 sendok makan cuka sari apel dengan 1 sendok teh lemon dan 1 sendok teh minya zaitun.
  • Mencampur 1 sendok makan cuka sari apel dengan 2 sendok teh madu, karena memang ada juga Manfaat Madu untuk Ginjal yang baik.
  • Mencampur 1 sendok makan cuka sari apel dengan bahan makanan lain seperti salad buah, salad sayur, atau makanan sehat lainnya.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai manfaat cuka apel untuk ginjal yang bisa didapatkan serta beberapa cara mengonsumsinya yang bisa dilakukan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal