Sponsors Link

Manfaat Buah Sukun Untuk Ginjal dan Cara Mengkonsumsinya

Sponsors Link

Di Eropa, buah sukun dikenal sebagai breadfruit atau buah roti. Hal itu karena buah ini memiliki tekstur seperti roti ketika dipanggang. Buah ini memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Buah sukun tersebar di seluruh wilayah Indonesia walaupun buah ini bukan berasal dari Indonesia.

ads

Seperti yang sudah disebutkan, buah ini berasal dari Oceania. Buah ini masuk ke Indonesia melalui Papua kemudian masuk ke Pulau Jawa dan merambah ke pulau-pulau lainnya. Sukun dapat hidup di daerah dengan cuaca yang panas, sekitar 20 hingga 40 derajat Celcius, banyak hujan dan lembab. Buah yang memiliki kulit berwarna hijau ini memiliki rasa yang manis dan dapat dikonsumsi dengan cara dipanggang, digoreng maupun direbus.

Walaupun buah-buahan ini sering dimanfaatkan sebagai camilan buah, tetapi sebenarnya buah ini memiliki manfaat yang lebih daripada itu. Buah dan daun dari pohon sukun dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit ginjal. Salah satu manfaat buah sukun untuk ginjal adalah buah sukun dapat mengatasi penyakit gagal ginjal dengan mengonsumsi air masak daun sukun. Anda perlu mengetahui tentang penyebab gagal ginjal, efek samping gagal ginjal, kebiasaan penyebab gagal ginjal, gagal ginjal bisa sembuh atau tidak, pengobatan alternatif gagal ginjal dan pengobatan gagal ginjal selain cuci darah. Anda juga bisa membaca perbedaan antara gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.

Manfaat Buah Sukun Untuk Ginjal

Berikut ini adalah beberapa kandungan buah sukun yang bermanfaat bagi tubuh Anda.

1. Mengandung Antioksidan

Buah sukun mengandung antioksidan yang biasa dikenal sebagai betakaroten. Zat ini dapat menangkal radikal bebas dari polusi, asap rokok dan zat-zat kimia pada makanan kemasan dan cepat saji. Hal ini berarti buah sukun dapat mencegah terbentuknya sel-sel kanker dalam tubuh.

2. Mengandung Asam Lemak Omega 3 dan Serat

Asam lemak omega 3 termasuk ke dalam jenis lemak yang baik. Jenis lemak ini berfungsi untuk mengeluarkan lemak jahat atau kolesterol dari dalam tubuh. Bersama serat dengan jumlah sebesar 10.8 gram dalam 1 cangkir, proses pembuangan kolesterol dari dalam tubuh menjadi lebih efektif. Menumpuknya jumlah kolesterol dapat membuat kerja ginjal berat sehingga dengan keluarkan kolesterol dari dalam tubuh, kerja ginjal menjadi lebih mudah. Selain itu, serat juga memiliki fungsi detoksifikasi di mana serat akan menarik semua kotoran dan zat-zat kotor dalam tubuh keluar.

3. Kadar Protein yang Rendah

Kandungan protein dalam buah sukun adalah 2.35 gram tiap cangkir. Walaupun protein penting untuk tubuh, kadar protein yang tinggi dalam tubuh membuat hati dan ginjal bekerja lebih berat. Oleh karena itu, kandungan protein yang rendah sangat ramah untuk kesehatan ginjal.

4. Tinggi Kalium

Sukun kaya akan mineral, termasuk kalium. Dalam 1 cangkir sukun terdapat 1,078 gram Kalium. Jumlah ini cukup besar untuk buah dalam ukuran 1 cangkir. Kalium bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular karena dapat menstimulasi konstraksi otot rangka, otot halus dan otot jantung. Selain itu, kalium juga berfungsi menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan mendorong terbentuknya urine apabila tubuh kelebihan air. Dengan adanya kalium, kerja ginjal berkurang.

Sponsors Link

5. Mengandung Zat yang Dapat Menyeimbangkan Gula Darah

Kandungan zat yang dapat menyeimbangkan gula darah dapat mencegah orang yang mengonsumsinya terkena diabetes. Hal ini karena diabetes dipicu oleh tingginya gula darah dalam tubuh. Anda perlu mengetahui tentang  hubungan gagal ginjal dengan diabetes dan kenapa dibetes menyebabkan gagal ginjal.

6. Tinggi Karbohidrat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, buah sukun memiliki kadar kabohidrat yang tinggi. Karbohidrat diperlukan tubuh untuk membentuk energi. Namun, berbeda dengan orang yang mengonsumsi nasi, orang yang mengonsumsi buah sukun sebagai pengganti nasi memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks ini menunjukkan angka peningkatan kadar gula dalam darah. Dengan demikian, orang tersebut dapat terhindar dari penyakit diabetes sehingga kesehatan ginjal pun bisa terjaga.

Itulah beberapa kandungan nutrisi dalam buah sukun. Anda juga perlu membaca khasiat buah sukun untuk ginjal.

Namun, khasiat sukun tidak hanya terletak pada buahnya saja, tetapi juga pada daunnya. Bagaimana cara mengonsumsinya? Berikut langkah-langkahnya.

  1. Ambil 5 lembar daun sukun yang masih segar
  2. Cuci bersih lembaran daun tersebut lalu potong kecil-kecil.
  3. Rebus potongan-potongan kecil daun sukun ke dalam panci tanah liat yang berisi air sebanyak setengah ukuran panci tanah liat tersebut. Panci tanah liat sangat penting untuk mendapatkan seluruh manfaat dari daun sukun. Namun, jika tidak ada Anda bisa memakai panci biasa.
  4. Rebus hingga air dalam panci berkurang hingga setengah ukuran awal.
  5. Setelah itu, saring air dari dedaunan, dinginkan. Minum air tersebut 1 sampai 2 gelas sehari.
    Sponsors Link

Daun buah sukun memiliki bermacam-macam zat yang cukup lengkap untuk mengobati ginjal rusak. Salah satu zat dalam daun sukun yang baik untuk ginjal adalah flavonoid. Flavonoid dapat menghambat penggumpalan trombosit dan mengurangi kekentalan darah. Darah yang kental akan sulit disaring oleh ginjal sehingga ginjal memerlukan kerja ekstra untuk menyaring darah kental tersebut. Baca: gejala ginjal rusak, ciri-ciri ginjal rusak dan penyebab ginjal rusak.

Selain itu manfaat tersebut, mengonsumsi air rebusan daun sukun ini dapat mengganti pengobatan cuci darah. Mengonsumsi teh yang diseduh dari daun sukun segar yang sudah dikeringkan terbukti dapat menyembuhkan asam urat. Hal ini karena daun sukun memiliki zat antiinflammasi yang dapat menekan peradangan sehingga dapat mengurangi peradangan pada sendi.

Itulah manfaat buah dan daun sukun untuk kesehatan ginjal. Selain untuk keperluan menyembuhkan ginjal, Anda juga bisa mengonsumsinya sebagai upaya pencegahan.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan