Sponsors Link

8 Manfaat Buah Semangka Untuk Ginjal dan Cara Mengkonsumsinya

Sponsors Link

Semangka adalah buah besar yang sudah umum dikenal oleh orang Indoensia. Namun, buah rambat ini sebenarnya berasal dari Afrika Selatan. Buah ini termasuk ke dalam keluarga ketimun dan biasa dinikmati ketika cuaca sedang panas karena kandungan airnya yang tinggi. Namun, siapa sangka bahwa selain memberikan sensasi segar ketika menikmatinya, buah semangka ini juga berkhasiat untuk mengobati penyakit ginjal. Baca juga macam-macam penyakit ginjal, penyebab penyakit ginjal dan cara mengatasi penyakit ginjal.

ads

Buah semangka kaya kandungan vitamin dan mineral. Hal itu membuatnya kaya akan manfaat. Beberapa manfaat buah semangka untuk ginjal adalah dapat membersihkan ginjal dari endapan racun atau mineral dan menghancurkan dan membuang batu ginjal dari dalam tubuh. Untuk lebih mengetahui manfaat buah semangka bagi tubuh, berikut penjelasannya.

Manfaat Buah Semangka Untuk Tubuh

  • Menghancurkan Batu Ginjal

Buah semangka memiliki zat yang berkhasiat untuk penyakit diuretik, termasuk batu ginjal. Zat ini dapat menghancurkan batu pada ginjal dan mengeluarkannya dalam bentuk butiran sebesar pasir bersama urine. Anda juga perlu membaca jenis-jenis batu ginjalpenyebab ginjal batupenyebab batu ginjal pada wanitaciri-ciri penyakit ginjaltanda-tanda batu ginjalgejala batu ginjal pada pria, penanganan batu ginjalcara mengobati batu ginjal, dan cara mengeluarkan batu ginjal secara alami.

  • Membersihkan dan Mempertahankan Kesehatan Ginjal

Semangka mengandung potasium. Potasium dapat membersihkan ginjal dengan cara mengeluarkan zat-zat racun yang berada dalam ginjal. Selain itu, kalium dalam buah semangka (170mg per cangkir) juga dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah sehingga dapat mengurangi kemungkinan rusaknya ginjal dan mencegah pembentukan batu pada ginjal.

  • Mencegah dan Meringankan Radang Ginjal

Radang ginjal bisa disebabkan oleh serangan bakteri atau virus. Kandungan kolin dalam semangka dapat menyehatkan sel-sel dalam tubuh. Sel-sel yang sehat dapat mengenali dan menghancurkan sel-sel buruk, seperti bakteri dan virus. Selain itu, kandungan gula dan natrium dari buah semangka juga memiliki efek diuretik yang bisa berfungsi untuk meringankan radang ginjal.

  • Mencegah Kanker dan Penuaan Dini

Buah semangka mengandung zat-zat antioksidan seperti lycopene, betakaroten, lutein, cyptoxanthin dan zeaxanthin. Kelima jenis antioksidan tersebut bekerjasama menangkal radikal bebas yang bisa membentuk sel-sel kanker di ginjal dan di organ-organ penting lainnya. Kandungan vitamin C dalam semangka dapat meningkatkan imun tubuh. Dengan imun tubuh yang baik, tubuh dapat menangkal radikal bebas sebelum berhasil meracuni tubuh. Vitamin C dan zat antioksidan (4532mg per 100 gram) juga berperan sebagai zat antioksidan yang mencegah terjadinya penuaan dini.

Sponsors Link

  • Mencegah Dehidrasi

Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, yaitu sekitar 91%. Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi. Jika sudah parah dapat menyebabkan pusing hingga pingsan. Selain itu, kadungan air dalam buah semangka juga membantu mencukupi kebutuhan air sehari-hari. Jika kebutuhan air tercukupi, proses pengeluaran urine menjadi lancar sehingga tubuh terbantu dalam upaya membersihkan ginjal secara alami.

ads

  • Mengobati Diabetes Tipe 2

Orang yang menderita diabetes biasanya dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung banyak gula. Namun, kadar gula dalam buah semangka sangat kecil sehingga ramah bagi penderita ginjal. Selain itu, semangka mengandung senyawa yang dapat mengaktifkan insulin yang berfungsi menyeimbangkan kadar gula darah.

  • Melancarkan Aliran dan Menurunkan Tekanan Darah

Semangka mengandung zat arginin yang dapat meningkatkan oksida nitrat. Oksida nitrat berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah sehingga darah dapat mengalir dengan lancar. Darah yang mengalir lancar dapat meringankan kerja ginjal dalam menyaring darah. Selain itu, semangka juga mengandung senyawa yang dapat menurunkan tekanan darah sehingga baik dikonsumsi oleh penderita hipertensi.

  • Mencegah Obesitas dan Menurunkan Kolesterol

Kandungan air yang tinggi pada semangka cukup untuk membuat orang yang mengonsumsinya merasa kenyang. Selain itu, kadar gula yang rendah dapat mencegah naiknya gula darah. Selain dapat menyebabkan diabetes, gula darah juga memicu rasa ingin makan yang membuat orang akan terus makan hingga melebihi jumlah kalori yang dibutuhkan setiap harinya.

Selain itu, dengan adanya senyawa yang dapat memperlebar pembuluh darah, kolesterol dapat dibersihkan dari dalam tubuh secara alami sehingga tidak terjadi penumpukan kolesterol dalam tubuh yang bisa menyebabkan obesitas hingga serangan jantung.

Itulah beberapa manfaat buah semangka untuk ginjal. Anda juga bisa membaca manfaat semangka untuk ginjal. Selain buahnya yang bermanfaat, biji semangka juga memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan ginjal. Selain itu, biji semangka juga memiliki kandungan yang hampir sama dengan buah semangka sehingga bagus untuk kesehatan tubuh. Sehingga Anda disarankan untuk memakan buah semangka beserta bijinya sekaligus untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Mengonsumsi Buah Semangka untuk Mengobati Penyakit Ginjal

Jika Anda menderita penyakit ginjal, Anda hanya perlu mengonsumsi buah semangka sebanyak 300 hingga 500 gram setiap hari. Anda dapat mengonsumsinya dalam bentuk buah atau jus sebelum sarapan dan makan malam.

Untuk mendapatkan manfaat lebih, Anda juga bisa meminum larutan biji semangka.

Caranya:

  1. Ambil 4 sendok biji semangka yang masih segar
  2. Rebus biji semangka yang telah dihaluskan bersama dengan 2 liter air selama 10 menit
  3. Saring rebusan biji semangka untuk mendapatkan larutan biji semangka yang bisa Anda minum 2x sehari.

Itulah manfaat buah dan biji semangka serta cara mengonsumsinya untuk penyembuhan penyakit ginjal. Terus konsumsi buah dan larutan biji semangka selama proses pengobatan hingga Anda sembuh.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan