Sponsors Link

8 Manfaat Buah Pir Untuk Ginjal yang Wajib Dikonsumsi

Sponsors Link

Buah pir adalah buah yang mengandung banyak air. Buah yang memiliki kulit berwarna kuning dan daging berwarna putih ini memiliki rasa yang manis, asam dan sebah. Selain itu, buah ini bisa menjadi pilihan jus buah di saat udara terik karena kandungan airnya yang tinggi akan membuat badan kita segar.

ads

Buah pir berasal dari Eropa Barat, Afrika Utara dan Asia. Terdapat 9 jenis pir yang tersebar di seluruh dunia dan buah pir yang biasa kita konsumsi di Indonesia berasal dari Cina. Walaupun termasuk buah impor, jumlah buah pir di Indonesia tergolong sangat banyak, bahkan sering menjadi menu dalam salad. Hal ini karena buah pir tahan terhadap cuaca dingin sehingga bisa dipanen pada musim apapun.

Selain enak dikonsumsi sebagai makanan, buah pir juga dapat dikonsumsi untuk pengobatan karena kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk tubuh, termasuk ginjal. Apa saja manfaat buah pir untuk ginjal dan tubuh? Mari simak penjelasannya.

Manfaat Buah Pir Untuk Ginjal dan Tubuh

  • Tinggi Serat

Satu buah pir segar menyediakan 16%-20% dari kebutuhan serat setiap hari, yaitu 25-30 gram. Serat tidak mengandung kalori dan dapat menyeimbangkan kadar gula darah sehingga dapat mencegah penyakit diabetes. Namun, hal yang paling baik dari serat dalam buah pir adalah adanya serat pectin.

Serat pectin adalah serat yang dapat larut dalam air sehingga dapat membuang kolesterol dalam tubuh dengan cara mengikat dan membuangnya bersama feses. Selain dapat mengikat kolesterol, serat ini juga dapat mengikat racun sehingga juga memiliki fungsi detoksifikasi.

  • Memperbaiki Sistem Pencernaan

Karena buah pir tinggi serat, maka buah ini juga bisa melancarkan pencernaan. Malah, dengan rajin mengonsumsi dan menambah makanan berserat ke dalam menu Anda dapat menjadi obat alami untuk mengurangi sembelit. Selain itu, buah pir juga mengandung fitonutrien. Zat ini dapat melindungi organ pencernaan dari tekanan oksidatif, menambah jumlah alkali dalam tubuh dan menyeimbangkan pH. Mengonsumsi buah pir juga bisa menjadi pengobatan alami penyakit wasir.

  • Membantu Mengobati Diabetes

Walaupun buah pir sebagaimana buah dan sayuran pada umumnya memiliki kandungan gula, mengonsumsi buah dan sayur tidak mengakibatkan seseorang terkena diabetes. Malah, buah pir memiliki kadar glikemik yang rendah. Glikemik berperan dalam mengatur kadar gula dalam darah.

Kadar glikemik yang rendah memastikan pelepasan gula ke aliran darah dilakukan sedikit demi sedikit. Jika kadar glikemik tinggi, maka gula yang terlepas ke dalam aliran darah juga tinggi sehingga bisa menyebabkan penyakit diabetes. (Baca juga: hubungan gagal ginjal dengan diabetes dan kenapa dibetes menyebabkan gagal ginjal.)

Selain mengandung kadar glikemik yang rendah, buah pir juga mengandung flavonoid. Zat ini dapat mengaktifkan insulin yang berfungsi untuk mengubah gula menjadi energi. Insulin yang rusak adalah penyebab seseorang terkena diabetes.

Sponsors Link

  • Sumber Vitamin C

Satu butir buah pir memberikan kebutuhan 12% vitamin C harian. Vitamin C, yang juga disebut sebagai asam askorbat, adalah salah satu antioksidan yang baik. Vitamin ini dapat membantu melindungi DNA, menghentikan mutasi sel, mempertahankan metabolisme dan memperbaiki jaringan.

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah pir terletak pada kulitnya. Selain fungsi di atas, vitamin C yang tinggi dapat meningkatkan imunitas kulit sehingga dapat mencegah sumber penyakit masuk ke dalam tubuh, memperbarui sel-sel tubuh, membantu menyembuhkan luka dan memar dan melawan penyakit menular.

  • Sumber Antioksidan

Selain kulit pir mengandung vitamin C yang tinggi, masih banyak zat antioksidan lain di dalamnya, seperti polifenol, asam fenolat dan flavonoid. Ketiga zat tersebut dapat mencegah pembentukan penyakit dan memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi.

Kandungan vitamin C dan antioksidan juga dapat mencegah penyakit kanker dan merupakan zat antiinflamasi. Buah pir juga mengandung super antioksidan, yaitu glutathione. Zat ini dapat mencegah pembentukan sel-sel kanker, tekanan darah tinggi dan stroke.

  • Memperbaiki Kesehatan Jantung

Kandungan antioksidan dan zat-zat penting dalam buah-buahan dapat membantu membersihkan pembuluh darah sehingga peredaran darah lancar. Kandungan serat yang tinggi dapat mengurangi kolesterol sehingga kerja jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh juga terbantu. 

Sponsors Link

  • Menjaga Kesehatan Tulang

Buah pir juga mengandung vitamin K. Vitamin ini bekerja bersama dengan kalsium, magnesium dan fosfor untuk mencegah kerusakan tulang. Bahkan dikatakan bahwa vitamin K adalah nutrisi yang paling penting untuk mencegah penyakit osteoporosis.

Selain itu, buah ini juga mengandung boron. Boron dapat membantu menambah kepadatan mineral tulang, mencegah osteoporosis. Boron juga dapat mengobati peradangan, seperti artritis, dan meningkatkan kekuatan serta masa otot.

  • Menghancurkan Batu Ginjal

Satu butir pir mengandung 212 miligram potasium yang dapat mengobati batu ginjal. Zat ini dapat menghancurkan batu pada ginjal dan mengeluarkannya dalam bentuk butiran sebesar pasir bersama urine. Anda juga perlu membaca jenis-jenis batu ginjalpenyebab ginjal batupenyebab batu ginjal pada wanitaciri-ciri penyakit ginjaltanda-tanda batu ginjalgejala batu ginjal pada pria, penanganan batu ginjalcara mengobati batu ginjal, dan cara mengeluarkan batu ginjal secara alami.

Itulah manfaat buah pir yang baik untuk mengobati penyakit ginjal. Baca juga macam-macam penyakit ginjalpenyebab penyakit ginjal dan cara mengatasi penyakit ginjal.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan