Sponsors Link

7 Manfaat Buah Nanas Untuk Ginjal – Kandungan – Cara Mengkonsumsi

Sponsors Link

Buah-buahan memang bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu buah yang bermanfaat bagi kesehatan adalah nanas. Selain kandungan serat yang tinggi, nanas juga berasa asam dan manis. Buah ini biasanya menjadi salah satu pilihan camilan buah di siang hari yang terik.

ads

Selain rasanya manis dan kandungan serat yang tinggi, nanas juga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan ginjal. Buah yang banyak tubuh di daerah tropis ini dikatakan dapat menjaga kesehatan ginjal dan mengobati penyakit ginjal.

Apa saja manfaat buah nanas untuk ginjal dan tubuh? Berikut penjelasannya.

Manfaat Buah Nanas Untuk Ginjal dan Tubuh

  • Membersihkan Ginjal

Buah nanas memiliki fungsi diuretik yang dapat meningkatkan pengeluaran urine. Hal ini juga didukung dengan kandungan air dalam buah nanas. Jika urine bisa keluar dengan lancar dari dalam tubuh, maka tidak ada zat-zat atau racun yang tertumpuk di dalam ginjal sehingga kemungkinan terbentuknya batu ginjal menjadi kecil.

  • Memelihara Kesehatan Ginjal

Nanas mengandung enzim bromelain. Enzim ini dapat membantu tubuh untuk mencerna protein sehingga tidak terdapat protein dalam urine. Selain itu, enzim ini juga dapat mencegah pembekuan darah. Jika darah membeku, maka peredaran darah tidak lancar sehingga ginjal harus bekerja ekstra untuk menyaring darah. Dengan adanya enzim ini, kerja ginjal menjadi lebih mudah.

Nanas juga mengandung kalium yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Jika elektrolit dalam tubuh seimbang, maka tubuh dapat mengoptimalkan kinerja ginjal dan dapat meredakan nyeri pada otot.

  • Menghancurkan Batu Ginjal

Sebagaimana halnya beberapa buah-buahan berakhir lainnya, nanas juga mengandung beberapa mineral, diantaranya potasium. Potasium dapat membantu meluruhkan batu ginjal dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Anda juga perlu membaca jenis-jenis batu ginjalpenyebab ginjal batupenyebab batu ginjal pada wanitaciri-ciri penyakit ginjaltanda-tanda batu ginjalgejala batu ginjal pada pria, penanganan batu ginjalcara mengobati batu ginjal, dan cara mengeluarkan batu ginjal secara alami.

  • Memiliki Sifat Antiinflamasi

Buah semangka memiliki sifat antiinflamasi. Hal ini berarti mengonsumsi buah nanas dapat meredakan dan mencegah peradangan pada sendi sehingga mencegah timbulnya asam urat.

  • Sebagai Antioksidan Alami

Salah satu zat yang termasuk dalam antioksidan alami adalah vitamin A dan C. Buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Dalam 1 buah nanas segar dapat memenuhi 131% kebutuhan vitamin C harian. Sedangkan 1 buah nanas berkontribusi terhadap pemenuhan kebutuhan vitamin A harian sebesar 2%.

Sponsors Link

Antioksidan berperan sebagai zat yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan dan membentuk sel-sel kanker, termasuk membuang racun-racun dari dalam tubuh. Antioksidan juga dapat meningkatkan sistem imun sehingga tubuh tahan terhadap serangan virus. Selain itu, antioksidan juga berperan dalam mencegah terjadinya penuaan dini.

Orang yang sangat sibuk, sering terpapar polusi dan terkena penyakit flu sangat disarankan untuk menambah asupan vitamin C setiap hari agar kesehatan tubuh tetap terjaga dan mencegah timbulnya stress, selain membantu menyembuhkan penyakit flu.

ads

  • Tinggi Serat dan Rendah Protein

Sebagaimana buah-buahan dan sayuran pada umumnya, buah nanas mengandung banyak serat. Dalam 1 buah nanas segar terdapat sekitar 2,3 gram serat. Serat berfungsi untuk mengikat kolesterol jahat dan mengeluarkannya dari dalam tubuh. Selain itu, serat juga berfungsi untuk melancarkan pencernaan.

Kandungan protein dalam 1 butir nanas adalah sebesar 1 gram. Jumlah ini sangat aman bagi penderita penyakit ginjal, gagal ginjal akut atau pun gagal ginjal kronis. Walaupun protein sangat baik bagi tubuh, jumlah protein yang tinggi dapat mengakibatkan tubuh tidak bisa mencerna protein sehingga protein tercampur ke dalam urine yang menjadi gejala awal penyakit ginjal. Anda juga perlu membaca ciri-ciri gagal ginjal awal.

  • Menambah Energi dan Mencegah Dehidrasi

Dalam 1 butir buah nanas terdapat 82 kalori yang juga terdiri dari 23 gram karbohidrat, termasuk 16 gram gula. Jumlah kalori, kabohidrat dan gula tersebut cukup untuk memberikan tambahan energi lebih banyak sehingga tubuh bisa beraktivitas lebih lama. Selain itu, setiap 100 gram nanas terdapat 55 gram air. Jumlah yang cukup untuk mengurangi rasa haus dan dehidrasi.

Kandungan Vitamin dan Mineral dalam Buah Nanas

Selain beberapa vitamin dan mineral yang telah disebutkan di atas, nanas juga masih memiliki beberapa vitamin dan mineral lainnya, yaitu:

  • Vitamin B1 dan B6
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Kalsium
  • Mangan
  • Flouride
  • Asam folat
  • Zat besi
  • Yodium
  • Zinc
Sponsors Link

Cara Mengonsumsi Buah Nanas Untuk Kesehatan Ginjal

Untuk mengobati penyakit ginjal, Anda disarankan untuk mengonsumsi 5 gelas jus buah nanas setiap harinya.

Caranya:

  1. Potong kecil-kecil 1 buah nanas segar
  2. Siapkan 250 ml susu beras dengan cara mencuci beras dengan air matang sebanyak 300 ml. Air cucian beras tersebutlah yang disebut dengan susu beras.
  3. Blender potongan nanas dengan susu beras.

Itulah manfaat dan cara mengonsumsi buah nanas untuk mengobati ginjal. Selain mengonsumsi jus nanas 5 kali sehari, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan cara minum minimal 1,5 liter air putih setiap hari. Jika Anda tidak mudah haus, maka Anda perlu berolahraga untuk merangsang rasa haus. Selain itu, Anda harus mengurangi konsumsi garam dan protein dan menghindari mengonsumsi suplemen protein. Hal ini karena kedua zat tersebut dapat memperberat kerja ginjal. Selamat mencoba.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan