Sponsors Link

6 Manfaat Buah Naga untuk Ginjal – Cara Mengkonsumsi – Kandungan Vitamin

Sponsors Link

Ginjal adalah dua organ yang berbentuk mirip kacang yang terletak di kedua sisi tulang belakang, tepatnya berada di atas pinggul. Organ ini memiliki fungsi penting bagi tubuh, yaitu menyaring sisa-sisa metabolisme yang dibawa oleh darah. Sisa-sisa metabolisme tersebut dikeluarkan dalam bentuk urine. Jika ginjal mengalami masalah, maka masalah itu juga akan berimbas pada organ lain. (Baca juga: penyebab ginjal bermasalah, tanda awal ginjal bermasalah dan ciri-ciri ginjal bermasalah.

ads

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ginjal yang bermasalah sebenarnya dapat diobati dengan pengobatan alami, salah satunya adalah dengan mengonsumsi buah naga. Buah naga berasal dari beberapa jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus, yang berasal dari Meksiko,  El Salvador dan Bolivia. Namun, buah ini telah dibudidayakan di benua Asia, termasuk Filipina, Malaysia, Taiwan, Vietnam dan tentunya Indonesia.

Jika Anda sedang menjalani diet, mungkin nama buah naga tidak akan asing di telinga Anda. Pasalnya, buah naga ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan dan menghilangkan kolesterol. Berikut akan dibahas tentang manfaat buah naga bagi tubuh, termasuk bagi organ ginjal, cara mengonsumsi untuk mengobati ginjal dan kandungan vitamin di dalamnya.

Manfaat Buah Naga Bagi Tubuh

Selain kaya serat, buah naga juga kaya manfaat. Beberapa manfaat tersebut antara lain:

  • Membantu Proses Detoksifikasi

Sebagaimana halnya manggis yang memiliki kulit tebal, buah naga juga memiliki kandungan antioksidan. Kandungan ini berfungsi untuk menetralkan racun atau zat berbahaya yang berasal dari makanan kemasan atau cepat saji, rokok dan polusi. Selain itu, kandungan ini juga dapat memberikan efek anti penuaan, mencegah penyakit jantung, menguatkan sistem imun dan melindungi sistem saraf.

  • Mencegah Kanker

Buah naga yang dagingnya berwarna merah mengandung lycopene. Lycopene berfungsi untuk menurunkan risiko terkena kanker prostat dan menurunkan tekanan darah. Selain lycopene, buah naga juga mengandung betakaroten yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang dapat membentuk sel-sel kanker. Kandungan vitaminnya juga dapat mengeluarkan racun logam yang dapat menyebabkan kanker.

  • Mencegah Diabetes

Badan Litbang Pertanian RI menyatakan bahwa buah naga dapat menyeimbangkan gula darah. Ketidakmampuan tubuh dalam menyeimbangkan gula darah dapat menyebabkan diabetes. Selain itu, kadar gula dalam buah ini sangat kecil sehingga baik bagi penderita diabetes. Anda juga perlu membaca hubungan gagal ginjal dengan diabetes dan kenapa dibetes menyebabkan gagal ginjal.

  • Menurunkan Kolesterol, Mencegah Serangan Jantung dan Meringankan Batuk dan Sesak Napas

Tidak hanya buah alpukat yang mengandung omega 3, tetapi juga buah naga. Asam lemak omega 3 adalah lemak baik yang dapat mengeluarkan kolesterol dari dalam tubuh. Asam ini terdapat pada biji-biji buah naga yang berwarna hitam. Selain omega 3, buah naga juga mengandung omega 6 yang dapat meringankan kerja kardiovaskular. Selain itu, omega 3 dan 6 dapat meringankan batuk dan sesak napas. 

Sponsors Link

  • Meningkatkan Napsu Makan dan Mencegah Beri-Beri Kering

Buah naga mengandung vitamin B1 dan B2 yang dapat meningkatkan napsu makan. Selain itu, vitamin B1 berperan sebagai koenzim yang berperan mengubah karbohidrat menjadi energi. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan penyakit polyneuritis atau yang biasa disebut beri-beri kering. Penyakit yang menyerang saraf ini terjadi karena kinerja saraf atau jaringan saraf terganggu karena kurangnya energi untuk melakukan transmisi.

  • Menjaga Kesehatan Ginjal

Fungsi buah naga yang dapat menjaga kesehatan ginjal berkaitan dengan kandungan zat tokoperol di dalamnya. Zat ini dapat meluruhkan batu ginjal yang terbentuk dari zat-zat yang tertimbun yang tidak keluar bersama urine. Batu ginjal juga bisa disebabkan karena penderita sering menahan kencing. (Baca juga: bahaya menahan kencing terlalu lama). Anda juga perlu mengetahui tentang penyebab ginjal batu, penyebab batu ginjal pada wanitaciri-ciri penyakit ginjal, tanda-tanda batu ginjalgejala batu ginjal pada pria, penanganan batu ginjalcara mengobati batu ginjal, dan cara mengeluarkan batu ginjal secara alami.

Cara Mengonsumsi Buah Naga untuk Atasi Penyakit Ginjal

Penderita penyakit ginjal dapat mengonsumsi buah naga seperti biasanya. Namun, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencukupi kebutuhan air putih bagi tubuh. Tubuh membutuhkan air sekitar 1,5 liter per hari. Dengan cukup mengonsumsi air dalam sehari, maka secara tidak langsung Anda telah membantu kinerja ginjal dalam membuang sisa-sisa metabolisme yang menumpuk bersama dengan kencing.

Sponsors Link

Setelah Anda rajin mengonsumsi air putih, langkah kedua adalah dengan mengonsumsi buah naga setiap hari. Mengonsumsi buah bisa Anda lakukan setiap pagi sebagai pengganti sarapan. Hal ini baik karena selain dapat meluruhkan batu ginjal, juga dapat membantu kinerja pencernaan di pagi hari dan dapat mengenyangkan sehingga cukup untuk kebutuhan energi Anda hingga siang hari.

Kandungan Protein, Lemak Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah naga, antara lain: provitamin A, vitamin B1 dan B2, fosfor, zat besi, niasin, kalsium dan air. Selain mengandung vitamin dan mineral, buah naga juga mengandung protein dan lemak. Setiap 100 gram buah naga terdapat 0,16-0,23 gram protein dan 0,21-0,61 gram lemak. Ada juga kandungan serat sebanyak 0,7-0,9 gram.

Itulah manfaat buah naga untuk ginjal. Selain mengonsumsi buah naga, Anda juga perlu memperhatikan kebutuhan air bagi tubuh Anda untuk memberikan dampak besar pada kesembuhan ginjal Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan