Sponsors Link

8 Manfaat Buah Merah Untuk Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Buah merah juga dikenal sebagai pandan merah dan pandan minyak. Buah ini banyak dijumpai di daerah pegunungan wilayah Papua, terutama di daerah Gunung Jayawijaya (Wamena dan Tolikara), Jayapura, Manokwari, Nabire, Timika, dan Ayamaru Sorong.

ads

Tanaman yang memiliki nama latin Pandanus conoideus ini berasal dari family pandan. Panjang tanaman yang memiliki penampakan seperti wortel atau jagung besar ini bisa mencapai 100 cm dengan diameter 18 cm dan berat sekitar 7.5 kg. Tanaman ini baru berbuah setelah 3 tahun masa tanam. Tanaman ini menjadi sajian penting setiap pesta masyarakat Papua.

Selain dikonsumsi sebagaimana biasanya mengonsumsi buah, ternyata buah ini memiliki banyak manfaat dan nutrisi penting bagi tubuh. Salah satu manfaatnya adalah baik untuk mengobati penyakit ginjal. Apa saja manfaat buah merah untuk ginjal? Berikut penjelasannya. (Baca juga: penyebab ginjal bermasalahpenyebab penyakit ginjaltanda awal ginjal bermasalahgejala penyakit ginjal dan pengobatannya, ciri-ciri ginjal bermasalahmacam-macam penyakit ginjal dan cara mengatasi penyakit ginjal.)

Manfaat Buah Merah Untuk Ginjal

  • Mengobati penyakit HIV/AIDS

Dari sekian banyak makanan dan suplemen, buah merah terbukti ampuh mengobati penyakit HIV/AIDS. Hal ini karena buah merah mengandung dua zat antioksidan, yaitu tokoferol (11.000 ppm)  dan betakaroten (700 ppm). Tidak hanya karena kedua zat tersebut adalah zat antioksidan, tetapi jika kedua zat itu bergabung, maka virus penyebab penyakit HIV/AIDS dapat dilumpuhkan. Kedua zat tersebut bekerja dengan memecah asam amino yang menjadi makanan virus penyebab penyakit itu.

Selain itu, buah merah juga kaya protein. Protein diperlukan oleh penderita HIV untuk memulihkan kesehatan tubuh dengan cara memperbaiki kembali sel-sel yang rusak. Agar bisa menjadi obat yang efektif untuk menyembuhkan HIV/AIDS, maka sebaiknya buah ini dikonsumsi dengan sambiloto dan pegagan. Sambiloto memiliki sifat antibiotik dan antiradang sedangkan pegagan memiliki sifat antivirus.

  • Menyembuhkan penyakit Kanker

Kanker timbul karena adanya sel abnormal yang menyebar dengan cepat ke seluruh tubuh. Tumbuhnya sel abnormal dapat dipicu oleh radiasi, zat karsinogen virus atau hormon. Karena buah naga memiliki kandungan betakaroten dan tokoferol, gabungan keduanya dapat menguatkan sistem imun yang dapat menangkal radikal bebas dan menghambat terbentuknya sel-sel kanker, terutama kanker ginjal.

Selain itu, kandungan zat dalam buah merah dapat menemukan letak sel kanker dan memastikannya tidak menyebar ke seluruh tubuh. Kandungan omega 3-nya juga mampu memperbaiki sel-sel dan jaringan yang rusak, terutama pada penderita kanker payudara.

Sponsors Link

  • Mengobati Hepatitis

Penyakit hepatitis biasanya muncul karena adanya virus yang menyerang hati sehingga kerja hati terganggu. Jika tidak ditangani dengan baik, maka penyakit ini bisa berkembang menjadi kanker hati (sorosis.) Ekstrak buah merah mengandung zat antivirus and antioksidan yang dapat mencegah perkembangan sel kanker. Selain itu, buah merah juga dapat membantu pembentukan kembali sel-sel hati.

ads

  • Membantu mencegah Stroke

Stroke adalah penyakit yang biasa terjadi setelah seseorang terkena hipertensi. Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi di mana tensi darah berada pada angka 140 hingga 190 mm Hg. Hal ini disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah menuju ke otak, darah membeku dan darah yang tidak mengalir dengan lancar.

Buah naga mengandung tokoferol yang dapat membantu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh sehingga pasokan oksigen dalam tubuh dapat terpenuhi. Hal ini dapat menurunkan tekanan darah dan membantu jantung bekerja normal sehingga aliran darah menjadi lancar dan tidak ada penggumpalan darah.

  • Mencegah dan mengobati Diabetes

Diabetes terjadi ketika pankeras tidak lagi memproduksi insulin. Insulin berfungsi untuk mengubah gula menjadi energi. Tanpa adanya insulin, jumlah gula yang didapat dari makanan yang dikonsumsi tidak dapat diubah menjadi energi sehingga gula tersebut tercampur dalam darah dan menyebabkan diabetes. Tokoferol dalam buah merah dapat mengurangi kadar gula dalam darah. Tokoferol bekerja dengan cara membantu kerja pankreas untuk memproduksi insulin secara teratur.

Baca juga hubungan diabetes dengan gagal ginjal kronikhubungan gagal ginjal dengan diabetes,  kenapa dibetes menyebabkan gagal ginjal dan makanan untuk penderita ginjal dan diabetes.

  • Mencegah Osteoporosis

Buah merah kaya kalsium dan mengandung beberapa mineral lain yang diperlukan untuk mempertahankan kesehatan tulang dengan cara membantu pembentukan tulang dan mencegah osteoporosis. Dalam 100 gram buah merah terdapat 55 mg kalsium. Jumlah itu cukup besar untuk kebutuhan kalsium harian kita.

  • Meningkatkan fungsi otak

Seperti disebutkan sebelumnya, buah merah mengandung omega 3. Tidak hanya itu, buah merah juga mengandung omega 6. Keduanya bekerja sama membantu kerja otak sehingga dapat meningkatkan kecerdasan. Karena fungsi ini, buah ini juga baik dikonsumsi oleh anak-anak.

  • Mengobati penyakit Lupus

Lupus adalah penyakit autoimun di mana mekanisme pertahanan tubuh menyerang seluruh sel-sel jahat dan baik dari dalam tubuh. Tanda-tanda dari penyakit ini adalah munculnya luka pada sendi, kulit, darah hati serta paru-paru. Buah merah mengandung zat yang dapat memperbaiki kondisi autoimun sehingga sistem pertahanan tubuh dapat membedakan sel baik dan jahat.

Itulah beberapa kandungan dan manfaat buah merah untuk ginjal dan tubuh. Mengonsumsi buah-buahan ini dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit yang juga bisa menyerang organ ginjal. (Baca juga: buah-buahan obat ginjal dan sayuran untuk ginjal bocor.)

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan