Sponsors Link

6 Manfaat Buah Manggis Untuk Ginjal – Kandungan – Cara Mengkonsumsi

Sponsors Link

Manggis adalah pohon tropis dengan kulit merah keungunan dan daging yang berwarna putih. Buah ini diyakini berasal dari Semenanjung Melayu kemudian menyebar ke Kepulauan Nusantara. Pohonnya yang bisa tumbuh hingga 25 meter ini hanya bisa tahan pada suhu yang hangat dan stabil.

ads

Buah ini memiliki rasa yang asam dan sedikit manis dengan tekstur daging yang lembut. Dagingnya yang berwarna putih memiliki banyak serat yang baik untuk pencernaan. Tidak hanya baik untuk dikonsumsi sebagai buah, manggis juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk mencegah penyakit ginjal. Berikut manfaat buah manggis untuk ginjal dan tubuh. (Baca juga: penyebab ginjal bermasalahpenyebab penyakit ginjaltanda awal ginjal bermasalahgejala penyakit ginjal dan pengobatannya, ciri-ciri ginjal bermasalahmacam-macam penyakit ginjal dan cara mengatasi penyakit ginjal.)

Manfaat Buah Manggis Untuk Ginjal dan Tubuh

1. Mengobati Kanker

Buah manggis sering diteliti untuk keperluan zat anti-kankernya. Hasil dari penelitian-penelitian tersebut menyebutkan bahwa manggis adalah buah yang dapat memerangi penyakit kanker. Buah manggis sendiri kaya akan zat xanthone, terdapat sekitar 20 jenis xanthone, yang merupakan zat antioksidan. Zat ini dapat digunakan sebagai obat pencegah penyakit kanker atau pengobat kanker dengan gabungan beberapa terapi lain.

Selain itu, ekstrak zat ini juga terbukti dapat mengobati kanker usus. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi buah manggis dapat memperlambat pembentukan kanker prostat bagi pengonsumsinya. Selain keunggulannya tersebut, kandungan xanthone yang banyak terdapat dalam buah manggis juga dapat dikonsumsi untuk terapi penyakit kanker payudara dan kanker kulit. Kandungan zat ini tidak hanya ditemukan dalam buahnya, tetapi juga kulit hingga daunnya sehingga seluruh bagian buah manggis sangat baik untuk mengobati kanker, termasuk kanker ginjal.

2. Mencegah peradangan dan alergi

Sebuah penelitian membuktikan bahwa ekstrak buah manggis mengandung zat anti-inflamasi dan anti-alergi. Kandungan zat anti-inflamasi ini terdapat pada senyawa bioaktif yang terdapat pada buah mangga yang disebut alfa- dan gama-mangonstins. Bahkan, penelitian lain membuktikan bahwa ekstrak buah manggis memiliki kandungan anti-inflamasi dan anti-alergi yang lebih tinggi dibandingkan dengan obat-obatan yang ada di pasaran.

3. Menurunkan gula darah

Berbeda dari buah-buahan pada umumnya yang dapat menurunkan gula darah karena kandungan seratnya, buah mangga menurunkan gula darah karena memiliki zat penghambat alpha-amilase. Zat ini bekerja dengan cara menghambat kerja enzim yang bertugas mengubah sari pati menjadi gula. Sebuah penelitian menemukan bahwa zat ini hampir sama dengan kandungan yang terdapat dalam akarbose atau obat diabetes. Jika gula darah turun, maka risiko terkena penyakit diabetes juga menurun. Anda perlu membaca hubungan diabetes dengan gagal ginjal kronikhubungan gagal ginjal dengan diabeteskenapa dibetes menyebabkan gagal ginjal dan makanan untuk penderita ginjal dan diabetes.

Sponsors Link

Zat penurun gula darah ini berasam dari asam tanat dan kompleks oligomer proantosianidin atau OPCs (Oligomeric Proanthocyanidin Complexes). OPCs adalah metabolit alami yang biasa terkandung dalam buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, bunga dan kulit ari. Selain baik untuk menurunkan gula darah, OPCs juga berperan sebagai zat antioksidan, antivirus, antibakteri, antikasiogenik, antiinflamasi dan antialergi.

ads

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa faktor yang bisa menyebabkan penyakit jantung antara lain peningkatan tekanan oksidatif dan kurangnya antioksidan dalam tubuh. Tekanan oksidatif terjadi ketika produksi radikal bebas dan kemampuan tubuh dalam menangkal efek radikal bebas atau kemampuan tubuh untuk mengeluarkan racun secara alami dari dalam tubuh tidak seimbang. Kandungan xanthone sebagai salah satu zat antioksidan sangat efektif dalam meningkatkan kesehatan jantung.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah manggis kaya akan vitamin C. Vitamin ini sudah dikenal luas sebagai salah satu zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan menghancurkan virus penyebab berbagai penyakit. Vitamin C bekerja dengan meningkatkan produksi dan fungsi leukosit atau sel darah putih yang bertugas melindungi tubuh dari serangan penyakit menular. Konsumsi vitamin C juga sangat dianjurkan bagi mereka yang sangat sibuk dan sering terpapar polusi.

6. Melancarkan pencernaan

Buah manggis juga kaya serat sehingga dapat dikonsumsi untuk membantu melancarkan pencernaan. Serat juga terbukti menyembuhkan sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Dengan mengonsumsi banyak serat, jumlah probiotik dalam tubuh, termasuk usus, meningkat yang membuat pencernaan menjadi lancar.

Anda juga perlu membaca khasiat buah manggis untuk ginjal.

Kandungan Nutrisi Buah Manggis

Kandungan nutrisi tiap 100 gram buah manggis adalah:

  • Jumlah kalori 63
  • Karbohidrat: 15,6 gram
  • Protein: 0,5 gram
  • Lemak: 0,4 gram
  • Serat: 5,1 gram
  • Vitamin C: 7,2 miligram (12% dari kebutuhan harian)
  • Zat besi: 0,36 miligram (2% dari kebutuhan harian)
  • Vitamin A: 50 IU (1% dari kebutuhan harian)
  • Kalsium 10 miligram (1% dari kebutuhan harian)

Cara Memanfaatkan Kulit Manggis Untuk Obat Ginjal

Untuk mendapatkan manfaat kulit manggis, acaranya adalah:

  1. Siapkan 100 gram kulit manggis segar, lalu cuci bersih
  2. Rebus dalam 500 ml air dan biarkan hingga air tinggal setengahnya
  3. Saring air rebusan kulit manggis lalu konsumsi air tersebut secara teratur setiap hari.

Selain cara tersebut, Anda juga dapat membaca beberapa cara lain mengolah kulit manggis untuk mengatasi penyakit ginjal dengan membaca cara mengobati ginjal dengan kulit manggis.

Itulah manfaat, kandungan buah dan cara mengolah kulit manggis untuk mengobati penyakit ginjal. Selain mengonsumsi manggis, Anda juga disarankan untuk memenuhi kebutuhan air setiap hari sebanyak minimal 1,5 liter.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan