Sponsors Link

Manfaat Buah Bit Untuk Gagal Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Dewasa ini, pengobatan melalui cara tradisional cukup marak. Selain dinilai lebih alami dibandingkan menggunakan obat-obatan kimia, pengobatan tradisional juga dianggap memiliki khasiat yang nyata. Salah satu penyakit berat yang juga marak memakai metode pengobatan tradisional adalah gagal ginjal. Dan salah satu tanaman yang bisa menjadi bahan untuk pengobatan gagal ginjal adalah buah bit. (Baca juga macam-macam penyakit ginjalkebiasaan penyebab gagal ginjal dan cara mencegah gagal ginjal.)

ads

Buah bit sendiri adalah sejenis tanaman umbi-umbian yang banyak digunakan untuk pengobatan tradisional atau alami. Buah bit bisa dikonsumsi dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, dijus, atau dimakan mentah-mentah. Buah yang tumbuh di dalam tanah ini juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan selain untuk mengobati gagal ginjal. Contoh manfaat buah bit adalah untuk mengobati gangguan kandung empedu, kanker, membantu perawatan kulit, meningkatkan sirkulasi darah, mencegah katarak, paru-paru, mencegah kanker usus besar, dan manfaat lainnya. Dan kabar baiknya, buah bit tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol.

Sebenarnya buah bit bukanlah bagian dari buah-buahan, buah bit merupakan sayuran yang tumbuh di dalam tanah dengan warna merah gelap. Buah bit memiliki kandungan kalium, vitamin A, viamin B6, vitamin B9, vitamin C, karbohidrat,magnesium, zat besi, protein, antioksidan, serat larut. Disebutkan bahwa mengkonsumsi setengah cangkir buah bit yang sudah masak sudah mampu memenuhi 17 persen dari total 400-600 mikogram asupan folat harian yang direkomendasikan.

Penyebab gagal ginjal saat ini lebih banyak dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup. Pola makan dan gaya hidup tak sehat dapat memicu menurunnya fungsi ginjal. Sering mengkonsumsi minuman pembangkit tenaga, penyedap makanan sintetis, dan merokok juga bisa menjadi penyebab rusaknya ginjal.

Penanganan serta pengobatan gagal ginjal juga tergantung dari penyebab terjadinya kegagalan fungsi ginjal itu sendiri. Tujuan dari pengobatan itu sendiri adalah mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi, dan memperlambat perkembangan penyakit. Buah bit dapat menjawab kebutuhan terapi ini. kandungan yang dimiliki oleh buah ini sangat cocok dijadikan sebagai salah satu bahan untuk terapi pengobatan gagal ginjal. Jadi, apakah manfaat buah bit untuk gagal ginjal? Baca juga tingkatan stadium gagal ginjalperbedaan gagal ginjal akut dan kronik, gagal ginjal kronis dan gagal ginjal akut.

Ekstrak buah bit

Kandungan kimia dalam ekstrak buah bit dapat berperan sebagai anti-hipertensi atau penurun tekanan darah. Selain itu kandungan ini juga bisa berfungsi sebagai penurun kadar gula darah sebagai efek hipoglikemik. Ekstrak buah bit juga bisa menjadi bahan untuk antioksidan, antiinflamimasi atau anti peradangan, serta merupakan bahan yang bersifat hepatoprotektif yaitu melindungi fungsi ginjal. Baca juga fungsi ginjal buatan.

Dengan kandungan ekstrak serta manfaat yang dimiliki oleh buah bit ini, dipercaya perkembangan penyakit gagal ginjal dapat ditekan dengan lebih baik bila diobati dengan buah bit. Buah bit bisa menjadi pembersih yang ampuh bagi ginjal. Buah ini juga bisa digunakan untuk membersihkan dan menetralkan racun yang ada dalam tubuh. Tak hanya itu, buah bit juga mampu melawan infeksi dan peradangan serta mengatasi batu ginjal. Baca juga penanganan batu ginjal, cara mengobati batu ginjal dan penyebab infeksi ginjal.

Sponsors Link

Kombinasi terbaik jus buah bit

Kombinasi terbaik untuk membuat ramuan tradisional dari buah bit adalah dengn meracik jus buah bit, wortel, dan mentimun. Kombinasi jus buah bit ini sudah dianggap sebagai salah satu cara terbaik untuk membersihkan penyakit ginjal dari racun yang tertimbun di kedua organ penyaringan tersebut. Sebagai buah yang dipercaya bermanfaat untuk detoksinifikasi atau pembuangan racun, buah bit sangat baik digunakan sebagai pembersih isi perut kita, serta menuntaskan masalah wasir.

Namun, di balik semua keunggulan dan kelebihan serta manfaat dari buah bit untuk gagal ginjal, ada penelitian lain yang mengatakan bahwa ekstrak dari buah bit pada takaran tertentu bisa meluruhkan batu kalsium pada ginjal, sehingga dianggap penggunaan ekstrak dari buah ini bisa menyebabkan penurunan kadar kalsium dalam tubuh.

Disebutkan juga bahwa buah bit jika dikonsumsi berlebihan pada penderita gagal ginjal tanpa memperhatikan derajat derajat gagal ginjal kebutuhan cuci darah atau hemodialisis, bisa memperburuk kondisi gagal ginjal. (Baca juga proses hemodialisis.)

Sponsors Link

Tentunya mengkonsumsi buah bit sehari-hari sangat dianggap aman. Namun, belum ada penelitian yang pasti yang bisa menyebutkan berapa takaran yang benar-benar aman dikonsumsi. Jika dikonsumsi dalam porsi yang berlebihan, dikhawatirkan dampak yang ditimbulkan buah bit pada ginjal menjadi kurang baik dan bisa sangat berbahaya atau bahkan memperparah kerusakan yang terjadi pada ginjal. Namun, jika dikonsumsi dengan takaran yang baik, manfaat buah bit ini sangatlah besar. Sayangnya, sebagian besar penelitian yang dilakukan pada buah ini lebih banyak menggunakan ekstrak buah bit yang kandungannya sulir ditakar. Sehingga masih belum jelas, berapa banyak buah bit yang aman untuk dikonsumsi.

Keputusan yang terbaik untuk terapi pengobatan gagal ginjal menggunakan buah bit adalah dengan meramu jus buah bit dengan kombinasi wortel dan mentimun. Meminumnya rutin bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengurangi gejala gagal ginjal. Satu hal yang harus diingat, “jangan sampai berlebihan mengonsumsi buah bit ketika Anda tengah menderita gagal ginjal”. Baca juga akibat gagal ginjal.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan