Sponsors Link

7 Manfaat Buah Apel Untuk Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Apel adalah buah-buahan yang sering menjadi pilihan pada menu salad. Walaupun banyak ditemui di Indonesia dengan berbagai Jenis, buah ini adalah mulai ditanam pertama kali di Asia Tengah. Buah apel memberikan banyak manfaat bagi tubuh jika langsung dikonsumsi ketika masih berbentuk buah dan segar. Namun, buah apel juga dapat dikonsumsi sebagai saus apel atau dioleh menjadi sari buah apel yang bisa diminum dan memberikan kesehatan untuk tubuh.

ads

Selain baik untuk dikonsumsi sebagai buah-buahan, buah apel memiliki banyak kandungan baik baik untuk tubuh. Selain mengandung serat, sebagaimana buah-buahan pada umumnya, apel juga mengandung vitamin dan zat-zat yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, termasuk penyakit ginjal. Apa saja manfaat buah apel untuk ginjal dan tubuh. Berikut penjelasannya. (Baca juga: penyebab ginjal bermasalahpenyebab penyakit ginjal, tanda awal ginjal bermasalah, gejala penyakit ginjal dan pengobatannya, ciri-ciri ginjal bermasalahmacam-macam penyakit ginjal dan cara mengatasi penyakit ginjal.)

Manfaat Buah Apel Untuk Ginjal dan Tubuh

  • Sumber Antioksidan

Apel adalah buah yang memiliki kandungan zat antioksidan dan flavonoid yang tinggi. Para peneliti telah lama setuju bahwa mengonsumsi apel yang tinggi flavonoid dapat mengurangi risiko pembentukan kanker pankreas hingga 23%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa zat-zat antioksidan yang terkandung dalam apel termasuk quercetin, catechin, phloridzin dan asam klorogenik. Zat-zat tersebut tidak hanya membantu menangkal radikal bebas, tetapi juga berperan sebagai anti proliteratif.

Suatu penelitian menunjukkan bahwa makanan yang mengandung anti-inflamasi, seperti apel, dapat mencegah terjadinya penyakit prostat. Selain itu, penelitian lain menunjukkan bahwa zat fitokimia tertentu yang terdapat pada kulit apel dapat membantu mencegah terbentuknya sel kanker pada usus besar.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Orang yang banyak mengonsumsi buah-buahan dan sayuran memiliki risiko kecil terkena penyakit jantung. Hal ini terkait dengan kandungan serat di dalam buah dan sayur. Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa makanan yang mengandung zat antioksidan mengalami risiko peradangan yang kecil sehingga dapat mencegah timbulnya penyakit jantung.

Selain itu, kandungan pectin dalam apel dikenal dapat mengurangi jumlah kolesterol dalam tubuh. Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi apel dapat membantu kerja metabolisme. Selain itu, buah-buahan yang kaya akan zat antioksidan terbukti dapat mencegah stroke, pecahnya divertikuli pada usus besar dan hipertensi.

  • Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya serat dipercaya dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, seperti kesehatan usus dan perut. Fitonutrien yang ditemukan dalam apel dapat membantu melindungi organ pencernaan dari tegangan oksidatif, menambah jumlah alkali dalam tubuh dan menyeimbangkan pH tubuh.

Selain itu, buah-buahan yang kaya serat, terutama pectin, dapat dikonsumsi sebagai obat alami untuk sembelit. Pectin juga dikenal sebagai diuretik alami, sehingga orang yang mengonsumsi buah apel akan terhindar dari rasa begah atau kembung.

  • Membantu Mencegah Diabetes

Para peneliti menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 5 kombinasi buah dan sayur setiap hari bisa terhindar dari risiko terkena penyakit diabetes pada orang dewasa. Kandungan flavonoid tertentu yang terdapat dalam apel dan buah-buahan lainnya terbukti dapat mengaktifkan kembali insulin yang rusak sehingga gula dalam tubuh bisa diubah menjadi energi, selain dapat mencegah kegemukan.

Serat dan antioksidan dalam buah apel juga berperan dalam mencegah timbulnya penyakit diabetes. Karena kandungan seratnya, apel juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hal ini karena serat berperan untuk mengeluarkan gula ke aliran darah sedikit demi sedikit. Baca juga hubungan diabetes dengan gagal ginjal kronikhubungan gagal ginjal dengan diabetes.,  kenapa dibetes menyebabkan gagal ginjal dan makanan untuk penderita ginjal dan diabetes.

  • Mengobati Gejala Asma

Sebuah penelitian dilakukan untuk mengetahui hubungan mengonsumsi buah-buahan dan apel terhadap asma. Dari sekian banyak sampel yang dilakukan, orang-orang yang mengonsumsi campuran berbagai macam buah-buahan memberikan dampak yang kecil pada pengobatan asma. Sebaliknya, orang yang mengonsumsi apel saja menunjukkan dampak besar pada pengobatan asma. Walaupun bawang dan teh mengandung fitokimia yang serupa, kandungan tersebut tidak membantu mengobati asma yang berarti bahwa terdapat kandungan unik dalam buah apel yang tidak dimiliki buah atau sayuran lain yang dapat mengobati asma.

  • Membantu Mencegah Peradangan

Fitokimia yang ditemukan dalam buah berwarna terang diketahui dapat mengurangi timbulnya banyak penyakit kronis. Hal ini karena fitokimia berperan untuk membersihkan arteri sehingga darah dapat mengalir lancar, tingkat kejadian peradangan yang rendah dan mencegah tekanan oksidatif.

  • Kaya Vitamin C

Kandungan vitamin C pada apel dipercaya sebagai zat antioksidan yang paling kuat. Satu butir apel memberikan 14% kebutuhan vitamin C harian yang penting untuk kesehatan kulit, kesehatan otak dan meningkatkan kekuatan imun. Vitamin C juga membantu menangkal radikal bebas, melindungi DNA dan sel dari mutasi dan perubahan bentuk.

Penelitian menunjukkan bahwa vitamin ini dapat menjaga kesehatan metabolisme dan memperbaiki jaringan, terutama jaringan mata dan kulit. Vitamin ini juga merupakan zat anti penuaan karena dapat menciptakan sel-sel baru, menyembuhkan luka dan lecet, melindungi tubuh dari infeksi bakteri atau virus dan mencegah kerusakan akibat sinar UV.

Sari Apel

Selain buahnya yang bermanfaat, cuka apel juga bermanfaat untuk membersihkan salurah kemih. Hal ini berguna untuk membersihkan ginjal dari zat-zat beracun, mencegah penyakit infeksi saluran kemih  dan Infeksi ginjal. (Baca juga infeksi saluran kemih jika tidak diobati.) Untuk membuatnya campur 6 ons air dengan satu sendok teh cuka sari apel. Konsumsi minuman ini 3 kali sehari sebelum makan selama 2 hari. Kemudian ulangi 4 hari kemudian.

Itulah manfaat buah dan sari apel bagi kesehatan ginjal dan tubuh. Sebaiknya Anda rajin mengonsumsi buah dan sayuran karena buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan ginjal dan tubuh.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan