Sponsors Link

5 Manfaat Biopsi Ginjal yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu bagian dari sistem ekskresi yang bertugas untuk menyaring limbah dari aliran darah dan membuang limbah tersebut dalam bentuk urine. Organ ginjal amat penting peranannya bagi tubuh. Jika ginjal terganggu maka metabolisme tidak lancar dan penumpukan limbah akan terjadi. Sehingga diperlukan pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit ginjal yang menyerang. Selain Prosedur CT Scan Ginjal dan Tes Urine Penyakit Ginjal, salah satu metode diagnosis dari penyakit ginjal adalah biopsi ginjal.

ads

Biopsi ginjal adalah pengambilan sejumlah sampel dari ginjal untuk diteliti lebih lanjut sehingga mudah mendeteksi adanya masalah pada ginjal. Berikut beberapa penjelasan mengenai manfaat Biopsi ginjal yang perlu diketahui dalam dunia kesehatan, antara lain sebagai berikut.

  1. Membantu menegakkan diagnosis

Salah satu fungsi utama mengapa dilakukan biopsi ginjal adalah untuk membantu menegakkan diagnosis kepada pasien mengenai penyakit ginjal yang dideritanya, baik itu penyakit karena kelainan primer maupun penyakit karena kesalahan sistemik. Diagnosis tentunya penting karena dari diagnosis tersebut bisa diketahui pengobatan dan penanganan yang tepat dari penyakit ginjal yang dideritanya.

  1. Mengetahui perjalanan penyakit ginjal

Manfaat biopsi ginjal selain untuk menegakkan diagnosis dari Penyakit Sistem Kemih terutama ginjal adalah untuk mengetahui bagaimana perjalanan penyakit ginjal. Dengan kata lain, pemeriksaan ini bisa membantu dokter mengetahui penyebab dari penyakit ginjal itu sendiri sehingga penanganan akan lebih terarah dengan mengobati penyebab yang ada.

  1. Menentukan rencana pengobatan

Pengambilan jaringan dari ginjal sebagai sampel juga akan bermanfaat untuk membantu dokter menentukan rencana pengobatan yang ada. Jika penyakit ginjal sudah diketahui jenisnya dan juga penyebabnya, maka akan lebih mudah bagi dokter untuk mengetahui pengobatan yang tepat. Tentunya ini penting karena pengobatan yang salah sasaran tidak akan berhasil. Dengan adanya diagnosis yang tepat dari biopsi ginjal, maka pengobatan akan lebih tepat sasaran.

  1. Mengetahui kapan pengobatan perlu dihentikan

Selain untuk mengetahui diagnosis, jenis penyakit, hingga pengobatan dari penyakit ginjal tersebut, biopsi ginjal juga bermanfaat untuk mengetahui kapan pengobatan perlu dihentikan. Hal ini juga penting karena biopsi ginjal juga bisa membantu dokter untuk mengetahui apakah kondisi ginjal pada pasien sudah membaik atau belum. Sehingga jika sudah dirasa tidak lagi membutuhkan pengobatan, pasien akan dibebaskan dari pengobatan tersebut.

  1. Membantu prosedur transplantasi ginjal

Manfaat biopsi ginjal lainnya juga untuk membantu prosedur transplantasi ginjal. Dimana biopsi ginjal bisa dilakukan pada pasien yang baru saja mendapatkan Transplantasi Ginjal. Terutama jika ginjal yang sudah ditransplantasikan ke pasien ternyata tidak bekerja dengan baik.

Sponsors Link

Dengan biopsi, dokter akan bisa mengetahui penyebab dari kegagalan transplantasi ginjal atau penyebab dari memburuknya kondisi ginjal yang ditransplantasikan kepada pasien tersebut. Biasanya biopsi ginjal pasca operasi transplantasi ginjal dilakukan setelah 3 bulan atau 1 tahun, dan menjadi sebuah prosedur umum atau Perawatan Pasca Transplantasi Ginjal yang perlu dilakukan.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai manfaat biopsi ginjal yang perlu diketahui sebagai salah satu metode diagnosis dan pengobatan beberapa penyakit ginjal. Jika muncul gejala gangguan terhadap ginjal, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Karena bisa jadi pemeriksaan biopsi ginjal direkomendasikan bagi Anda. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Pengobatan