Sponsors Link

Manfaat Biji Alpukat untuk Ginjal Kronis, Benarkah? Ini Jawabannya

Sponsors Link

Penyakit ginjal memang merupakan penyakit yang bisa menyebabkan penurunan fungsi ginjal dari waktu ke waktu. Penderita penyakit ini atau yang sering disebutkan sebagai gagal ginjal kronis memang perlu menjalani proses cuci darah atau Proses Hemodialisis yang tentunya harus dilakukan sesuai jadwal. Kondisi ini pasti membuat pasien menjadi tidak sabar, karena rutinitas cuci darah bukan hanya menyita tenaga dan waktu, melainkan juga menyita biaya. Akibatnya mereka mungkin akan mencari informasi pengobatan herbal yang bisa membantu.

ads

Salah satu Cara Mengobati Ginjal Bermasalah dari pengobatan herbal yang akhir-akhir ini ramai diperbincangkan adalah manfaat biji alpukat untuk ginjal. Jika buah alpukat memang dipercaya baik untuk kesehatan, maka beberapa informasi yang tersebar di dunia maya menyebutkan bahwa biji alpukat ternyata juga baik untuk ginjal. Benarkah demikian? Simak penjelasan berikut.

Manfaat Biji Alpukat untuk Metabolisme Tubuh

Biji alpukat memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi tubuh, di antaranya mengandung antioksidan, kalium, flavonoid, serat, dan berbagai senyawa bermanfaat lainnya. Berikut beberapa manfaat dari biji alpukat untuk tubuh.

  1. Meningkatkan sistem imun

Salah satu manfaat dari biji alpukat adalah untuk meningkatkan sistem imun pada tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan di dalamnya, yang bahkan kandungannya lebih banyak daripada kandungan antioksidan pada daging buah alpukat itu sendiri. Hal ini tentu akan berefek baik pada tubuh karena bisa mencegah dari berbagai macam penyakit.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat biji alpukat untuk ginjal lainnya adalah untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan kalium pada biji alpukat yang nantinya akan berperan sebagai vasolidator untuk menurunkan tekanan darah. Kalium ini juga bisa bermanfaat baik pada pembuluh darah dalam tubuh.

  1. Menurunkan kadar gula darah

Selain bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, biji alpukat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula di dalam darah. Tentunya hal ini akan berdampak baik pada penderita diabetes agar bisa mengendalikan kadar gula pada darahnya sehingga menjadi lebih aman.

  1. Menurunkan kolesterol

Kolesterol dimulai dari kadar lemak jahat yang berlebihan pada darah sehingga dapat menyebabkan berbagai gangguan pada tubuh. Biji alpukat mengandung lemak monosaturated yang bisa menurunkan tingkat kolesterol pada darah. Selain itu, daging buah alpukat juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada darah, sehingga cocok bagi penderita kolesterol.

Sponsors Link

Biji Alpukat bisa Atasi Gagal Ginjal Kronis, Benarkah?

Mungkin Anda pernah membaca mengenai permasalahan ini, dimana biji alpukat yang dikeringkan lalu ditumbuk dan dijadikan minuman herbal dipercaya dapat membantu mengobati penyakit ginjal seperti gagal ginjal kronis. Bahkan dengan melakukan cara itu, seseorang sudah tidak lagi membutuhkan cuci darah dan juga Obat Cuci Darah lagi. Namun ternyata hal tersebut tidak terbukti karena memang hingga saat ini belum ada penelitian lanjutan yang membuktikan permasalahan tersebut.

Biji alpukat memang merupakan bahan herbal yang memiliki manfaat untuk tubuh. Di antaranya adalah untuk menurunkan kadar gula dalam darah, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menurunkan lemak pada darah. Ketiga manfaat tersebut memang sudah dibuktikan dalam penelitian yang menggunakan sampel berupa tikus. Akan tetapi, hingga saat ini belum ada penelitian lanjutan yang menyebutkan tentang manfaat biji alpukat untuk ginjal, apalagi sakit ginjal.

Sponsors Link

Biji alpukat yang memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan juga menurunkan tekanan darah tinggi memang secara tidak langsung akan meringankan kinerja ginjal. Karena seperti yang diketahui bersama, ada Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik dan ada Hubungan Gagal Ginjal dan Hipertensi. Akan tetapi, manfaat secara langsung dari biji alpukat untuk gagal ginjal belum terbukti. Sehingga terlalu dini untuk menyebutkan bahwa biji alpukat yang diekstrak dapat menyembuhkan gagal ginjal, bahkan hingga tidak perlu cuci darah lagi.

Nah, sekarang sudah jelas bahwa manfaat biji alpukat untuk ginjal untuk gagal ginjal kronis yang selama ini tersebar itu belum terbukti. Maka dari itu, sebagai pengguna jejaring sosial dan internet yang bijak, kita memang perlu meneliti terlebih dahulu, apakah benar informasi tersebut atau belum terbukti. Sementara itu, pasien gagal ginjal tetap perlu untuk melakukan pemeriksaan dan mekanisme pengobatan medis yang direkomendasikan dokter.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat biji alpukat untuk ginjal yang ternyata belum terbukti secara ilmiah. Namun, mengonsumsi ekstrak biji alpukat akan bisa membantu meringankan beban kerja ginjal, terutama pada pasien yang menderita tekanan darah tinggi atau diabetes. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan