Sponsors Link

Manfaat Alang Alang untuk Ginjal yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Kesehatan ginjal tentunya perlu untuk dijaga. Jika tidak, maka bisa jadi ginjal akan mengalami berbagai macam gangguan. Akan tetapi, saat ini ada banyak bahan herbal yang dipercaya mampu membantu mengatasi berbagai keluhan kesehatan pada ginjal. Salah satunya adalah alang-alang. Alang-alang itu sendiri adalah tanaman yang sering ditemui di Indonesia, sehingga akan lebih terjangkau. Apa saja manfaat alang alang untuk ginjal? Berikut penjelasannya.

ads

Manfaat Alang-alang bagi Ginjal

Alang-alang adalah salah satu tanaman dengan nama latin Imperata cylindrica. Tanaman ini sering dikaitkan dengan pengobatan ginjal. Berikut beberapa manfaat dari alang-alang untuk ginjal.

  1. Membantu meredakan gejala demam dari infeksi saluran kemih

Penyakit Infeksi Saluran Kemih adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan ginjal dan urine. Penyakit ini menciptakan gejala demam pada penderitanya. Tanaman alang-alang merupakan salah satu tanaman yang bisa membantu meredakan gejala demam tersebut asal dikonsumsi secara tepat. Bahkan memang ada penelitian yang menunjukkan bahwa alang-alang memang memiliki efek antipiretik yang baik sehingga bisa dimanfaatkan untuk meredakan demam.

  1. Diuretik alami

Diuretik adalah efek yang dibutuhkan agar bisa lebih cepat meluruhkan urine sehingga urine lebih cepat diproduksi dan dikeluarkan. Efek diuretik ini dibutuhkan oleh pasien penyakit ginjal, terutama yang sudah mengalami gejala edema atau pembengkakan. Alang-alang ternyata juga memiliki efek diuretuk alami. Bahkan ekstrak etanol dari akar alang-alang yang diteliti memiliki efek yang sama dengan furosemid dengan dosis 0,72 mg/kgBB.

  1. Membantu mengatasi infeksi atau radang ginjal

Manfaat alang alang untuk ginjal lainnya adalah untuk membantu mengatasi gejala infeksi atau radang ginjal. Selain demam, gejala dari infeksi saluran kemih atau radang ginjal adalah muncul pembengkakan. Alang-alang juga memiliki manfaat untuk membantu meredakan pembengkakan tersebut. Bukan hanya itu, alang-alang juga bisa digunakan untuk membantu mengatasi pembengkakan karena memar.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat lain dari alang-alang untuk kesehatan ginjal adalah mampu menjadi bahan herbal yang memicu penurunan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Ada sebuah penelitian yang dilakukan pada 15 orang dengan memanfaatkan infus akar alang-alang. Penelitian tersebut memang menguji pengaruh alang-alang untuk penderita hipertensi atau Hipertensi Sekunder.

Hasil penelitian menyebutkan bahwa setelah meminum infusa akar alang-alang, penderita hipertensi memang menunjukkan tanda-tanda bahwa tekanan darahnya menurun. Dengan demikian, alang-alang memang menunjukkan bukti bahwa bisa digunakan untuk membantu menyeimbangkan tekanan darah pada penderita hipertensi.

Sponsors Link

  1. Menurunkan kadar gula darah

Selain mengatasi hipertensi, alang-alang juga seringkali dimanfaatkan untuk mengatasi diabetes atau kadar gula yang tinggi di dalam darah. Bagian yang sering dimanfaatkan untuk mengatasi diabetes adalah bagian akar alang-alang. Tentu hal ini juga akan baik untuk ginjal, karena kebanyakan penyakit ginjal juga disebabkan oleh kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi.

  1. Mencegah gagal ginjal kronis

Setelah mengetahui beberapa manfaat alang alang untuk ginjal di atas, tentu bisa dikaitkan bahwa alang-alang bisa membantu mencegah gagal ginjal kronis, terutama yang diakibatkan oleh hipertensi dan diabetes. Seperti yang diketahui bersama, Hubungan Gagal Ginjal dan Hipertensi memang sangat erat, karena ginjal itu sendiri memang berhubungan langsung dengan darah.

Sponsors Link

Selain itu, Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik juga erat, karena kadar gula di dalam darah secara tidak langsung juga berhubungan dengan kinerja organ ginjal. Maka dari itu, alang-alang yang dikonsumsi secara tepat oleh penderita hipertensi maupun diabetes akan mampu mencegah gagal ginjal kronis secara tidak langsung.

  1. Membantu melarutkan batu ginjal

Saat ini, Penyakit Batu Ginjal mungkin sudah sangat familiar. Penyakit ini disebabkan oleh adanya endapan senyawa tertentu yang lama kelamaan mengkristal membentuk batuan keras. Batuan ini akan menghambat sistem urinaria, dan bahkan akan menciptakan rasa sakit. Batu ginjal juga bisa diatasi dengan alang-alang, lebih tepatnya di bagian akarnya. Ada sebuah penelitian yang merendam batu ginjal pada ekstrak akar alang-alang. Dan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efek positif dari batu tersebut sehingga bisa larut. Hal ini tentu akan berdampak baik sebagai salah satu solusi pengobatan tradisional batu ginjal.

Demikianlah beberapa manfaat alang alang untuk ginjal yang perlu diketahui. Saat ini alang-alang, terutama akar alang-alang sudah mudah ditemukan. Bahkan tanaman ini juga dijual di beberapa pasar atau supermarket di kota. Namun untuk melakukan pengobatan herbal dengan alang-alang, ada baiknya menanyakan pada dokter atau tim medis lainnya agar mendapatkan rekomendasi dosis yang tepat. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal