Sponsors Link

Manfaat Air Kelapa untuk Ginjal dan Efek Sampingnya

Sponsors Link

Ginjal merupakan dua organ tubuh yang penting dan perlu dijaga kesehatannya. Fisiologi Ginjal berperan dalam banyak proses pada tubuh. Bukan hanya sebagai organ pembuangan urine saja, ginjal juga berperan dalam mengatur tekanan darah dan juga membuang limbah sisa metabolisme yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Ginjal yang sehat tentu perlu dijaga. Salah satunya dengan mengonsumsi cairan yang cukup.

ads

Manfaat Air Kelapa bagi Ginjal

Salah satu cairan yang dipercaya dapat berkhasiat untuk ginjal adalah air kelapa. Apa saja manfaat air kelapa untuk ginjal? Berikut penjelasannya.

  1. Membantu mengatasi ginjal yang terluka

Mungkin organ ginjal juga bisa mengalami luka, seperti jika terserang infeksi atau peradangan. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Jurnal Niscair dijelaskan bahwa air kelapa rupanya mengandung salah satu senyawa yang baik untuk membantu mengobati ginjal yang terluka. Senyawa itu adalah hepatoprotective dan juga antioksidan. Keduanya akan membantu mengatasi luka dalam yang berada pada organ ginjal sehingga bisa pulih lebih cepat.

  1. Membersihkan ginjal dari lemak atau kolesterol

Sebagai organ pembuangan dan organ penyaringan darah, ginjal haruslah bersih agar bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal. Pada penelitian yang berjudul Beneficial Effect of Coconut Water Deeding on Lipid Metabolism in Choresterol-Fed Rats dijelaskan bahwa air kelapa muda dapat berefek aik terhadap metabolisme kolesterol pada tubuh. Dan hal ini dapat mengurangi kolesterol buruk pada ginjal sehingga dapat membersihkan ginjal dari lemak dan kolesterol jahat.

  1. Membantu menurunkan kadar gula darah

Salah satu penyebab dari berbagai masalah kesehatan adalah diabetes, termasuk gagal ginjal kronis karena memang ada Hubungan Diabetes Dengan Gagal Ginjal Kronik. Mungkin air kelapa muda memang tidak dapat menyembuhkan berbagai masalah ginjal, apalagi yang sudah kronis. Namun manfaat air kelapa untuk ginjal dapat berperan sebagai pencegahan dari penyakit ginjal yang disebabkan oleh diabetes. Hal ini dikarenakan air kelapa muda bisa membantu menurunkan kadar gula pada darah.

  1. Mencegah berbagai penyakit ginjal

Seperti yang dijelaskan di atas, manfaat air kelapa untuk ginjal adalah untuk mencegah ginjal dari berbagai jenis gangguan. Air kelapa yang dapat menurunkan risiko diabetes dan kolesterol tentunya akan menyebabkan aliran darah menuju ginjal menjadi lancar. Selain itu darah juga menjadi lebih mudah disaring. Hal ini akan bermanfaat baik bagi pencegahan segala penyakit ginjal.

  1. Membantu mengatasi batu ginjal

Saat Penyakit Batu Ginjal menyerang, maka seseorang harus lebih sering minum air putih. Tujuannya adalah untuk mendorong batu ginjal itu agar bisa segera keluar. Namun jika ukuran batu ginjal sudah besar, akan lebih sulit untuk mengeluarkannya secara langsung. Hal ini bisa dibantu dengan konsumsi air kelapa. Air kelapa dapat membantu mengurangi ukuran batu ginjal atau melarutkannya bersama urine.

Itulah beberapa manfaat dari air kelapa untuk organ ginjal yang bisa didapatkan.

Sponsors Link

Air Kelapa Tidak Cocok untuk Gagal Ginjal

Walau manfaat air kelapa untuk ginjal itu memang ada, namun untuk pasien gagal ginjal kronis ada baiknya menghindari air kelapa. Hal ini disebabkan karena penderita gagal ginjal kronis justru berbahaya jika terlalu sering mengonsumsi air kelapa. Penyebabnya adalah dapat meningkatkan risiko hyperkalemia. Hyperkalemia ini adalah kondisi dimana kadar ion kalium pada darah akan meningkat. Dan efeknya bisa menyebabkan gangguan pada jantung, bahkan kematian mendadak.

Sponsors Link

Air kelapa adalah cairan elektrolit yang mengandung kalium yang tinggi. Jika seorang penderita gagal ginjal kronis mengalaminya, maka bisa jadi kadar kalium pada tubuh akan menjadi meningkat karena tidak bisa dikeluarkan secara normal dari urine. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko peningkatan Gejala Gagal Ginjal, gangguan pada jantung, dan juga kematian mendadak. Sehingga asupan makanan tinggi kalium tidak direkomendasikan pada pasien gagal ginjal kronis yang kurang dari 15%.

Maka dari itu, berhati-hatilah sebelum melakukan pengobatan tradisional atau pengobatan dengan bahan herbal. Ada baiknya cari informasi sebanyak-banyaknya yang akurat dan tetap melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi. Selain itu, prosedur pengobatan untuk pasien gagal ginjal tetap perlu dilakukan. Misalnya dengan melakukan cuci darah atau Proses Hemodialisis secara rutin. Tetap patuhilah saran-saran dokter agar kondisi tidak semakin memburuk.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai manfaat air kelapa untuk ginjal dan efek sampingnya bagi penderita gagal ginjal kronis. Selalu jaga gaya hidyp sehat agar terhindar dari berbagai jenis penyakit, dan semoga artikel  ini bermanfaat.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman