Sponsors Link

12 Makanan yang Menyebabkan Batu Ginjal yang Perlu Diwaspadai

Sponsors Link

Batu ginjal merupakan batu yang terbentuk di dalam ginjal. Batu-batu ini terbuat dari material padat, yang tersusun atas kalsium, oksalat atau fosfor yang terkonsenterasi di dalam urin. Jenis jenis batu ginjal yang paling sering ditemukan pada penderita batu ginjal adalah jenis kalsium oksalat. Perlu diwaspadai jika muncul gejala batu ginjal pada pria atau gejala batu ginjal pada wanita seperti seringnya buang air kecil dan sakit saat buang air kecil. Penyebab batu ginjal baik penyebab batu ginjal pada pria maupun pada wanita dapat beragam. Salah satunya adalah dikarenakan faktor makanan yang dikonsumsi penderita batu ginjal. Karena kandungan makanan yang dikonsumsi pada akhirnya akan di saring oleh ginjal dan zat yang tidak diperlukan nantinya akan dibuang melalui urin. Makanan yang dapat membentuk batu ginjal rata-rata adalah makanan yang mengandung oksalat yang tinggi. Berikut adalah makanan yang menyebabkan batu ginjal yang perlu diwaspadai.

ads

1. Ikan Teri

Ikan teri merupakan makanan yang mengandung protein hewani. Pengkonsumsian protein hewani perlu dibatasi karena beresiko untuk membentuk batu ginjal jenis kalsium dan asam urat. Agar dapat terhindar dari penyakit batu ginjal jenis kalsium dan asam urat, pengkonsumsian protein hewani termasuk yang ada pada ikan teri perlu dibatasi maksimal 6 ons per hari.

2. Jeroan

Jeroan seperti hati dan ginjal merupakan makanan yang mengandung senyawa purin. Senyawa purin dapat hancur menjadi asam urat di dalam urin dan dapat memicu pembentukan batu ginjal jenis asam urat.

3. Ikan Sarden

Makanan yang menyebabkan batu ginjal selanjutnya adalah ikan sarden. Sama seperti ikan teri dan jeroan, ikan sarden juga mengandung protein hewani. Asam yang terdapat pada protein hewani dapat meningkatkan jumlah kalsium di dalam tubuh. Sehingga beresiko menimbulkan penyakit batu ginjal jenis kalsium.

4. Makanan Siap Saji

Di dalam makanan siap saji terdapat kandungan sodium. Sodium dapat menyebabkan ginjal mengeluarkan lebih banyak kalsium di dalam urin. Kalsium dapat bergabung dengan oksalat dan fosfor. Sehingga dapat menambah resiko pembentukan batu ginjal jenis kalsium oksalat dan fosfat. Sewajarnya kita mengkonsumsi makanan bersodium yaitu 2.300 miligram per hari.

5. Daging

Mengkonsumsi terlalu banyak daging dapat membuat kandungan asam urat di dalam tubuh meningkat. Protein hewani pada daging juga dapat merusak sitrat, yaitu senyawa yang membantu menghentikan perkembangan batu ginjal.

6. Alkohol

Alkohol merupakan minuman yang mengandung gula. Meminum alkohol dapat meningkatkan kandungan asam urat dalam darah. Sehingga dapat memicu pembentukan batu ginjal jenis asam urat.

7. Kopi

Kopi merupakan minuman yang mengandung kafein. Kafein dapat mengganggu kinerja ginjal sehingga dapat memicu terbentuknya batu ginjal karena kadar kalsium yang tinggi di dalam tubuh. Bahkan kafein juga dapat menyebabkan penyakit gagal ginjal karena ginjal yang kelelahan.

Sponsors Link

8. Rhubarb

Rhubarb adalah tumbuhan yang termasuk ke dalam keluarga polygonaceae. Tumbuhan yang memiliki nama latin rheum rhabarbarum ini merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki kandungan oksalat yang cukup tinggi. Sehingga dapat memicu pembentukan batu ginjal.

9. Pemanis Buatan

Pemanis buat sering ditambahkan ke dalam kopi jika dirasa kopi tidak terlalu manis. Namun jika dikonsumsi dalam jangka panjang, pemanis non-kalori ini dapat merusak fungsi ginjal. Jadi lebih baik mengkonsumsi pemanis yang berasal dari bahan alami seperti madu.

10. Sayur Bayam

Bayam mengandung kalsium oksalat yang cukup tinggi. Sehingga kita perlu mewaspadai dan membatasinya karena mengkonsumsi bayam terlalu banyak beresiko terkena penyakit batu ginjal.

11. Minuman Berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti soda dan beberapa minuman jus botolan dapat meningkatkan resiko terkena batu ginjal dan bahkan penyakit ginjal lainnya. Sebagai alternatif minuman ini, Anda dapat mengkonsumsi jus delima dan air lemon.

12. Produk Susu

Susu dan produk turunannya seperti keju merupakan makanan tinggi kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Namun bagi mereka yang rentan terhadap penyakit batu ginjal, kalsium bukanlah zat yang baik. Produk susu dapat membuat kandungan kalsium di dalam urin meningkat sehingga ginjal akan sulit menyaringnya. Dampaknya, batu ginjal akan terbentuk.

Sponsors Link

Adapun makanan yang menyebabkan batu ginjal lainnya yaitu:

  • Telur
  • Seafood
  • Kedelai dan produk turunannya seperti susu kedelai
  • Okra
  • Lobak
  • Saus tomat
  • Teh hitam
  • Cokelat
  • Kacang almond

Itulah makanan makanan yang menyebabkan batu ginjal. Beberapa makanan ini perlu kita hindari karena kandungan oksalatnya yang cukup tinggi. Ada juga makanan yang memiliki kandungan asam urat yang tinggi. Kesemuanya dapat memperbesar resiko pembentukan batu ginjal. Selain itu, ada juga makanan yang dapat merusak fungsi ginjal. Mengkonsumsinya bukan hanya akan memperbesar resiko terkena batu ginjal, tetapi juga resiko terkena penyakit ginjal lainnya seperti gagal ginjal. Oleh karena itu penting untuk mulai membatasi atau bahkan menghindari makanan-makanan yang dapat memperbesar resiko terkena penyakit batu ginjal ini. Karena penanganan batu ginjal bukanlah perkara mudah dan cepat.

Sponsors Link
>
, ,