Sponsors Link

20 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Ginjal

Sponsors Link

Walaupun pada dasarnya kita memang tau bahwa ginjal memang merupakan organ mungil yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Namun, jika telah terlanjur mengalami disfungsi ginjal maka yang harus di lakukan adalah menjaga agar tidak memperburuk keadaannya. Bagi anda yang telah terlanjur terkena serangan penyakit ginjal seperti penyebab infeksi ginjal yang sering terjadi pada kebanyakan orang dewasa maka ada beberapa makanan yang harus dihindari penderita ginjal. Bagi penderita penyakit ginjal makanya harus tetap menjaga pola makan dan melakukan diet sehat agar tidak memperburuk keadaan.

ads

Ketika seseorang telah terkena penyakit gagal ginjal, maka dia akan mencari tau tentang penyebab gagal ginjal kronis. Kebanyakan penyakit gagal ginjal di derita oleh 70% orang dewasa, dan biasanya di sebabkan oleh diabetes melitus, glomerulonephritis dan mellitus. Gejala awal memang tidak akan terlihat pada penderita gagal ginjal, namun secara perlahan ketika fungsi ginjal masih menurun maka perlahan – lahan gejala tersebut akan mulai terlihat. Karena hal tersebut maka anda tentunya akan berusaha berkonsultasi kepada dokter dan melakukan check up secara rutin.

Walaupun sebenarnya ada beberapa perbedaan gagal ginjal akut dan kronis yang mungkin bisa di deteksi secara manual oleh anda. Karena gagal ginjal kronis adalah disfungsi ginjal yang telah terjadi secara lama dan menahun dan secara irreversible dan akan berlangsung secara progregsif atau ini merupakan sebuah penyakit yang tidak akan bisa dapat normal kembali seperti sediakala. Karena hal tersebutlah anda harus melakukan hal – hal yang di butuhkan untuk tetap menjaga agar progresifitas penyakut tersebut tidak berkembang secara cepat. Walaupun penyakit ginjal bukanlah sebuah penyakit menular, namun ini juga merupakan penyakit yang parah dan bisa menyebabkan kematian.

Walaupun makanan merupakan sumber energi bagi tubuh kita, namun bagi penderita penyakit ginjal ada beberapa makanan yang musti dihindari. Bahkan ada semacam menu makanan penderita gagal ginjal yang pastinya di rekomendasikan. Jika anda merupakan salah satu penderita penyakit ginjal maka berikut 20 jenis makanan yang harus dihindari penderita ginjal :

1. Ayam

Walaupun olahan ayam sangat di sukai berbagai kalangan masyarakat, tidak jarang bahwa lauk pauk yang memiliki bahan dasar olahan ayam akan selalu ada  menghiasi meja makan anda tentunya. Karena daging ayam merupakan bahan dasar yang nikmat dan bisa di olah dengan berbagai macam varian makanan. Namun sebenarnya ayam termasuk kedalam makanan dan minuman yang dapat merusak ginjal.

Makan yang menggunakan bahan dasar ayam akan meningkatkan potensi terkena kanker dan menaikan level kolesterol tubuh dan juga penyebabkan kanker prostat tentunya. Apalagi ini merupakan bahan makanan yang tidak baik juga untuk ginjal terutama yang telah mendapatkan penyakit ginjal.

2. Keju 

Keju sebenarnya tidak baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung banyak sodium atau garam yang tentunya akan buruk untuk kesehatan jantung dan memperparah penyakit ginjal anda tentunya. Keju sebenarnya banyak mengandung kalori yang sangat banyak sehingga akan membutuhkan serangkaian prosesi panjang untuk melenyapkan berbagai kalori yang berlebih di tubuh anda tersebut. Keju juga mengandung kolesterol tinggi yang akan memperparah penyakit ginjal anda. Dan pembuatan keju seringkali melalui serangkaian proses produksi ayng tidak sehat.

Sponsors Link

3. Salad

Pastinya sebagian orang mengetahui bahwa salad merupakan cemilan sehat yang biasanya di konsumsi bagi orang – orang yang sedang melakukan diet. Walaupun salad di nyatan cemilan yang rendah kalori dan terbuat dari berbagai bahan – bahan sayuran sehat, namun jika kita hanya mengkonsumsi salad dengan porsi besar dan jangka waktu lama tanpa menyelingi dengan menu lain juga tidak baik untuk kesehatan ginjal apalagi jika anda telah mengalami penyakit ginjal. Karena alad akan menyebabkan penghabatan dari penguraian makanan di dalam tubuh dan salad juga mengandung oksalat yang cukup tinggi. Hal ini tentunya dapat memperburuk kerusakan ginjal.

4. Nasi

sebenarnya nasi yang di konsumsi secara berlebihan baik bagi orang sehat yang tidak mengidap penyakit ginjal juga berbahaya. Ada banyak dampak negatif yang di timbulkan untuk tubuh, misalnya saja kegemukan atau obesitas. Dan kandungan glukosa tinggi yang di miliki nasi juga akan memicu terjadinya penyakit diabetes melitus yang tentunya akan berhubungan dengan penyakit ginjal. Dan bagi penderita penyakit ginjal tentunya ini akan memperburuk keaadaan.

ads

5. Sarden

Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Ginjal salah satunya yaitu sarden. Sarden sebenarnya adalah bahan makanan yang popular untuk di jadikan olahan makanan yang sangat lezat dan banyak di sukai. Kandungan purin yang terdapat dalam sarden akan merusak ginjal, dan tentunya kandungan purin ini juga akan memperparah kedaan penyakit ginjal.

6. Telur Kuning

Sebenarnya telur memang memiliki kandungan protein tinggi yang di anjurkan untuk di hindari oleh para penderita penyakit ginjal. Apalagi pada daerah kuning telur yang memiliki kandungan tinggi protein hingga akan menyusahakan ginjal untuk proses penyaringan. Dan akan menjadi racun jika terjadi penumpukan.

7. Kentang

Kentang juga merupakan jenis karbohidrat yang sama dengan yang di miliki oleh nasi. Kentang di anjurkan untuk tidak di konsumsi secara berlebihan bagi penderita penyakit ginjal karena mengandung kalori, protein dan karbohidrat yang besar dan akan memperburuk penyakit ginjal tersebut.

8. Gorengan

Berbagai jenis makanan yang di gerong apalagi yang berupa cemilan sangat tidak di anjurkan di konsumsi oleh para penderita penyakit ginjal. Karena kandungan minyak yang berlebih tentunya akan menyebabkan keracunan dan memperburuk kerusakan ginjal.

9. Coklat

Coklat mengandung senyawa potasium dan fosfor yang tinggi sehingga Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Ginjal seperti yang di kandung dalam keju. Kandungan potasium tentunya akan sangat di sekresikan oleh ginjal dan akan menyebabkan gagal jantung.

10. Makanan Cepat Saji

Makanan yang di proses secara instant sebenarnya sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh secara global, tidak hanya memperparah penyakit ginjal. Apalagi jika mengkonsumsi dalam jumlah besar dan dalam jangka waktu yang lama tentu akan membahayan berbagai organ penting termasuk ginjal.

11. Sosis

Sosis merupakan makanan olahan yang sangat di gemari berbagai kalangan. Karena cara mengkonsumsinya juga lebih sederhana dan instan. Namun sebenarnya konsumsi sosis apalagi dalam jangka waktu lama tidaklah bagus untuk kesehatan ginjal. Bahkan sosis di yakini dapat merusak ginjal dan menyebabkan malnutrisi.

12. Gandum

Bentuk olahan gandum seperti sereal dan roti juga termasuk daftar makanan yang sebaiknya di hindari oleh para penderita ginjal. Gandum merupakan sumber karbohidrat kompleks yang akan sulit di cerna oleh para penderita penyakit ginjal dan memberatkan kinerja ginjal yang telah mengalami penurunan fungsi tersebut.

13. Semangka

Semangka merupakan buah yang di sukai banyak orang, selain mengandung air dan tentunya dapat menyegarkan, semangka juga kaya akan kandungan kalium dan vitamin C. Adanya kandungan kalium akan memberatkan fungsi dari penderita penyakit ginjal.

14. Pepaya

Buah satu ini juga bagus untuk membantu pencernaan tubuh, dan ini akan mengatasi masalah sembelit yang anda derita namun buah ini tidak bagus dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Karena kandungan mineral dan kalium yang di miliki oleh pepaya. Ginjal yang mengalami masalah akan sulit melakukan proses filtrasi.

15. Alpukat

Salah satu buah yang mengandung kandungan vitamin yang tinggi adalah alpukat. Selain dapat memperhalus dan mempercantik kulit, alpukat sebenarnya memiliki dampak buruk terhadap kesehatan ginjal. Alpukat akan memperberat kinerja dari ginjal anda dan akan menimbulkan berbagai jenis penyakit.

Sponsors Link

16. Ikan

Ikan adalah salah satu pemasok sumber protein yang tinggi. Walaupun sebenarnya ikan mengandung berbagai zat penting untuk kesehatan tubuh namun, jika memiliki penyakit ginjal maka sebaiknya konsumsi ikan di batasi.

17. Mie Instan

Konsumsi mie instan adalah pilihan ketika sesorang mengalami mendadak lapar atu terlalu malas untuk memasak makanan. Namun sebenarnya, bumbu yang terkandung dalam mie instan sangat berbahaya bagi ginjal.

18. Makanan Yang Bersantan

Makanan yang bersantan sangat buruk untuk kesehatan ginjal karena dapat menyebakan level kolesterol yang ada di dalam tubuh akan naik. Dan ini akan menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada ginjal.

19. Makanan Yang Diawetkan

Beberapa makanan yang mengandung bahan pengawet akan sangat buruk bagi ginjal seperti makanan olahan cornet dan sosis. Karena makanan yang diawetkan mengandung banyak sekali senyawa potasium dan sodium.

20. Kacang

Kacang – kacangan mengandung fosfor dan akan menyulitkan fungsi sekresi ginjal. Ini tentunya akan memperburuk kesehatan ginjal anda.

Itulah 20 daftar jenis makanan yang harus dihindari penderita ginjal. Tidak semua makanan baik untuk para penderita penyakit ginjal, melakukan program diet yang sesuai sangat dibutuhkan untuk menjaga kestabilan kesehatan ginjal.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :