Sponsors Link

16 Makanan yang Dilarang untuk Penyakit Ginjal yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Bagi penderita penyakit ginjal, menjaga kesehatan tubuh sangat penting agar ginjal tidak cepat rusak. Kenali gejala ginjal rusak agar Anda dapat melakukan penanganan dengan segera. Menjaga kesehatan tubuh dimulai dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Namun jika Anda menderita penyakit ginjal, tidak semua makanan sehat baik untuk dikonsumsi. Ada beberapa jenis makanan yang justru membahayakan dan menyebabkan ginjal Anda rusak. Untuk mengimbanginya, ketahui juga makanan sehat untuk ginjal yang wajib Anda konsumsi. Apa saja daftar makanan yang dilarang untuk penyakit ginjal? Makanan-makanan tersebut adalah:

ads

1. Nasi putih

Karbohidrat adalah salah satu komponen utama yang dibutuhkan tubuh untuk mendapatkan tenaga dalam beraktivitas. Sumber karbohidrat utama bagi orang Indonesia tentu saja nasi putih. Ada istilah jika belum makan nasi sama saja dengan belum makan. Selain karbohidrat, nasi putih juga punya kandungan gula yang tinggi dari zat amilum di dalamnya. Gula akan menimbulkan rasa haus setelah makan nasi. Jika Anda mengalami pembengkakan pada ginjal, nasi putih termasuk dalam pantangan makanan penyakit ginjal bengkak.

2. Gandum

Makanan selanjutnya yang dilarang bagi penderita penyakit ginjal adalah gandum. Sama halnya dengan nasi, gandum adalah sumber karbohidrat yang tidak tepat karena sulit dicerna tubuh dengan cepat. Gandum memang sumber gizi yang baik, tetapi penderita penyakit ginjal harus menghindari makanan ini.

3. Daging

Semua daging hewan termasuk daging sapi, daging ayam, dan daging domba mengandung protein yang sangat tinggi. Pada penderita penyakit ginjal, organ tersebut gagal atau kesulitan menyaring protein yang masuk ke dalam tubuh. Mengonsumsi daging hewan sama saja denga menambah beban kerja organ ginjal.

4. Cokelat

Terdapat dua zat yang ada di dalam cokelat yang tidak baik dikonsumsi oleh penderita penyakit ginjal. Kedua zat itu adalah fosfor dan potassium. Potassium di dalam cokelat beresiko menyebabkan gagal jantung karena ginjal tidak mampu membuang zat tersebut melalui urine. Dampaknya adalah denyut jantung akan melemah dan jika sudah semakin parah akan membuat penderita mengalami serangan jantung dan berakibat pada kematian yang tiba-tiba.

5. Kacang-kacangan

Meskipun dikenal sebagai makanan sehat yang kaya akan protein nabati, kacang-kacangan adalah salah satu makanan yang dilarang untuk penyakit ginjal. Pada tubuh yang sehat, kacang-kacangan baik untuk dikonsumsi karena kaya akan kandungan fosfor. Namun pada penderita penyakit ginjal, fosfor akan menumpuk pada aliran darah dan bisa menyedot kalsium yang ada dalam tubuh. Selain itu kacang-kacangan akan menimbulkan rasa haus yang berlebihan.

6. Gula

Salah satu penyebab utama penyakit ginjal adalah diabetes. Pada penderita gagal ginjal kronis, konsumsi gula tentu akan menaikkan kadar gula dalam darah karena adanya diabetes atau kencing manis. Pada penyakit gangguan ginjal lainnya, makanan manis akan menimbulkan rasa haus yang tidak baik bagi penderita penyakit ginjal.

Sponsors Link

7. Makanan olahan

Berbagai jenis makanan olahan banyak dijual di pasaran. Olahan daging dan ikan memang siap disajikan dalam waktu yang singkat sehingga efisien terhadap waktu. Misalnya sosis, sarden, kornet, dan lain sebagainya. Makanan olahan semacam itu pasti mengandung bahan pengawet dalam jumlah besar. Bagi penderita penyakit ginjal, bahan pengawet akan memperburuk kondisi ginjal yang sudah tidak lagi sehat.

8. Buah-buahan tertentu

Penderita penyakit ginjal memang tidak boleh makan sembarang buah. Buah mengandung banyak kalium dan potassium yang baik untuk orang sehat, tetapi dilarang bagi penderita penyakit ginjal. Jenis buah yang termasuk dalam makanan yang dilarang untuk penyakit ginjal adalah tomat, pisang, alpukat, dan markisa.

ads

9. Kentang

Selain nasi dan gandum, kentang adalah alternatif sumber karbohidrat yang utama. Namun bagi penderita penyakit ginjal, mengganti nasi atau gandum dengan kentang tidak diperbolehkan. Kentang mengandung kalori dan protein yang sangat tinggi dan susah dicerna oleh tubuh. Dibutuhkan banyak air untuk mencerna kentang dengan sempurna. Sedangkan pada penderita penyakit ginjal, jumlah air yang masuk ke dalam tubuh harus dibatasi.

10. Ubi dan Singkong

Sama halnya dengan nasi dan kentang, ubi dan singkong juga memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Tidak hanya itu saja, kandungan protein di dalam ubi dan singkong juga sama tingginya. Protein tidak baik bagi penderita penyakit ginjal karena orang tersebut tidak mampu menyaringnya. Selain itu, ubi dan singkong juga bisa menyebabkan rasa haus karena butuh banyak air untuk bisa mencerna kedua makanan ini dengan sempurna.

11. Telur

Telur termasuk makanan yang tidak boleh dimakan penderita penyakit ginjal karena kandungan proteinnya yang sangat tinggi. Ginjal akan kesulitan menyaring protein dalam telur agar tidak keluar bersama dengan urine. Bagi orang yang sehat, telur adalah makanan yang baik untuk tubuh. Namun pada kasus penderita penyakit ginjal, protein yang tidak dapat disaring akan menumpuk di dalam tubuh menjadi racun yang bisa membahayakan kesehatan. Oleh karena itu telur termasuk makanan yang harus dihindari penderita ginjal.

12. Keju

Produk olahan susu ini juga termasuk makanan yang dilarang bagi penderita penyakit ginjal karena tinggi kandungan kalium, potassium, dan fosfor. Ketiga hal tersebut adalah pantangan bagi penderita penyakit ginjal karena berdampak tidak baik bagi ginjal dan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kandungan fosfor yang berlebihan akan menyerap kalsium yang ada dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

13. Seledri dan Selada

Kedua sayuran hijau ini sebenarnya mengandung serat yang sangat tinggi dan baik untuk tubuh seperti melancarkan pencernaan. Namun selain kandungan serat, seledri dan selada adalah dua jenis sayuran yang tinggi akan kandungan air. Mineral di dalam air tidak baik bagi penderita penyakit ginjal sehingga kedua jenis sayuran ini dilarang untuk dikonsumsi penderita penyakit ginjal.

14. Asparagus dan Labu

Setiap sayuran pasti baik untuk kesehatan tubuh. Hal itu hanya berlaku jika tubuh tidak punya penyakit tertentu seperti diabetes, asam urat, penyakit jantung, atau penyakit ginjal. Pada kenyataannya ada jenis-jenis sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita penyakit ginjal. Asparagus dan labu termasuk di dalamnya. Kedua sayuran ini mengandung kalium tinggi sehingga sulit dicerna oleh tubuh dan memberatkan kerja ginjal.

15. Susu murni

Susu murni yang dihasilkan oleh hewan sapi atau kambing tinggi akan lemak dan protein. Sedangkan setiap penderita penyakit ginjal harus membatasi dan menekan protein di dalam tubuh semaksimal mungkin. Oleh karena itu susu murni atau susu yang sudah diolah sekalipun seperti susu kental manis atau susu bubuk tidak boleh dikonsumsi penderita penyakit ginjal. Jika ingin minum susu, minumlah susu yang khusus untuk penderita penyakit ginjal.

Sponsors Link

16. Garam

Makanan yang terlalu asin juga dilarang bagi penderita penyakit ginjal. Makanan asin akan memicu naiknya tekanan darah dan semakin memperparah kondisi ginjal. Terlalu banyak garam di dalam tubuh akan menurunkan kadar air karena air akan diserap oleh garam. Kurangnya kadar air dalam tubuh menyebabkan ginjal sulit mencerna semua makanan yang masuk.

Itulah daftar makanan yang dilarang untuk penyakit ginjal. Menjaga kesehatan adalah hal yang paling utama, namun jika penyakit sudah terlanjur menyerang, jaga diri Anda akan penyakit tidak semakin parah dan masih bisa disembuhkan. Menerapkan gaya hidup sehat dan mematuhi anjuran dokter adalah cara terbaik untuk mengembalikan kesehatan tubuh.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman