Sponsors Link

8 Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Infeksi Ginjal

Sponsors Link

Memiliki gangguan atau peyakit pada tubuh anda merupakan salah satu ciri yang mengindikasikan bahwa anda kurang memperhatikan kesehatan tubuh anda. Secepat mungkin anda harus segera memikirkan cara untuk mulai mengembalikan tubuh anda seperti sedia kala. Anda pasti akan melakukan segala cara untuk mendapatkannya, bukan? Namun dibandingkan harus menyembuhkan tubuh anda yang sudah terlanjur terkena penyakit anda lebih mudah untuk mencegahnya.

ads

Banyak sekali penyakit yang muncul secara tiba-tiba bahkan tanpa anda sadari sebelumnya. Meskipun anda sudah menjaga kesehatan, penyakit tersebut datang dari berbagai cara. Seperti contohnya penyakit infeksi ginjal atau biasa disebut dengan pielonefritis yang merupakan salah satu penyakit atau gangguan pada organ pada tubuh yaitu ginjal . Penyebab infeksi ginjal biasanya adalah karena bakteri. Infeksi ginjal sendiri bisa muncul akibat penanganan yang kurang baik pada penyakit infeksi saluran kemih yang sebelumnya sudah dialami namun anda sudah dapat mendeteksinya dengan memahami gejala infeksi ginjal yang ditimbulkan.

Tidak ada penyakit yang membuat nyaman, maka dari itu anda harus segera menyembuhkannya baik dengan pengobatan maupun dibantu dengan terapi, diet atau dengan mengonsumsi macam-macam  makanan yang baik untuk ginjal dengan gizi yang maksimal. Berikut dibawah ini terdapat sedikit ulasan terkait makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal yang dapat menambah pengetahuan anda dan dapat anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Yogurt dan Susu Fermentasi

Siapa yang tidak kenal dengan makanan dengan rasa segar dan asam ini? Ternyata susu fermentasi dan yogurt menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal. Makanan ini mengandung probiotik serta bakteri sehat yang sangat baik dan mendukung kesehatan sistem pencernaan anda. Probiotik juga akan sangat mampu melindungi saluran kemih anda dari infeksi.

Yogurt dan susu fermentasi memiliki kadungan protein yang tinggi dan mampu mendukung kebangkitan jaringan ramping serta memperkuat sistem kekebalan tubuh anda. Selain protein, susu fermentasi dan yogurt juga memiliki nutrisi lain seperti vitamin D dan kalsium.

Untuk mengonsumsinya cukup mudah karena anda bisa menemukannya dimana saja. Untuk mendapatkan rasa yang maksimal dan segar, anda harus mengonsumsinya dalam keadaan dingin. Jika anda kurang suka cara tersebut, anda bisa menambahkan produk susu fermentasi dalam rencana diet anda misalnya anda bisa menambahkan kefir atau buttermilk dalam diet harian anda.

2. Aneka Buah Berry

Buah berry kaya akan anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan melindungi ginjal dari infeksi serta mempercepat proses penyembuhan gangguan atau penyakit yang diderita. Buah ini mengandung salah satu zat yang mampu menghambat infeksi bernama tanin dan paling banyak ditemukan pada buah lingonberries, cranberry dan blueberry yang juga mampi melindungi ginjal dari infeksi saluran kemih yang lebih parah.

Khususnya buah cranberry memiliki kandungan paling baik untuk membantu mengatasi gangguan infeksi saluran kemih. Namun, jika anda mengalami infeksi ginjal, buah cranberry ini juga bisa dikonsumsi sebagai jus karena mampu membuat tubuh anda untuk melakukan flush racun ke dalam bentuk urin.

Sponsors Link

3. Mentimun

Mentimun dapat dijadikan salah satu makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal karena sangat mudah dicerna oleh ginjal dan mampu membantu menghilangkan toksin atau racun dari tubuh anda. Anda dapat menemukan timun dengan mudah di sekitar anda. Cara mengonsumsinya juga beragam, namun disarankan untuk mengonsumsinya selagi segar. Anda dapat memakannya secara langsung atau dicampur dengan salad.

4. Biji Kenari

Biji kenari termasuk ke dalam makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Asam lemak omega 3 sendiri adalah lemak sehat yang dapat mendorong kesehatan jantung anda dan mampu mengurangi peradangan pada beberapa bagian tubuh. Anda dapat menambahkan asam lemak omega 3 dalam menu diet anda untuk meringankan dan mencegah adanya peradangan pada area saluran kemih anda.

ads

Tak hanya pada bagian saluran kemih dan ginjal saja, biji kenari ini juga mampu meningkatkan kesehatan anda secara keseluruhan. Selain pada biji kenari, anda juga bisa mendapatkan makanan dengan kandungan asam lemak omega 3 pada salmon, mackerel, tuna albacore, halibur, sarden, flunder,walnut, biji rami tanah, minyak kenari dan lainya dengan mengonsumsi secara teratur.

5. Pepaya, Pisang dan Semangka

Kegita buah ini selain memiliki rasa yang enak, manis dan segar juga sangat mudah ditemukan disekitar anda sehingga tidak merepotkan anda untuk mencarinya jauh-jauh atau kesulitan dalam mencarinya. Ketiga buah ini memiliki kandungan Vitamin B yang mampu mengobati infeksi pada ginjal sehingga wajar saja jika ketiga buah ini adalah makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal dengan baik. Dengan Vitamin B ini juga racun dapat keluar dari tubuh anda dengan lebih cepat.

6. Aneka Kacang

Seperti salah satu jenis kacang yang sudah disebutkan diatas, nyatanya kacang merupakan salah satu bahan makanna yang mengandung banyak sekali vitamin dan mineral yang tentunya mampu membantu menjaga kesehatan ginjal dan mampu menyembuhkan infeksi ginjal dengan baik. Salah satu vitamin yang terkandung di dalam kacang adalah Vitamin B.

7. Anggur Merah

Buah anggur merah yang memiliki rasa manis dan asam ini memiliki kandungan flavonoid yang sangat banyak sehingga memberikan efek warna merah. Selain itu, flavonoid juga mampu membantu untuk melindungi tubuh anda dari penyakit jantung, mencegah adanya oksidasi serta mengurangi adanya gumpalan formasi dalam darah.

Dalam flavonoid, terdapat serveratrol yang berperan sebagai perangsang produksi oksida nitrat yang digunakan untuk membantu mengendurkan macam sel otot di dalam pembulih darah anda dengan cepat sehingga aliran darah dalam tubuh meningkat. Khasiat lain dari flavonoid adalah sebagai pelindung tubuh anda dari serangan kanker dan mampu mencegah peradangan khususnya pada bagian ginjal.

8. Seledri

Sayuran berwarna hijau cerah ini memiliki banyak sekali manfaat yag tidak kita sadari. Selain sebagai penyedap dalam masakan, seledri juga mampu membantu menyembuhkan radang ginjal dengan beberapa kandungan vitamin dan mineral di dalamnya. Seledri juga mengandung kadar serat yang tinggi, kandungan air, serta Vitamin C yang mampu membantu memperbaiki kerusakan jaringan pada ginjal serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Itulah diatas ulasan terkait macam-macam makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal yang dapat anda konsumsi dengan baik dan benar setiap harinya. Anda tidak bisa terus menerus mengabaikan kesehatan anda karena kesehatan adalah hal yang sangat penting. Selain memperhatikan pola makan, anda juga harus rajin mengonsumsi  minuman pembersih ginjal  agar kondisi ginjal anda makin prima dan jangan lupa untuk selalu melakukan olahraga teratur. Hal yang terakhir yang harus anda lakukan adalah dengan  menghindari kebiasaan yang bisa merusak ginjal.

Sponsors Link
>
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips