Sponsors Link

10 Makanan yang Dianjurkan Setelah Operasi Ginjal

Sponsors Link

Pasien penyakit ginjal yang sudah parah biasanya harus menjalani operasi ginjal untuk menyembuhkan penyakit tersebut. Baik itu operasi batu ginjal, gagal ginjal, atau ginjal bengkak, semuanya harus melewati masa pemulihan agar kondisi pasien dapat cepat normal kembali seperti sedia kala. Ada banyak efek samping setelah operasi ginjal yang mungkin dirasakan oleh pasien yang melakukan operasi ginjal.

ads

Oleh karena itu bagi pasien batu ginjal misalnya, ada pantangan setelah operasi batu ginjal yang harus dihindari. Salah satunya adalah pantangan makanan setelah operasi batu ginjal. Jika ada makanan yang dilarang, tentu ada pula makanan yang diperbolehkan. Inilah daftar makanan yang dianjurkan setelah operasi ginjal untuk membantu memulihkan kondisi pasien.

1. Nasi dan Jagung

Nasi dan jagung adalah dua jenis makanan yang memiliki kandungan karbohidrat terbesar. Pasien yang menjalani operasi ginjal membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup sebagai sumber energi. Dengan adanya cadangan energi dalam tubuh, kondisi pasien akan stabil dan pemulihan pun bisa dilakukan dengan lebih cepat. Karbohidrat melancarkan proses oksidasi di dalam tubuh untuk membakar cadangan lemak yang tidak perlu. Sumber karbohidrat juga merupakan makanan yang baik untuk penderita sindrom nefrotik.

2. Umbi Umbian dan Gandum

Sama halnya dengan nasi dan jagung, umbi dan gandum juga termasuk sumber karbohidrat. Gizi dari karbohidrat adalah makanan yang boleh dimakan penderita ginjal untuk membantu proses pemulihan mereka. Umbi dan gandum memiliki kadar karbohidrat yang lebih rendah dari nasi. Ini diperuntukkan bagi pasien ginjal yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, untuk memastikan asupan gizinya cukup tanpa menyebabkan berat badan bertambah.

3. Kacang Kacangan

Seperti yang kita ketahui, kacang kacangan adalah sumber protein nabati yang baik untuk tubuh. Inilah alasan mengapa kacang kacangan adalah makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal. Untuk memulihkan kondisi tubuhnya, pasien ginjal membutuhkan asupan gizi seimbang yang meliputi 4 sehat 5 sempurna. Pastikan konsumsi kacang kacangan dan jenisnya berada di bawah pengawasan dokter dan tidak melebihi porsi yang dianjurkan.

4. Sayuran Hijau

Selanjutnya makanan yang dianjurkan setelah operasi ginjal adalah sayuran hijau. Sawi, kangkung, dan bayam termasuk jenis sayuran untuk pembersih ginjal yang harus dikonsumsi. Sayuran hijau mengandung banyak mineral seperti zat besi, yodium, dan kalsium yang membantu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Dengan mendapatkan asupan mineral yang cukup, akan mengurangi pengendapan kotoran di dalam ginjal.

5. Ikan Laut

Ikan laut juga merupakan makanan untuk ginjal bengkak yang disarankan. Protein sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memelihara dan memperbaiki serta mengembangkan jaringan yang ada di dalam tubuh. Namun konsumsi protein harus dalam jumlah yang tepat dan tidak boleh berlebihan. Pasien ginjal membutuhkan protein untuk memperbaiki jaringan ginjal yang rusak karena penyakit.

Sponsors Link

6. Susu Rendah Lemak

Satu lagi makanan rendah protein untuk penderita gagal ginjal yang dibutuhkan oleh pasien ginjal setelah operasi. Susu rendah lemak memiliki kandungan protein yang memang dibutuhkan oleh untuk memulihkan kondisi ginjal. Dengan meminum susu rendah lemak, kondisi ginjal yang sempat menurun bisa membaik kembali. Hal ini tentu akan mempercepat proses pemulihan pasien hingga sehat seperti sedia kala.

7. Kembang Kol dan Kubis

Sayuran ini banyak digunakan sebagai cara membersihkan ginjal dalam 3 hari. Kembang kol dan kubis adalah 2 jenis sayuran yang berasal dari spesies yang sama. Kedua sayuran ini kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, dan vitamin K. Vitamin tersebut mampu membantu mempercepat penyembuhan luka di dalam tubuh.

8. Daun Bawang

Daun bawang adalah makanan untuk penderita ginjal dan diabetes yang bisa membantu kestabilan kondisi penderita. Daun bawang mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan selama masa pemulihan setelah operasi ginjal. Kandungan terbesar pada daun bawang adalah vitamin K. Seperti yang kita ketahui, vitamin K membantu proses pembekuan darah dan mempercepat keringnya luka operasi. 

Sponsors Link

9. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah minyak alami yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Menggoreng makanan dengan minyak zaitun konon membuat kandungan lemaknya menurun karena minyak zaitun tidak mengandung lemak jahat seperti pada minyak biasa. Inilah mengapa minyak zaitun banyak digunakan sebagai cara mengobati ginjal bermasalah. Minyak zaitun akan mengurangi jumlah lemak yang masuk ke dalam tubuh pasien dan menurunkan resiko obesitas.

10. Alpukat

Inilah salah satu dari buah buahan penghancur batu ginjal yang baik untuk dikonsumsi. Alpukat kaya akan kandungan vitamin seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K. Berbagai vitamin ini membantu pembentukan sel sel baru di dalam ginjal yang lebih sehat. Jika lebih banyak sel baru yang tumbuh, maka kondisi ginjal dapat menjadi lebih sehat dan pasien dapat segera pulih dari penyakitnya.

Itulah berbagai jenis makanan yang dianjurkan setelah operasi ginjal. Mengonsumsi makanan ini tentu harus pada porsi yang tepat dan di bawah pengawasan dokter. Ingatlah untuk selalu menjaga kondisi kesehatan Anda, karena jika ginjal sudah bermasalah, maka memulihkannya akan sangat sulit. Jagalah organ ginjal sebaik mungkin karena fungsi ginjal tidak tergantikan oleh apapun.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman