Sponsors Link

9 Makanan yang Dianjurkan Penderita Infeksi Ginjal – Wajib Tahu

Sponsors Link

Di antara banyaknya penyakit ginjal yang mungkin menyerang, satu yang harus diwaspadai adalah infeksi ginjal. Infeksi ginjal bisa terjadi pada siapa saja, termasuk infeksi ginjal pada ibu hamil. Sementara itu, infeksi ginjal bisa terjadi pada salah satu sisi ginjal saja, yaitu infeksi ginjal kiri atau infeksi ginjal kanan. Mendiagnosa infeksi ginjal adalah tugas dokter yang ahli, agar tahu langkah penyembuhan apa yang bisa dilakukan.

ads

Merawat infeksi ginjal juga harus dilakukan dengan memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Berikut adalah makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal yang aman untuk dimakan.

1. Berbagai Macam Buah Berry

Macam macam buah berry seperti strawberry, cranberry, dan raspberry masuk juga ke dalam daftar makanan sehat untuk penderita nefrotik. Buah berry memiliki kandungan anti oksidan yang sangat tinggi. Sehingga buah ini mampu menangkal semua dampak buruk radikal bebas dan melindungi ginjal dari bakteri penyebab infeksi. Zat yang bertugas mencegah infeksi adalah tanin, yang banyak ditemukan di blueberry, cranberry, dan lingonberry.

Sementara untuk mengobati infeksi ginjal dan infeksi saluran kemih, cranberry adalah pilihan terbaik. Buah ini akan menghentikan pertumbuhan bakteri dalam ginjal dan membuatnya sembuh lebih cepat. Konsumsi jus cranberry secara rutin bisa memulihkan kesehatan ginjal secara total.

2. Yogurt

Perawatan infeksi ginjal dapat dilakukan dengan konsumsi yogurt. Yogurt mengandung banyak kalsium dan vitamin D, yang bisa membantu memulihkan sel sel tubuh yang rusak. Selain itu yogurt juga terbukti mampu memerangi bakteri jahat di dalam ginjal yang menyebabkan infeksi. Protein baik di dalam yogurt juga bisa membantu memulihkan kesehatan ginjal dari infeksi. Yogurt mengandung banyak bakteri baik, meski jumlahnya tidak sebanyak minuman probiotik.

3. Minuman Probiotik

Minuman probiotik sebenarnya sama seperti yogurt, yaitu berasal dari susu yang difermentasikan. Minuman ini termasuk ke dalam minuman yang baik untuk ginjal karena terdapat jutaan bakteri baik di dalamnya. Bakteri baik di dalam minuman probiotik secara efektif akan menghambat pertumbuhan bakteri jahat di dalam ginjal yang menyebabkan terjadinya infeksi ginjal. Mengonsumsi minuman ini secara rutin juga bisa meningkatkan kesehatan usus dan pencernaan.

4. Biji Kenari

Makanan yang dianjurkan untuk penderita infeksi ginjal yang selanjutnya adalah biji kenari. Makanan ini menyehatkan ginjal karena di dalamnya terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Fungsi dari asam lemak omega 3 sendiri adalah meningkatkan kesehatan jantung, serta memiliki sifat anti inflamasi yang bisa meredakan peradangan di dalam tubuh. Tambahkan biji kenari dalam daftar menu harian penderita infeksi ginjal karena bisa membantu meredakan infeksi pada ginjal dan saluran kemih juga.

5. Mentimun

Mentimun masuk ke dalam daftar sayuran pembersih ginjal yang wajib dikonsumsi penderita infeksi ginjal. Mentimun memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sehingga mudah dicerna oleh ginjal dan sistem pencernaan. Sebagai agen anti oksidan alami, mentimun membantu proses detoksifikasi dalam tubuh secara alami sehingga mengeluarkan semua racun dan bakteri dalam tubuh. Mentimun dapat dikonsumsi sesuai selera, dihaluskan menjadi jus atau sebagai lalapan saat makan.

6. Buah Sumber Vitamin B

Vitamin B adalah vitamin untuk kesehatan ginjal yang wajib dikonsumsi. Jenis vitamin ini bisa ditemukan di berbagai macam buah seperti pepaya, semangka, dan pisang. Jadi ketiga jenis buah tersebut sebagai menu pendamping makanan utama agar ginjal yang terkena infeksi bisa mendapatkan gizi seimbang dari makanan yang dimakan seseorang. Konsumsi buah buahan tersebut sesuai selera, dengan porsi yang tidak berlebihan. Vitamin B bisa mendorong semua racun dan kotoran yang ada di dalam tubuh untuk keluar lebih cepat.

Sponsors Link

7. Anggur Merah

Anggur merah memiliki kandungan flavonoid yang lebih tinggi dibanding jenis anggur lainnya. Ini terlihat dari warna merah alami anggur yang dihasilkan. Flavonoid bertugas untuk melindungi tubuh dari penyakit jantung, serta mencegah gumpalan dalam darah dengan efektif. Anggur merah bahkan banyak dimanfaatkan sebagai jus penghancur batu ginjal yang wajib dikonsumsi. Flavonoid juga bisa melindungi tubuh dari serangan kanker, terutama pada bagian ginjal.

8. Seledri

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan manfaat jus seledri untuk ginjal bocor yang sudah terkenal itu bukan? Seledri memang bisa disebut sebagai bahan alami yang baik untuk mengobati berbagai penyakit ginjal yang mungkin menyerang. Sayuran ini mengandung, vitamin C, serat, dan air yang bisa membantu memperbaiki kerusakan sel ginjal secara efektif. Tidak hanya ginjal bocor dan infeksi ginjal saja, seledri juga obat alami yang ampuh bagi penderita radang ginjal.

9. Kacang Kacangan

Kacang kacangan mengandung protein baik sehingga membuat makanan ini termasuk makanan yang dianjurkan setelah operasi ginjal. Protein di dalam kacang bisa membantu memulihkan kondisi kesehatan ginjal secara total.

Kesehatan ginjal harus dijaga dengan cara merawat ginjal agar tetap sehat yang sederhana dan sangat mudah dilakukan. Yang bisa dilakukan misalnya adalah dengan meninggalkan semua kebiasaan buruk yang bisa merusak ginjal seperti ketergantungan terhadap rokok dan minuman keras. Jagalah kesehatan ginjal dengan baik sebelum penyakit datang dan mengganggu kesehatan ginjal.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :