Sponsors Link

35 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Gagal Ginjal Wajib Diketahui

Sponsors Link

Walaupun ginjal berukuran cukup kecil jika dibandingkan dengan organ tubuh penting lainnya, tapi ginjal sangatlah vital. Ginjal adalah salah satu organ yang wajib dijaga, penting dan tentunya harus dirawat dengan sangat baik. Jika suatu saat ginjal mengalami kerusakan hingga terjadi penurunan fungsi maka akan membutuhkan perawatan intensif, pengobatan secara rutin dari cuci darah bahkan sampai transpalansi ginjal. Nah, agar ginjal selalu sehat dan terjaga tentunya da beberapa larangan yang harus dipatuhi. Banyak sekali faktor – fakor penyebab dari gagal ginjal. Bahkan sebagian dari faktor perusak ginjal tersebut tergolong lazim ditemukan bahkan sering kita lakukan. Makanan adalah salah satu faktor yang dapat merusak ginjal. Berikut 35 jenis makanan yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

ads

baca juga :

1. Roti Putih

Mungkin bahan baku utama yang tercantum pada sebuah label roti putih adalah tepung terigu. Sebagian pabrik yang memproduksi roti putih sebenarnya menggunakan bahan azodicarbonamide. Ini adalah sebuah bahan kimia pemutih yang pemakaiannya masih sangat kontroversi. Zat ini dapat bersifat toksik terhadap tubuh dan tentunga kandungan gula yang lebih banyak terdapat di dalam roti putih juga akan merusak ginjal. Walau tidak secara langsung mempengaruhi kinerja ginjal, tapi kandungan gula yang tinggi dapat menimbulkan beberapa penyakit pemicu gagal ginjal seperti diabetes.

2. Sereal

Sereal yang mengandung banyak gula tambahan dalah musuh dari ginjal. Sereal beberapa komponen – komponen yang akan menjadi faktor utama perusak kestabilan ginjal adalah : gula, karbohidrat olahan, BHA dan BHT. Kesemua komponen “jahat” tersebut bisa menimbulkan berbagai macam penyakit dan khusus nya gagal ginjal.

3. Cream Kopi

Banyak orang yang menyukai jenis kopi yang satu ini. Selain dari efek kafein yang justru berdampak buruk untuk kesehatan jantung. Cream yang terkandung didalam jenis kopi ini juga berbahaya bagi kestabilan gula darah yang pastinya akan membuat kerja ginjal menjadi lebih berat. Selain itu ada beberapa komponen jahat yang terkandung dalam cream kopi seperti :  lemak trans dan pewarna buatan. Hal tersebut akan memberikan dampak berbahaya pada ginjal dikemudian hari.

4. Olahan Daging

Senyawa nitrat dan nitrit yang terdapat dalam olahan daging akan menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Biasanya produk olahan danging dibuat dengan bahan baku daging merah yang memiliki kadar lemak jenuh yang sangat tinggi. Hal ini tentunya berbaha bagi kesehatan ginjal.

5. Jus Buah

Tidak ada yang salah dengan jus buah memang, tapi gula yang dihasilkan ol jus buah bersifat fruktosa dan ini adalah jenis yang mudah terikat dengan lemak viseral. selain akan mempermudah kegemukan, ini juga menggangu kadar keseimbangan gula di darah dan akan memperberat kerja ginjal.

baca juga :

6. Gorengan

Selain tingginya kandungan lemak dan kalori, segala macam yang digoreng akan berdampak buruk bagi tubuh. Salah satu penyakit yang akan terjadi adalah kolesterol. Kolesterol akan memperburuk kerja ginjal.

7. Makanan Cepat Saji

Sekarang ini semua orang menginginkan segala sesuatu yang instan. Termasuk urusan makanan, semua orang selalu mengkonsumsi makanan cepat saji tanpa memperhatikan dampak buruknya. Namun, dampak konsumsi dalam jangka panjang adalah kerusakan organ termasuk ginjal.

8. Minuman Energi

Hal yang paling membahayakan dari minuman berenergi adalah kandungan berlebihan dari glukosa, sukrosa dan kafein yang merupakan jenis dari kandungan makanan yang dapat menyebabkan gagal ginjal. Minuman yang memiliki berbagai macam bahan kimia dan pengawet ini menghasilkan kandungan kafein sekaligus koktail kimia yang lebih tinggi daripada secangkir kopi yang diseduh dengan banyak gula sekalipun. Bahkan salah satu penelitian menyebutkan bahwa kandungan dari minuman berenergi 11% lebih bersifat korosif untuk gigi daripada kandungan di soda biasa, Kotor bukan?

Sponsors Link

9. Smoothies Botolan

Siapa yang akan menolak mengkonsumsi sebotol smoothie instant di[agi hari? Sepertinya ini adalah solusi sehat agar menghindari kesibukan dipagi hari. Tapi tahukah anda? sebenarnya kandungan yang terdapat di sebotol smoothie instan tidaklah baik. Produk ini sebenanya sangat kurang akan kandungan serat buahnya, bahkan sama sekali tidak ada kandungan serat yang tersisa melainkan kaya akan gula dan tentu saja gula darah anda akan meroket seketika.

10. Biskuit Sarapan

Sekarang telah banyak beredar berbagai jenis biskuit untuk sarapan yang diyakini sangat baik untuk kesehatan. Namun berapa bahkan sebagian besar dari produk biskuit ini mengandung lemak trans yang tinggi, selain dapat merusak kesehatan jantung, tentunya lemak trans dapat menggangu kinerja ginjal.

11. Ice Cream Diet

Walaupun kandungannya diklaim berbeda dengan kandungan di icecream biasa, namun jenis ini juga termasuk makanan yang kurang baik untuk ginjal.Tahukah anda, bahwa produsen kembali mengolah bahan di laboratorium kimia untuk menggantikan rasa dari susu krem yang hilang. Menggunakan zat adiktif  polisorbat 80/p80 akan membantu agar produk ice cream diet memiliki tekstur krim yang tahan lama, namun tidak ramah bagi pencernaan.

12. Permen

Siapa yang tidak kenal dengan permen? Anak-anak bahkan orang dewasa sangat menyukai produk cemilan ini. Namun, selain tidak ramah untuk kesehatan gigi, permen yang banyak mengandung pewarna buatan, pemanis tambahan dan lemak jenuh tentu saja dapat memperberat kerja ginjal. Tak heran jika permen termasuk kedalam salah satu jenis makanan yang dapat menyebabkan gagal ginjal.

13. Snack Buah Kering

Sulfit, senyawa yang biasanya dipakai untuk menyimpan makanan siap saji segar, juga sering dipakai untuk produk kudapan olahan buah kering. Sulfit sebenarnya cukup berbahaya bahkan untuk para penderita asma, terjadinya pembengkakan tenggorokan, gatal – gatal bahkan migrain. Kudapan buah kering ini biasanya mengandung gula tambahan yang berlebihan sehingga akan memperburuk kerja ginjal.

ads

14. Olahan Salad

Salad, adalah cemilan yang diamsumsi sebagai salah satu cemilan tersehat. Namun sayangnya, kandungan oksalad yang tinggi di dalam salad malah senyawa yang sering memicu terjadinya batu ginjal. Karena kandungan senyawa tersebut dapat mengeras setelah terjadinya penumpukan di ginjal.

15. Pepaya

Walaupun buah pepaya sangat terkenal dalam pengobatan sembelit dan tentunya sangat baik untuk pencernaan di dalam tubuh, namun memakan pepaya dalam jumlah besar berbaha bagi kesehatan ginjal. Karena kandungan kalium dan mineral yang ada pada pepaya mempersulit proses filtrasi di ginjal.

16. Semangka

Buah semangka adalah buah yang kaya akan kandungan air. Namun, mengkonsumsi banyak buah semangkan dalam kurun waktu yang bersamaan akan menyebabkan tingginya resiko dari dehidrasi dan ini akan membahayakan tubuh karena akan menyebabkan resiko kegagalan ginjal.

17. Garam

Seperti yang kita ketahui bahwa garam meiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Mengkonsumsi garam dengan dosis tinggi di dalam makanan sehari – hari sangatlah membahayakan ginjal. Karena kandungan kalsium yang tinggi di dalam urine akan memicu terbentuknya batu ginjal.

18. Sarden Kalengan

Sebagian dari kita pastinya menyukai olahan sarden satu ini. Selain mudah di dapat dan dimasak, sarden kalengan memiliki citra rasa yang unik dan enak. Hanya saja kandungan purin yang terdapat di dalam sarden tidaklah baik untuk kesehatan ginjal.

19. Keju

Seperti halnya garam, keju juga memiliki kandungan kalium yang tinggi. Keju juga memiliki kandungan fosfor yang tinggi juga. Dua jenis senyawa ini buruk untuk kesehatan ginjal. Mereka dapat mengendap dan mengeras hingga menyebabkan batu ginjal.

20. Jeruk

Selain bagus untuk kesehatan kulit karena jeruk memiliki kandungan vitamin C dan zat anti oksidan. Hanya saja jika mengkonsumsi jeruk secara berlebihan akan memberatkan kerja ginjal, disebabkan kandungan kalium yang juga terdapat di buah jeruk.

21. Jengkol

Tidak ada yang akan memungkiri pesona jengkol. Bagi masyarakat indonesia, jengkol bahkan menjadi salah satu bahan dapur favorit. Tapi sayangnya, jengkol memiliki senyawa yang akan mengganggu kinerja sakuran pembuangan ketika kita mengkonsumsi banyak jengkol. Senyawa tersebut akan menumpuk dan akhirnya memperberat kinerja ginjal.

22. Buah Pisang

Buah satu ini memang kerap kali dijadikan cemilan bahkan lalapan setelah makan. Hanya saja kandungan kalium yang cukup banyak di dalam buah pisang patut di waspadai. Anda tidak boleh mengkonsumsi buah ini secara berlebihan.

baca juga :

23. Alpukat

Seperti halnya buah pisang, buah alpukat juga memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Sehingga akan menggangu kinerja ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.

24. Nasi Putih

Ini adalah sumber karbohidrat dan merupakan makanan pokok bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Hanya saja selain memiliki kandungan karbohidrat tinggi, nasi putih juga memiliki kandungan gula yang berlebih. Tentunya akan memperburuk kinerja ginjal.

25. Ubi

Selain tinggi akan kandungan karbohidrat, ubi juga kaya akan kandungan kalium. Oleh karena itu, jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi ubi.

26. Produk Olahan Dari Susu

Kebanyakan orang sangat menyukai jenis produk olahan susu. Namun, selain dari kandungan pemanis buatan, kandungan kalium yang tinggi tentunya sangat membahayakan kesehatan ginjal anda.

27. Coklat

Selalu ada pro dan kontra dalam aturan untuk mengkonsumsi coklat. Walaupun coklat baik juga untuk kesehatan jantung dan meningkatkan mood. Coklat dapat merusak ginjal karena kaya akan zat kalsium serta kafein.

28. Kentang

Bahan dasar dalam berbagai jenis masakan ini juga tidak terlalu ramah bagi kesehatan ginjal. Kentang juga salah satu makanan yang kaya akan zat kalium.

29. Kacang – Kacangan

Kebanyakan jenis dari kacang-kancangan tetap memiliki kadar kalium yang cukup tinggi. Hingga konsumsi kacang-kacangan harus diperhatikan supaya tidak terlalu memberatkan kinerja ginjal.

Sponsors Link

30. Telur

Telur kaya akan protein. Sedangkan senyawa protein yang berlebihan akan memberatkan kerja ginjal hingga menyebabkan gagal ginjal.

31. Bayam

Selain kandungan serat yang tinggi, hingga dapat membantu melancarkan pencernaan. Bayam memiliki kandungan kalium yang tinggi juga, hingga akan memberikan beban berlebih pada ginjal jika dikonsumsi secara berlebihan.

32. Ikan

Mengkonsumsi ikan secara berlebihan dapat menggangu kesehatan ginjal. Karena ikan termasuk salah satu sumber protein hewani terbesar.

33. Selai Kacang

Produk olahan kacang ini juga akan mengganggu kesehatan ginjal, sperti halnya jika mengkonsumsi kacang-kacangan.

34. Mie Instan

Ini adalah produk yang seringkali dicari dan digemari bagi sebagian besar masyarakat. Tapi sebenarnya produk olahan ini sangat tidak baaik bagi usus maupun kesehatan ginjal.

35. Makanan Pedas

Kebanyakan orang memang menyukai makanan pedas, hanya saja selain dapat merusak dan menggangu kinerja lambung, makanan ini juga berpotensi merusak ginjal.

Demikianlah 35 jenis makanan yang dapat menyebabkan gagal ginjal. Pada dasarnya makanan apapun masih ramah untuk kesehatan jika tidak dikonsumsi dalam jumlah berlebih. Anda hanya dituntut untuk lebih bijak dalam memilih dan menakar makanan yang akan dikonsumsi.

baca juga :

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman