Sponsors Link

13 Makanan yang Boleh Dimakan Penderita Ginjal

Sponsors Link

Menjadi penderita penyakit atau gangguan ginjal bukanlah hal yang mudah. Terdapat banyak hal yang harus lebih diperhatikan dalam menjalani kehidupan agar dapat dengan segera sembuh dari penyakit ginjal seperti  infeksi ginjalradang ginjal, dan kista ginjal  yang tentu saja mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Anda harus lebih sering memperhatikan pola makan, istirahat serta menjaga kebugaran badan dengan cara olahraga. Karena, rata-rata penyebab seseorang mengalami gangguan ginjal adalah dari ketiga hal tersebut yang tidak dijalankan dengan baik atau diabaikan begitu saja.

ads

Salah satu yang harus dijaga oleh penderita ginjal adalah dengan menjaga pola makan dan lebih memfilter makanan apa saja yang dapat dikonsumsi dan menghasilkan efek yang baik bagi ginjal itu sendiri. Hal ini disebabkan karena rata-rata vitamin dan mineral setiap makanan yang kita konsumsi nantinya pasti akan menjadi sari makanan yang dibawa oleh darah dan disaring oleh ginjal. Bagi vitamin dan mineral yang dibutuhkan, tentu saja akan tetap tinggal di ginjal dan membantu kinerja dan kondisi ginjal menjadi lebih baik lagi.

Maka dari itu, penting bagi anda sekalian para penderita gangguan ginjal untuk mengetahui lebih lanjut terkait makanan yang boleh dimakan penderita ginjal dan menghasilkan sedikit efek samping atau bahkan tidak berefek samping justru memberikan hasil dan mampu menyehatkan ginjal lebih baik lagi. Untuk itu, mari simak bersama-sama macam-macam makanan yang boleh dimakan penderita ginjal dibawah ini:

1. Tauge

Bagi pecinta soto atau rawon jawa pasti anda sangat mengenali sayuran ini. Tauge biasanya disebut juga dengan kecambah yang biasanya dijadikan tambahan atau pelengkap pada makanan  yang anda konsumsi. Namun, ada hal yang tidak anda tahu mengenai tauge ini. Tauge menjadi salah satu makanan yang boleh dikonsumsi penderita ginjal karena tauge mampu melakukan detoksifikasi atau pembersihan ginjal serta mampu mencegah produksi batu ginjal sesuai dengan fungsinya sebagai  sayuran pembersih ginjal. Karena, dengan bertambah besarnya batu ginjal, akan timbul rasa menyiksa yang semakin tinggi level sakitnya.

2. Salad Blueberry

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa macam-macam buah berry atau berry-berry an memiliki kandungan mineral dan vitamin untuk ginjal yang sangat membantu ginjal dalam beraktivitas. Khususnya blueberry ini apabila dijadikan hidangan seperti salad blueberry akan mampu mengurangi kandungan kalsium dalam kandung kemih yang sudah terakumulasi sejak lama. Hal ini mampu membersihkan ginjal beserta kandung kemih anda.

3. Paprika Merah

Rasanya yang pedas namun enak ini tentu saja menjadi kesukaan bagi sebagian orang. Selain rasanya yang unik dan segar, paprika merah memiliki serat dan Vitamin C yang tinggi bagi penderita ginjal. Vitamin C sendiri akan membantu badan lebih segar dan serat tersebut mambantu memperingan kinerja ginjal. Selain itu, paprima merah memiliki sebuah kandungan zat dan senyawa anti kanker yang akan melindungi ginjal anda dari serangan kanker ginjal.

Sponsors Link

4. Putih Telur

Dapt dipastikan bahwa tidak ada di dunia ini yang tidak menyukai telur. Tentu saja itu terjadi karena telur adalah salah satu makanan yang boleh dimakan penderita ginjal dan memiliki manfaat yang banyak sekali apalagi untuk ginjal. Khususnya bagian putih telur yang mengandung asam amino yang tinggi namun rendah zat fosfor sangat cocok untuk memnuhi gizi yang dibutuhkan oleh ginjal.

5. Bawang Putih

Selain menjadi bumbu masak yang terkenal, bawang putih ini juga banyak dijadikan obat dari berbagai macam penyakit yang ada. Seperti ginjal adalah salah satu penyakit yang dapat disembuhkan oleh bawang putih karena kandungan antioksidan yang tinggi dan mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Hal tersebut dapat menghindari adanya gumpalan darah di dalam ginjal yang nantinya mengganggu aktivitas ginjal.

6. Ikan

Hewan air ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita dan memiliki banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti ginjal yang membutuhkan Omega 3 yang ada di dalam ikan. Omega 3 sendiri mampu mempebaiki jaringan ginjal yang rusak dengan sendirinya.

ads

7. Brokoli

Warnanya yang hijau segarpasti sangat menarik perhatian anda, bukan? Selain memiliki tampilan yang segar, brokoli juga salah satu makanan yang boleh dimakan penderita ginjal karena memiliki kadar mineral dan vitamin yang tinggi serta rendah kolesterol. Penderita ginjal diperbolehkan mengonsumsi brokolo serat dan senyawa anti kanker yang dimiliki oleh brokoli sangat bermanfaat bagi kesehatan ginjal.

8. Kembang Kol

Kembang kol memiliki tampilan yang tidak terlalu jauh dari brokoli, hanya saja kembang kol memiliki warna outih pucat. Kembang kol apabila dikonsumsi oleh penderita ginjal akan sangat bermanfaat karena mampu melakukan kegiatan detoksifikasi racun pada ginjal dan meminimalkan kemungkinan infeksi serta peradangan pada ginjal. Selain itu, kembang kol juga berperan sebagai anti kanker karena memiliki antioksidan yang tinggi.

9. Wortel

Tekanan darah yang normal akan sangat membantu ginjal untuk dapat beroperasi secara baik dan maksimal. Wortel memiliki kemampuan untuk menormalkan tekanan darah anda sehingga setiap darah yang mengalir melewati wortel mampu disaring dengan baik oleh ginjal. Selain itu, wortel yang merupakan makanan pencuci ginjal mampu memperbanyak volume buang air kecil anda, sehingga ginjal anda akan lebih bersih.

10. Selada

Selada merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Asia khususnya Indonesia. Selada memiliki tampilan yang segar dengan daun berwarna hijau dan memiliki kemampuan untuk meresistensi insulin. Kegiatan resistensi insulin adalah untuk kegiatan yang mampu melaukan pencegahan adanya kanker atau kista pada ginjal anda.

11. Tomat

Buah berwarna merah segar ini cocok untuk dijadikan makanan yang boleh dimakan penderita ginjal karena mampu melakukan pencegahan terhadap cairan yang ada di ginjal dan mencegah munculnya kista. Tomat sendiri sangat baik dalam hal peningkatan daya tahan tubuh karena salah satu buah yang menyehatkan ginjal.

12. Seledri

Seledri memiliki kekerabatan dengan peterseli yang sama-sama memiliki fungsi sebagai sayuran yang mampu membersihkan ginjal dari virus dan kotoran yang menumpuk. Selain mudah ditemukan, seledri juga dapat diolah dengan mudah seperti dibuat salad atau jus.

Sponsors Link

13. Manggis

Buah asam manis ini memiliki banyak manfaat di tubuh manusia khususnya pada organ ginjal. Manggis memiliki antioksidan yang baik untuk ginjal karena mampu mencegah datangnya kanker ginjal. Selain itu terdapat zat bernama xhanthone yang dapat memperbaiki dan membersihkan ginjal dari kotoran atau racun yang mengendap sehingga ginjal mampu beroperasi dengan baik lagi.

Itulah diatas macam-macam  makanan yang boleh dimakan penderita ginjal yang harus anda terapkan. Selain menerapkan hal diatas, anda juga harus dapat mengontrol minuman yang baik untuk ginjal. Anda juga tidak boleh melupakan diet sehat, olahraga dan istirahat cukup yang mampu meningkatkan fungsi ginjal anda. Terakhir, periksakan ginjal anda secara rutin untuk dapat memantau keadaan ginjal anda lebih lanjut.

Sponsors Link
>
, , ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman