Sponsors Link

6 Makanan yang Baik Untuk Penderita sindrom nefrotik

Sponsors Link

Sindrom nefrotik adalah salah satu  kelainan ginjal yang mampu menyebabkan tubuh anda kehilangan banyak protein dengan cara terbuang bersama dengan urin. Penyakit ini termasuk penyakit yang banyak di derita oleh masyarakat dunia khususnya Indonesia. Tentu saja, penyakit ini bisa datang kapan saja dan menjangkit siapa saja baik orang dewasa maupun anak-anak. Pada kasus sindrom nefrotik anak-anak, pendeteksian penyakit ini dapat dilakukan pada rentan umur antara 2 hingga 5 tahun.

ads

Penyebab utama dari sindrom nefritis adalah glomeruli pada tubuh anda yang rusak dan tidak dapat bekerja dengan maksimal. Kerusakan glomeruli itu sendiri bisa disebabkan oleh munculnya jaringan parut. Penyebab lain yang tak kalah berbahaya adalah karena adanya gangguan sistem kekebalan tubuh. Namun, tak banyak juga yang menyebabkan sindrom nefritis. Beberapa penyebab pendukung lain seperti anemia bulan sabit, lupus, sifilis, HIV, hepatitis,myeloma, radang ginjal, leukimia, limfoma, kompilikasi ginjal akibat diabetes atau nefropati diabetes, atau efek samping dari penggunaan obat tertentu seperti obat pereda infeksi obat anti imfalamsi non steroid atau OAINS dan obat lainnya.

Maka dari itu, perlu bagi anda penderita sindrom nefritis untuk lebih rajib menjaga kesehatan anda terutama kesehatan ginjal anda agar selalu terhindar dari ancaman penyakit ginjal lainnya yang tak kalah berbahaya dari sindrom nefritis. Anda harus secara rajin mengonsumsi macam-macam  minuman pembersih ginjal dan  makanan yang baik untuk ginjal yang tentunya sudah dikonsultasikan dengan dokter anda.

Maka dari itu, diperlukan bagi anda untuk mengetahui apa saja makanan yang baik untuk penderita sindrom nefrotik. Agar anda lebih bijak dan berhati-hati dalam mengonsumsi makanan yang ada. Dibawah ini akan diberikan ulasan seputar makanan yang baik untuk penderita sindrom nefrotik yang dapat anda terapkan. Berikut dapat anda simak macam-macam makanan yang baik untuk penderita sindrom nefrotik dibawah ini:

1. Putih Telur

Telur adalah salah satu bahan makanan yang paling sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Selain mudah ditemui, telur juga dapat dibeli dengan harga ya relatif murah. Sebagai makanan yang baik untuk penderita sindrom nefrotik, telur mengandung protein tinggi, albumin dan kolesterol rendah yang membantu tubuh memenuhi kebutuhannya akan protein.

Untuk mengolah putih telur menjadi makanan, anda cukup merebusnya saja lalu dikonsumsi dengan nasi atau dengan makanan lain yang sesuai dengan selera anda.

2. Ikan

Ikan yang dimaksud disini adalah segala jenis ikan yang ada di disekitar anda. Ikan apa saja dapat dikonsumsi oleh penderita sindrom nefritis karena mengandung protein yang sangat melimpah dan dapat membantu ginjal bertahan lebih lama karena memberikan tenaga yang maksimal sehingga ginjal mampu bekerja dengan maksimal.

Selain kandungan protein, ikan juga mengandung omega 3 yang sangat baik untuk otak anda. Cara mengonsumsi ikan yang paling mudah adalah dengan direbus atau dipresto lunak dengan kuah kunyit atau asam manis. Selain simple, rasa ikan dan protein yang ada di dalamnya tak akan terbuang dan tetap dapat dikonsumsi dengan mudah.

Sponsors Link

3. Susu

Siapa yang tidak suka susu? Minuman ini selain sangat sehat juga menyegarkan. Susu biasanya dikonsumsi ketika masih hangat. Namun, tak banyak juga yang mengonsumsi susu dengan kondisi dingin terutama dibawah terik matahari. Susu mengandung protein tinggi yang mampu memenuhi kebutuhan ginjal dalam memerlukan protein untuk diolah.

Untuk mengolah susu cukup mudah. Anda bisa saja membeli susu segar ataupun membeli susu bubuk lalu menyeduhnya atau melarutkannya baik panas ataupun dingin sesuai dengan keinginan anda. Tapi anda harus ingat bahwa susu yang anda konsumsi adalah susu rendah lemak sehingga tidak menimbulkan efek lain pada tubuh anda.

ads

4. Daging Ayam

Selain telurnya, daging ayam juga ternyata salah satu makanan yang baik untuk penderita sindrom nefrotik untuk dikonsumsi secara teratur. Kandungan protein di dalamnya akan mendukung kinerja ginjal agar bisa bekerja secara maksimal dan menggantikan kandunga protein yang terbuang bersama urin.

Untuk mengonsumsi daging ayam, anda harus merebusnya. Hindari menggoreng atau membakar daging ayam karena akan menimbun banyak sekali kolesterol yang tidak baik. Selain itu, pilihlah daging ayam pada bagian dada bukan paha. Karena pada paha, kandungan lemak lebih banyak.

5. Buah-buahan dan Sayuran

Meskipun buah-buahan dan sayuran ini tidak banyak yang memiliki kandungan protein tinggi, buah-buahan dan sayur ini membantu menurunkan tingakt kolesterol dalam tubuh karena seperti yang sudah anda tahu, bahwa tidak ada kolesterol yang terkandung di dalam buah dan sayur.

Untuk mengonsumsinya, anda bisa saja mengupas buah kesukaan anda dan langsung memakannya. Atau anda juga bisa membuat salad buah dan salad sayur untuk dikonsumsi lebih mudah. Tambahkan dressing yang anda sukai agar rasa salad anda lebih enak dan tentu saja lebih bergizi.

6. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Untuk dapat menemukan makanan dengan kandungan vitamin C yang tinggi pasti tidak sulit bagi anda, bukan?Anda dapat mengonsumsi segala jenis makanan dengan kandungan vitamin C tanpa harus takut sindom nefrotik anda menjadi lebih parah. Justru dengan macam-macam makanan dengan vitamin C ini tubuh anda menjadi lebih segar dan semangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

Selain anda merasa lebih terbantu, makanan dengan vitamin C ini sangat mudah untuk anda temui seperti buah berwarna cerah cobtohnya strawberi, jeruk, pear, mangga dan buah lainnya yangmemiliki rasa manis-asam dan menyegarkan. Untuk dapat mengonsumsinya, anda hanya cukup mencucinya hingga bersih lalu mengupasnya atau anda bisa mengonsumsi buah tersebut sesuai dengan selera anda.

Sponsors Link

Tubuh anda menjadi lebih segar, asupan vitamin C terpenuhi dan  sindrom nefrotik anda tetap dalam kondisi yang normal. Sangat menguntungkan, bukan?

Itulah diatas ulasan singkat terkait makanan yang baik untuk penderita sindrom nefrotik. Macam-macm makanan diatas tentu saja mudah anda temukan di sekitar anda dan bisa didapatkan dengan harga yang tidak terlalu mahal. Jadi, anda dapat menepis perkataan mengenai sehat itu mahal. Buktinya, dengan makanan yang mudah dicari anda bisa meningkatkan kesehatan ginjal anda.

Selain itu, anda juga harus  mempelajari dan mengimplementasikan bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal atau tips menjaga kesehatan ginjal lainnya yang tentu saja sangat bermanfaat bagi anda. Anda juga bisa melakukan olahraga ringan yang mampu meningkatkan kesehata tubuh dan ginjal anda sehingga penyakit ginjal menjadi lebih jarang menyerang tubuh anda. Yang terakhir, anda harus lbih berhati-hati dalam menjalani hidup dan mulai menghindari berbagai macam  kebiasaan yang bisa merusak ginjal yang merugikan diri anda dan ginjal anda.

Sponsors Link
>
, , , , ,
Oleh :