Sponsors Link

20 Makanan Yang Baik Untuk Ginjal dan Paling Sehat

Sponsors Link

Organ ginjal memiliki peranan penting di dalam tubuh, ginjal akan melakukan proses penyerapan dari partikel – pertikel halus yang memiliki kandungan racun di dalamnya. Karena organ ginjal adalah organ penting yang berfungsi sebagai pembuangan racun atau detoksifikasi di dalam tubuh selain dari organ hati. Tentunya organ lain akan mengalami gangguan fungsi jika ginjal mengalami gangguan seperti halnya gejala sakit ginjal pada wanita, jika anda mengalami bebrapa gangguan tersebut tentunya anda akan memerlukan beberapa pengobaan medis untuk mengatasinya.

ads

Penyakit lain akan terpicu untuk tetap hadir jika anda mengalami gangguan ginjal. Ini tentunya akan mempermudah memicu terjadinya penyakit lain seiring dengan terhambatnya fungsi dari organ – organ penting lainnya. Tapi sebelum ginjal anda mengalami kerusakan dan tentunya menuntut anda untuk mengkonsumsi obat gangguan ginjal, sebenarnya anda tetap bisa melakukan tindakan pencegahan dengan cara mengkonsumsi beberapa makanan yang baik untuk ginjal.

Pastinya kamu tidak akan menduga bahwa beberapa makanan yang baik untuk ginjal adalah makanan yang sering kamu jumpai bahkan seringkali menjadi makanan yang terlihat sepele selama ini. Karena ginjal merupakan organ vital yang berfungsi dalam membersihkan racun di dalam darah, maka jangan sampai menyepelekan kesehatan ginjalmu. Karena berbagai racun di dalam darah tidak akan di saring dengan sempurna juka ginjal anda mengalamu kerusakan. Berikut 20 jenis makanan yang baik untuk ginjal anda :

1. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan kandungan anti oksidan, ini akan membantu dalam proses pembuangan partikel – partikel berbahaya dan juga radikal bebas yang tentunya bisa menimbulkan berbagai macam penyakit dan akan mempercepat penuaan. Bawang putih adalah solusi ampuh untuh beberapa faktor penyebab gagal ginjal, karena memiliki sifat diuretik. Sifat yang terkandung di dalam baang putih akan mampu mencegah terjadinya penggumpalan darah dan juga bisa membantu melenyapkan kolesterol jahat.

2. Apel

Apel merupan sumber dari pektin. Pektin sendiri merupan sebuah zat serat yang mudah terlarut yang memiliki kegunaan untuk membantu menurunkan kadar glukosa dan kolesterol. Sedangkan kulit luar dari apel juga memiliki kandungan serat yang tinggi, inilah mengapa sangat dianjurkan memakan buah apel beserta kulitnya. Merupakan buah yang memiliki kandungan dari vitamin C selain dari buah jeruk. Buah apel mengandung zat antioksidan tinggi yang bisa melindungi sel – sel otak dari kerusakan dan bagus sekali untuk kesehatan ginjal.

3. Ikan

Tubuh manusia tidak bisa memproduksi sendiri asam lemak omega 3 yang berasal dari ikan. Sehingga tubuh tetap membutuhkan asupan omega 3 dari mengkonsumsi ikan. Ikan yang banyak mengandung omega 3 adalah sarden, makarel tuna dan salmon. Sangat banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi ikan ataupun makanan yang mengandung omega 3 seperti fungsi untuk membangun berbagai membran sel di otak dan untuk kontrol pembekuan darah.

4. Blueberry

Buah berry yang bewarna biru ini merupakan sumber dari zat anti oksidan yang paling tinggi dan bagus. Blueberry merupakan buah yang kaya akan vitamin C, sumber serat dan rendah kalori. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa konsumsi blueberry dapat mencegah timbulnya penyakit jantung, sangat berguna bagi kesehatan otak dan berpotensi untuk mencegah terjadinya kanker. Mengkonsumsi blueberry secara langsung atau menjadikannya smoothie akan baik untuk menjaga kesehatan ginjal.

5. Kubis

Daun kubis ini adalah makanan superfood yang akan memiliki vitamin C dan A tinggi, menjadi sumber dari mineral dan juga kalsium. Kubis ini mengandung flavonoid dan karotenoid, yang mampu mencegah kanker dan bagus untuk kesehatan mata anda. Kubis juga merupakan sumber dari vitamin K. Kubis juga di anggap sebagai sayuran sehat yang bisa memperbaiki dan menjaga kesehatan dari ginjal anda.

Sponsors Link

6. Stroberi

Ini merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin dan mengandung zat anti oksidan yang tinggi. Stroberi juga mengandung serat tinggi selain kaya akan unsur vitamin. Kulit kamu akan lebih bersinar dan cerah ketika mengkonsumsi stroberi secara rutin. Buah stroberi telah terbukti sangat baik untuk kesehatan ginjal dan kesehatan jantung. Stroberi ini juga memiliki senyawa yang dapat mencegah terjadinya kanker yaitu senyawa anti inflamasi. Mengkonsumsi stroberi secara rutin juga tentunya bisa menjaga kesehatan organ lainnya selain organ ginjal.

7. Cranberry

Khasiat dari cranberry untuk organ ginjal manusia tidaklah di ragukan lagi, buah mungil ini akan membantu menjaga ginjal anda akan berfungsi dengan baik. Tentunya ginjal yang sehat akan membuat kinerja organ – organ lain di dalam tubuh anda bekerja dengan optimal.

8. Bayam

Seperti halnya kubis, bayam juga merupakan sayuran yang kaya akan serat dan vitamin. Bayam mengandung vitamin C, K, A dan kandungan folat. Bayam juga bagus untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh karena mengandung unsur beta karoten. Bayam juga terkenal akan kandungan dari magnesiumnya, Pengolahan bayam yang bagus adalah dengan cara mengukus maupun merebusnya. Bayam sangat bagus untuk menjaga kesehatan ginjal.

ads

9. Rasberi

Kandungan zat phytonutrient yang ada di dalam buah rasberi ini sangat bagus untuk menangkal radikal bebas yang dapat mencegah terjadinya kerusakan ginjal. Rasberi juga memiliki kandungan antioksidan alami berupa antosianin yang tentunya menyehatkan ginjal anda.

10. Ceri

Ceri merupakan salah satu buah yang baik untuk kesehatan ginjal. Buah mungil ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh. Buah mungil ini dapat berperan sebagai anti inflamasi dan kaya akan kandungan anti oksidan. Buah ini dapat menyehatkan ginjal karena mampu menurunkan kadar kalium di dalam tubuh.

11. Anggur Merah

Senyawa flavonoid yang terkandung di dalam anggur merah dapat memngatasi proses pembekuan darah dan melindungi jantung anda dari proses oksidasi. Senyawa flavonoid ini juga dapat meningkatkan perlindungan serta pertahanan khusus terhadap pembentukan dari sel yang di luar kendali, terjadi mutasi atau abnormal yang nantinya akan memicu kanker saluran kemih dan juga kanker ginjal.

12. Bawang Bombay

Tidak hanya sebagai racikan dan bumbu dapur. Bawang bombai juga di kenal bagus untuk kesehatan ginjal. Bawang bombai ini merupakan bahan makanan yang mampu menghancurkan berbagai zat yang berada dan menggangu fungsi ginjal serta membantu membersihkan ginjal.

13. Jeruk Nipis

Berbagai penelitian mengungkapkan mengkonsumsi air perasan jeruk nipis sangat baik untuk ginjal. Disarankan untuk meminum air perasan jeruk nipis setelah makan malam untuk menghindari terkena batu ginjal.

14. Ubi

Karena para penderita yang telah mengalami ciri ciri gagal ginjal, maka harus di kontrol tentang asupan gizi dan makanannya. Walaupun demikian mereka tetap harus terpenuhi kebutuhan karbohidratnya. Ubi merupakan alternatif terbaik untuk mengatur kembali fungsi ginjal.

15. Kecambah

Kecambah atau yang biasanya kita kenal dengan istilah tauge adalah sebuah bahan makanan yang sehat untuk para penderita kelainan ginjal. Kecambah memiliki kandungan vitamin C yang akan membantu dalam daya tahan tubuh atau sistem imunitas. Kecambah juga merupakan makanan sumber serat alami.

16. Paprika Merah

Ini adalah bahan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal, paprika merah selalu bisa menjaga keseimbangan dan fungsi dari ginjal. Anda sebaiknya rutin mengkonsumsi paprika merah agar kesehatan ginjal selalu terjaga dan terawat dengan baik.

Sponsors Link

17. Selada

Merupakan sayuran hijau yang sering di konsumsi sebagai lalapan. Selain dari cita rasa unik yang dimilikinya, selada memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh terutama kesehatan ginjal.

18. Putih Telur

Selain lezat dan selalu di gunakan untuk campuran pengolahan kue, siapa sangka bahwa kandungan dari putih telur yang rendah fosfor beserta kaya akan zat asam amino akan memelihara kesehetan ginjal anda.

19. Asparagus

Asparagus merupakan bahan makanan yang akan bertindak sebagai diuretik alami ini akan membantu dalam mengendalikan kelebihan cairan dan akan membantu kerja ginjal terutama bagi pasien gagal ginjal. Asparagus juga mampu mebantu mengendalikan racun dan mencegah adanya batu ginjal.

20. Wortel

Bagi penderita gagal ginjal pasti akan di sarankan untuk mengkonsumsi makanan yang bisa membantu mencegah hipertensi. Wortel adalah salah satu sayuran bergizi yang mampu menurunkan hipertensi. Wortel juga bisa mengontrol penyakit diabetes yang merupakan penyebab umum terjadinya penyakit ginjal pada manusia.

Itulah 20 Makanan yang baik untuk ginjal, mencegah lebih bagus daripada mengobati. Mulailah mengkonsumsi berbagai makanan sehat tersebut agar ginjal anda terjaga kesehatannya.

Sponsors Link
>
, ,
Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman