Sponsors Link

Tak Disangka 6 Makanan yang Baik untuk Batu Ginjal dan Super Sehat

Sponsors Link

Ginjal merupakan salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Fungsinya adalah untuk menyaring zat-zat yang tidak diperlukan oleh tubuh. Pada kenyataannya ginjal manusia tidak selalu berfungsi secara normal. Terkadang fungsi ginjal dapat terganggu. Batu ginjal adalah salah satu penyebab ginjal tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

ads

Batu ginjal muncul ketika ginjal tidak mampu memproses mineral-mineral dan racun-racun yang seharusnya dapat keluar dari tubuh. Sehingga zat-zat ini menggumpal dan akhirnya menyumbat ureter atau saluran yang menghubungkan ginjal dengan kandung kemih. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat tanda tanda batu ginjal. Salah satu cara menyembuhkan penyakit batu ginjal adalah melalui operasi.

Selain operasi ada juga penanganan batu ginjal lainnya yang bisa dilakukan. Alternatif lain dari penyembuhan batu ginjal adalah dengan mengubah gaya hidup termasuk mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk kesehatan ginjal. Makanan yang baik untuk ginjal ada banyak sekali. Berikut adalah Makanan yang Baik untuk Batu Ginjal.

1. Air Putih

Meskipun terdengar sederhana, namun tidak banyak orang yang memiliki kebiasaan rutin untuk minum air putih. Meminum banyak air putih dapat membantu untuk mengeluarkan batu ginjal sebelum ukurannya bertambah besar dan menyumbat ureter. Cobalah untuk minum 12 gelas air putih sehari, 4 gelas lebih banyak dari jumlah air putih yang diminum orang pada umumnya.

2. Jus Lemon

Jus lemon juga merupakan salah satu Makanan yang Baik untuk Batu Ginjal. Meminum jus lemon berguna bagi orang yang punya penyakit batu ginjal. Lemon mengandung sitrat yang berguna untuk menghambat pembentukan batu ginjal. Sitrat juga dapat menghancurkan batu – batu ginjal yang berukuran kecil dan membuat batu tersebut lebih mudah keluar. Selain itu, lemon juga berperan dalam menghalangi pertumbuhan bakteri.

3. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang memiliki potasium yang tinggi jika dibandingkan dengan makanan dari gandum lainnya. Meskipun begitu, kandungan potasiumnya lebih rendah dari beberapa buah dan sayur. Oatmeal adalah sumber vitamin B6 dan zat besi yang baik bagi tubuh. Keduanya diketahui sebagai nutrisi yang baik untuk menghambat pembentukan batu ginjal dan mencegah penurunan nutrisi akibat sakit ginjal yang kronis.

Sponsors Link

4. Kaldu Kacang Merah

Kacang merah merupakan sumber magnesium yang berperan dalam membantu mengurangi gejala batu ginjal. Adapun ciri ciri penyakit batu ginjal salah satunya adalah timbulnya rasa sakit sehabis buang air kecil. Kaldu kacang merah yang diperoleh dengan cara merebus kulit kacang merahnya dapat membantu memelihara kesehatan ginjal. Kaldu ini juga dapat membantu melarutkan batu ginjal dan mengeluarkannya.

5. Daun Seledri

Daun seledri dikenal mampu membersihkan racun di tubuh yang berperan dalam membentuk batu ginjal. Tumbuhan yang berukuran kecil ini jika dikonsumsi dengan teratur baik secara langsung ataupun dilarutkan ke dalam air terlebih dahulu dipercaya mampu membantu mencegah pembentukan batu ginjal.

Sponsors Link

6. Jus Buah Delima

Makanan yang Baik untuk Batu Ginjal lainnya yaitu buah delima. Buah delima dapat membantu meningkatkan kinerja ginjal dan juga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Delima juga dapat menurunkan tingkat keasaman urin. Jika kadar keasaman urin berkurang maka kemungkinan pembentukan batu ginjal di kemudian hari juga berkurang. Tidak ada batasan mengenai berapa jumlah jus buah delima yang harus dikonsumsi dalam sehari. Selain delima, terdapat masih banyak lagi obat tradisional batu ginjal lainnya.

Itulah Makanan yang Baik untuk Batu Ginjal. Penting bagi orang yang memiliki penyakit ginjal ataupun orang yang sehat untuk senantiasa menjaga kesehatan ginjalnya. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang telah disebutkan di atas.

Sponsors Link
>
, ,